Sering Dijadikan Obat Demam Berdarah, Sebenarnya Apa Saja Manfaat Jambu Biji?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

7 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar perkataan bahwa salah satu manfaat jambu biji yaitu untuk pengobatan demam berdarah. Hal ini merupakan anjuran yang tepat karena pasien demam berdarah umumnya akan mengalami penurunan jumlah trombosit dan jambu biji bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit tersebut. 

Namun manfaat jambu biji tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang ada di dalamnya. Hal ini wajar saja karena jambu biji memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh seperti protein, serat, kalsium, kalium, zinc, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 

Manfaat Jambu Biji

Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari jambu biji? Mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai manfaat jambu biji. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jambu biji yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki jambu biji. Kandungan antioksidan ini akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jantung. Tidak berhenti di situ saja, kandungan serat yang ada di dalam jambu biji juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan jantung. 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang bisa didapatkan dari jambu biji yang selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya dengan kandungan vitamin C. Bahkan, disebutkan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Dalam hal ini, vitamin C berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya infeksi. 

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Ketika mata mengalami gangguan maka akan terjadi gangguan penglihatan. Untuk menjaga kesehatan mata ini, Anda bisa mengonsumsi jambu biji. Pasalnya jambu biji memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu fungsi membran konjungtiva dan kornea mata. Ketika seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin A maka akan terjadi berbagai gangguan penglihatan seperti rabun bahkan kebutaan. 

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu biji memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki jambu isi, mampu mencukupi 12% kebutuhan serat harian Anda. Dengan mencukupi asupan serat maka berbagai masalah pencernaan dapat teratasi. Hal ini karena serat membantu mengatasi diare, mencegah sembelit, dan juga menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. 

  1. Mencegah Penuan Dini

Manfaat jambu biji yang selanjutnya, yaitu mampu mencegah dini. Manfaat ini datang dari kandungan likopen dan betakaroten yang bersifat antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan. Tidak hanya itu, antioksidan ini juga mampu mencegah keriput dan mengencangkan kulit sehingga Anda akan terhindar dari penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buah utuh ataupun dijadikan sebagai masker wajah.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Apa Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh?

  1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu keinginan banyak orang. Akan tetapi, mungkin banyak orang yang gagal dalam program penurunan berat badan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan gagalnya diet, salah satunya, yaitu sulit menghentikan kebiasaan ngemil. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengganti cemilan Anda dengan jambu biji. Pasalnya, jambu biji mengandung kalori dan gula yang sangat rendah.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Buah Untuk Diet Yang Dapat Dikonsumsi 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji yang perlu Anda ketahui terakhir, yaitu mampu mencegah kanker. Manfaat yang satu ini, telah diteliti dalam berbagai penelitian dan menunjukkan bahwa seluruh bagian tanaman ini berkhasiat dalam melawan berbagai sel kanker seperti kanker usus besar, prostat, leukemia, dan melanoma. Hal ini didasarkan pada kandungan vitamin C, quercetin, dan likopen yang dimiliki jambu biji bersifat antioksidan dan antikanker.  

Nah, Itulah dia beberapa informasi mengenai manfaat jambu biji selain sebagai pengobatan demam berdarah. Walaupun bermanfaat, ternyata jambu biji juga dilarang dikonsumsi oleh beberapa kondisi tertentu. Beberapa kondisi tersebut, yaitu penderita eksim dan juga orang yang sedang menjalani prosedur operasi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

1. WebMD. Health Benefits of Guava.

2. Burgess, Lana. 2021. What are the health benefits of guava?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi