Apa Saja Manfaat Cabai Selain Memberikan Rasa Pedas? Ketahui Jawabannya Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Dec 2021

Bagikan

Tak Hanya Pedas, Berikut 7 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu apa saja manfaat cabai? Pada umumnya, cabai digunakan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Namun dibalik rasa pedas tersebut, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Lantas, apa saja manfaat cabai bagi kesehatan tersebut? Marik simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Kandungan Cabai

Sebelum Anda mengetahui manfaat cabai, sebaiknya Anda mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam cabai. Berikut ini beberapa nutrisi yang terdapat di dalam cabai. 

  • Kalori

  • Air

  • Protein

  • Karbohidrat

  • Gula

  • Serat

  • Lemak

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Vitamin B6

  • Vitamin K1

  • Lutein

  • Capsaicin

  • Asam sinamat

  • Asam ferulat

Manfaat Cabai

Melihat kandungan nutrisi yang dimiliki cabai ini, tentu bukan hal mustahil lagi bahwa cabai dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun apa saja manfaat cabai bagi kesehatan tersebut? Mari simak penjelasan di bawah ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat cabai yang bisa Anda peroleh pertama yaitu membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini berkat kandungan zat capsaicin yang memberikan rasa pedas pada cabai mampu membakar lemak dan energi tubuh yang jauh lebih cepat. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi zat capsaicin sebanyak 2 miligram selama 12 minggu mampu mengecilkan lingkar pinggang. 

  1. Meredakan Rasa Sakit

Tidak hanya mampu menurunkan berat badan, cabai juga bermanfaat dalam meredakan rasa sakit. Hal ini karena, ketika Anda mengonsumsi cabai maka akan terjadi pelepasan hormon endorfin yang merangsang pereda rasa sakit alami.

Setelah itu, zat capsaicin akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit sehingga mampu menghentikan ujung saraf mengirim sensasi rasa sakit. Oleh karena itu, banyak obat pereda nyeri yang mengandung zat capsaicin di dalamnya.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada umumnya, mengonsumsi cabai terlalu banyak akan menimbulkan berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti sakit perut hingga diare. Namun tahukah Anda, pada dasarnya cabai justru bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Pasalnya, zat capsaicin yang masuk ke dalam pencernaan akan menghasilkan anandamide. Anandamide ini merupakan senyawa yang mampu mengurangi peradangan salah satunya yaitu tukak lambung.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, ketika jantung mengalami masalah, maka kualitas hidup seseorang bisa saja menurun. Namun tahukah Anda, ternyata zat capsaicin dalam cabai mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang jantung. Pasalnya, zat ini mampu mencegah terjadi penyumbatan darah serta menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Alpukat dan Kesehatan Jantung

  1. Melancarkan Pernapasan

Manfaat cabai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu melancarkan pernapasan. Hal ini karena, cabai memiliki kandungan vitamin A yang mampu mengurangi radang paru-paru. Selain itu, cabai juga dapat digunakan untuk membersihkan hidung dari ingus. Pasalnya, aroma capsaicin dapat mengurangi berbagai gejala seperti hidung tersumbat dan beringus. 

  1. Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

Tahukah Anda, ternyata cabai juga bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa zat capsaicin yang dimiliki cabai berpotensi dalam menurunkan kadar gula darah.

Hal ini juga didukung oleh sifat antidiabetik pada zat capsaicin dipercaya dapat memberikan efek positif bagi pasien diabetes terutama tipe 1. Oleh karena itu, bagi Anda penderita diabetes mungkin bisa memanfaatkan cabai untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat cabai yang bisa Anda dapatkan terakhir dan luar biasa yaitu mampu mencegah kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan karotenoid pada cabai yang bersifat antioksidan. Tidak hanya itu, cabai juga mengandung vitamin C dan lutein yang sama-sama bersifat antioksidan. Berkat berbagai antioksidan ini, sehingga cabai mampu melawan sel-sel kanker. Namun, manfaat yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai manfaat cabai yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, walaupun cabai disebutkan memiliki banyak manfaat. Namun Anda tidak bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Mengonsumsi cabai secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti diare atau bahkan lebih parah lagi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Masakan, Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. WebMD. 2020. Health Benefits of Hot Peppers.
  2. Arnarson, Atli. 2019. Chili Peppers 101: Nutrition Facts and Health Effects.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi