Bantuan
Free Tele x

Sedang Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Buah untuk Diet Yang Dapat Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Sedang Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Buah untuk Diet Yang Dapat Dikonsumsi

Mengonsumsi buah untuk diet merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Mungkin banyak diantara Anda yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara diet extra dan mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, Anda bisa menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi buah untuk diet. 

Selain dapat menurunkan berat badan, mengonsumsi buah untuk diet juga dapat memberikan banyak manfaat karena memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Lantas apa saja buah untuk diet yang bisa Anda konsumsi tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Apel

Buah untuk diet yang  bisa Anda konsumsi pertama, yaitu buah apel. Selain memiliki rasa yang manis, berarti dan renyah, ternyata apel dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena apel memiliki serat yang tinggi, yaitu 5,4 gram per buahnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dalam 3 kelompok yang diberikan masing masing apel, pir, dan gandum. Hasil penelitian itu menunjukkan, bahwa setelah 10 minggu, kelompok apel mengalami penurunan berat badan 0,91 kg, pir sebanyak 0,84 kg, dan kelompok gandum tidak mengalami penurunan.

Baca Juga: Membunuh Kuman dalam Makanan Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini

  1. Pir 

Telah sempat disinggung sebelumnya, bahwa dalam penelitian ditunjukkan pir dapat menurunkan berat badan. Di dalam buah pir terdapat kandungan serat pektin yang dapat menekan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, pir juga dapat mengurangi kolesterol di dalam darah sehingga selain baik untuk diet, pir juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.  

  1. Kiwi 

Buah untuk diet yang bisa Anda konsumsi selanjutnya, yaitu kiwi yang memiliki kulit warna coklat dan daging yang berwarna hijau cerah. Walaupun ukuran kecil, buah yang satu ini memiliki nutrisi yang padat seperti vitamin C, vitamin E, serat, dan folat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 41 orang prediabetes, ditemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi sebanyak 2 buah setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lingkar pinggang. 

  1. Melon 

Melon juga merupakan salah satu buah yang dapat Anda konsumsi untuk membantu program diet yang sedang dijalani. Hal ini karena melon memiliki kandungan kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air sangat membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, melon juga memiliki kandungan potasium, serat, antioksidan, beta karoten, dan juga likopen. Anda bisa menikmati melon dalam keadaan segar ataupun diolah menjadi jus. 

  1. Jeruk

Apabila Anda sedang menjalani program diet, maka buah jeruk cocok untuk dikonsumsi. Hal ini karena jeruk memiliki kalori yang rendah dan tinggi akan vitamin C. Selain itu, buah jeruk juga dapat mengenyangkan 4 kali lebih banyak dibandingkan croissant. Mungkin banyak diantara Anda yang lebih menyukai mengonsumsi jus jeruk dibandingkan dengan buah utuh. Akan tetapi, ketika sedang menjalani diet sebaiknya konsumsi jeruk dalam buah utuh karena dapat meningkatkan perasaan kenyang. 

  1. Alpukat 

Buah untuk diet yang bisa Anda konsumsi selanjutnya, yaitu alpukat. Buah alpukat merupakan buah berlemak dan padat kalori karena dalam setiap 100 gram terdapat 160 kalori. Walaupun alpukat memiliki kalori dan lemak yang tinggi, tetapi dapat menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 61 orang yang memiliki berat badan berlebih menunjukkan bahwa mengonsumsi 200 gram alpukat bisa menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan. Selain itu, mengonsumsi alpukat juga dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat menahan nafsu makan. 

  1. Pisang 

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat familiar dan murah untuk didapatkan. Akan tetapi, buah yang satu ini juga dapat menjadi buah yang dikonsumsi saat diet. Pisang memiliki nutrisi yang padat karena mengandung potasium, magnesium, serat, mangan, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Makanan yang padat nutrisi dan rendah kalori seperti pisang ini sangat penting dalam program penurunan berat badan. 

Nah, itulah beberapa buah untuk diet yang bisa Anda konsumsi. Agar program diet Anda berhasil, lakukan juga pola makan sehat dan olahraga yang rutin setiap harinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berat Badan Tak Kunjung Naik? Berikut Ini Makanan yang Bikin Gemuk untuk Dikonsumsi

 

Sumber:

Mandi, Elise. 2019. The 11 Best Fruits for Weight Loss

Millard, Elizabeth. 2020. 7 Top Fruits to Support Weight Loss (and How to Enjoy Them).

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami