Bantuan

Ketahui Manfaat Strawberry yang Khas dengan Rasa Manis dan Asam

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Strawberry

Sudahkah Anda tahu manfaat strawberry? Mungkin banyak dari Anda sudah tidak asing lagi dengan buah merah yang berbintik ini. Buah ini merupakan salah satu buah yang banyak digemari dengan rasanya yang manis, asam, dan segar. Namun, mungkin banyak juga dari Anda yang belum tahu manfaat buah strawberry

Kandungan Strawberry

Sebelum Anda mengetahui manfaat strawberry, Anda perlu mengetahui kandungan strawberry terlebih dahulu. Di dalam 100 gram strawberry terdapat beberapa kandungan sebagai berikut.

  • Kalori: 32

  • Protein: 0,7 gram

  • Karbohidrat: 7,7 gram

  • Gula 4,9: gram

  • Lemak: 0,3 gram

  • Serat: 2 gram

  • Air: 91%

  • Vitamin: A

  • Vitamin: C

  • Vitamin: B9

  • Mangan

  • Potassium

  • Asam elagik

  • Kalium

  • Kalsium

  • Zat besi

Manfaat Strawberry

Dengan berbagai banyaknya kandungan dalam buah strawberry, tentu manfaat yang bisa didapatkan juga banyak. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah strawberry? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya. 

  1. Mencegah kanker

Buah strawberry memiliki kandungan berupa asam folat, vitamin C, dan beberapa jenis flavonoid yang memiliki efek antikarsinogenik. Antikarsinogenik itu sendiri  merupakan kandungan yang dapat melawan pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan antikarsinogenik ini juga dapat mencegah penyebaran sel kanker di dalam tubuh. 

Baca juga: Beberapa Makanan Penyebab Kanker Ini Wajib Anda Hindari!

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol di dalam buah strawberry yang cukup tinggi mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung. Hal ini karena polifenol dalam buah strawberry dapat membantu penyerapan kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, strawberry memiliki kandungan anthocyanin, serat, dan kalium yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat strawberry yang selanjutnya, yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini didukung oleh sejumlah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumi jus strawberry mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena strawberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas.

  1. Menjaga fungsi otak

Strawberry memiliki kandungan yang dapat mencegah penurunan memori berupa flavonoid dan antosianin. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga dijelaskan bahwa wanita lanjut usia yang mengonsumsi strawberry setiap minggunya memiliki daya ingat yang baik. Hal inilah yang membuat buah strawberry bermanfaat dalam menjaga fungsi otak.

  1. Menurunkan berat badan

Strawberry juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena strawberry memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini mampu menjaga sistem metabolisme dan mengatur pola makan Anda yang berlebihan. Selain itu, rendahnya kandungan kalori dalam strawberry dan mengandung berbagai macam nutrisi membuat strawberry cocok untuk dijadikan salah satu menu makanan Anda, 

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah strawberry dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan kerutan. Selain itu, strawberry juga memiliki kandungan asam elagik yang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena kedua kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kolagen pada kulit. Rusaknya kolagen pada kulit dapat menimbulkan kerutan dan garis-garis halus. 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat strawberry bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu mampu menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalam strawberry yang berperan dalam mengikat lemak dan kotoran di usus. Hal ini akhirnya dapat mencegah berbagai penyakit di sistem pencernaan, seperti sembelit dan wasir. Tidak hanya itu, kandungan serat juga dapat membantu usus mencerna makanan menjadi lebih baik. 

Nah, itulah beberapa manfaat strawberry yang bisa Anda dapatkan. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi strawberry secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus dan smoothies. Namun perlu diingat, meski memiliki banyak manfaat Anda juga perlu membatasi mengonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, mengonsumsi strawberry terlalu banyak justru dapat menimbulkan beberapa efek yang buruk. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kulit Sehat Dengan Buah Naga

Referensi

Bjarnadottir, Adda. 2019. Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries#plant-compounds

Ware, Megan. 2019. Everything you need to know about strawberries. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271285#benefits

Cox, Alicia. 2021. 10 Surprising Ways Strawberries Can Benefit Your Health. https://www.besthealthmag.ca/list/strawberry-health-benefits/

Bagikan artikel ini