Bantuan
Bantuan

Sering Digunakan untuk Diet, Ini Ragam Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Sering Digunakan untuk Diet, Ini Ragam Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

Meskipun umum digunakan oleh para pejuang diet, manfaat virgin coconut oil sejatinya masih belum diketahui secara umum. Padahal, manfaat yang dihasilkan oleh minyak dari pohon kelapa yang banyak ditemui di Indonesia ini, sangatlah banyak. Mulai dari buah, batang, hingga daun dari pohon kelapa ini sangat bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Tidak hanya di Indonesia, virgin coconut oil ini sudah sangat terkenal pula di luar negeri karena manfaatnya yang baik bagi tubuh. Lantas apa sebenarnya manfaat virgin coconut oil ini? Berikut adalah beberapa di antara manfaatnya yang penting untuk diketahui.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena virgin coconut oil memiliki kandungan asam lemak yang sehat dan terbukti dapat meningkatkan pembakaran kalori sehingga tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak menjadi energi untuk tubuh. Tidak hanya itu, virgin coconut oil juga bermanfaat dapat mengurangi tumpukan lemak di perut. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

  1. Membantu mencegah konstipasi

Ketika seseorang mengalami konstipasi atau sembelit, maka buang air besar menjadi sulit dilakukan. Dalam hal ini, penderita hanya dapat buang air besar sebanyak kurang dari tiga kali saja dalam seminggu. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu karena dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan begah. Nah, apabila Anda mengalami hal ini, mengonsumsi virgin coconut oil setiap hari sekitar 1 sampai 2 sendok makan akan sangat membantu. 

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1981 mencatat bahwa lebih dari 60% populasi Tokelau mendapatkan kalori yang lebih banyak dari kelapa. Kelebihan kalori dari kelapa ini dilaporkan dapat membuat kesehatan menjadi baik dan juga penyakit jantung yang rendah. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kelapa dalam jumlah besar memiliki jantung yang sehat. Hal inilah yang menyebabkan virgin coconut oil memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. 

Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

  1. Membantu mengurangi frekuensi kejang

Di dalam Virgin coconut oil terdapat kandungan MCT yang dapat dikirimkan langsung ke hati untuk diproses menjadi keton. Hal ini kemudian akan dikirimkan ke otak untuk menjadi sumber energi utama. Apabila virgin coconut oil ini dikonsumsi secara rutin dengan pola makan yang rendah karbohidrat, maka kejadian kejang pada anak akan dapat dikurangi. Selain itu, hal ini juga bisa meredakan kejang pada kasus di mana penderita sudah tidak dapat dikendalikan dengan obat. 

  1. Membunuh bakteri dan virus

Manfaat virgin coconut oil yang selanjutnya, yaitu dapat membunuh bakteri dan virus yang menjadi penyebab terjadinya infeksi. Manfaat ini berasal dari asam lemak yang dimiliki virgin coconut oil, yaitu asam laurat. Ketika asam laurat ini dicerna, maka akan berubah menjadi zat monolaurin. Zat monolaurin ini dapat membunuh patogen atau  benda asing yang berbahaya seperti virus, jamur, dan bakteri. Tidak hanya itu, asam laurat juga baik untuk kesehatan jantung dan dapat meningkatkan kolesterol baik. 

  1. Baik bagi kulit dan rambut

Manfaat virgin coconut oil tidak hanya bisa didapatkan dengan cara dikonsumsi, akan tetapi juga bisa diperoleh dengan cara mengoleskannya pada kulit dan juga rambut. Dalam hal ini, virgin coconut oil akan sangat membantu membuat kulit tampak halus dan juga bercahaya, mengangkat sel kulit mati, memudarkan stretch mark hingga menyamarkan noda hitam. Untuk penggunaan di rambut, virgin coconut oil akan membuat rambut tampak berkilau dengan akar yang ternutrisi sehingga tidak mudah rusak ketika terpapar panas akibat styling. 

Nah demikianlah penjelasan mengenai manfaat virgin coconut oil. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari jenis minyak yang satu ini, maka mulai saat ini biasakanlah untuk mengonsumsinya sebagai alternatif yang lebih sehat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil ini sebagai pelengkap salad ataupun mengkonsumsinya secara langsung dengan buah kesukaan. Adapun untuk penggunaan sebagai penyubur rambut, Anda bisa mengoleskan virgin coconut oil ini pada bagian kulit kepala hingga batang rambut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Gunnars, Kris. 2020. Top 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil

Binu, Sowmya. 2021. Virgin coconut oil: Uses, Nutrition And Health Benefits. 

 

Brazier, Yvette. 2019. What to know about coconut oil.

Tag :
Bagikan artikel ini