Sering digunakan pada Kolam Renang, Berikut Ini Fungsi Kaporit dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Sering digunakan pada Kolam Renang, Berikut Ini Fungsi Kaporit dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang senang dengan olahraga renang, tentu sudah tahu dengan fungsi kaporit yang seringkali digunakan pada kolam renang. Namun sudah tahukah Anda dengan bahaya kaporit bagi kesehatan? Untuk mengetahui penjelasan mengenai hal tersebut, berikut ini adalah fungsi kaporit dan bahayanya bagi kesehatan.

Fungsi kaporit untuk kolam renang

Kaporit merupakan jenis desinfektan yang berbentuk bubuk putih dan nantinya akan terpecah dalam air untuk menghasilkan oksigen dan gas klorin. Fungsi kaporit dalam kolam renang adalah untuk membasmi bakteri-bakteri patogen yang terdapat pada air di kolam renang itu sendiri, serta untuk menjernihkan air tersebut. 

Dalam kaitannya untuk penggunaan tersebut, konsentrasi kaporit haruslah diperhatikan dengan saksama, mengingat pemberian yang berlebihan akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan, serta pemberian kaporit yang kurang juga akan menyebabkan bakteri patogen pada air tidak terbasmi dengan tuntas. Jika seperti ini, tubuh tidak akan dapat terlindungi dari berbagai penyakit air berbahaya seperti disentri, demam tifoid, hingga kolera dan juga hepatitis A. 

Fungsi kaporit untuk kebutuhan lainnya

Selain untuk penggunaan pada kolam renang, kaporit juga mampu mendatangkan manfaat lainnya untuk kebutuhan lainnya. Adapun fungsi lainnya dari kaporit adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai pembersih perabotan rumah tangga

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, kaporit ini merupakan jenis desinfektan. Itu berarti, kaporit dapat digunakan untuk membasmi kuman-kuman yang menempel pada permukaan perabotan rumah tangga Anda, maupun pada permukaan pakaian. 

  1. Sebagai pengusir hama

Agar bahan makanan yang dikonsumsi tetap steril dan bersih dari berbagai macam hama, menggunakan kaporit akan sangat membantu. Anda bisa menggunakan kaporit ini sebagai campuran pada pembersih dapur, ataupun sebagai bahan baku pestisida.

 

Baca Juga: Manfaat Gaya Renang Dada

 

  1. Sebagai bahan baku pembuatan obat

Tidak hanya untuk mensterilkan air pada kolam renang, fungsi kaporit berikutnya ini berkaitan erat dengan dunia kesehatan. Dalam hal ini, kaporit kerap digunakan sebagai bahan baku dalam membuat obat-obatan tertentu, hingga benang untuk operasi.

  1. Sebagai bahan dasar dalam transportasi

Ternyata, fungsi kaporit juga menyasar bidang transportasi. Dalam hal ini, sebagian besar moda transportasi menggunakan kaporit sebagai kandungannya, terutama pada bagian minyak rem, kursi, bahkan badan mobil itu sendiri.

  1. Sebagai bahan baku pembuatan gadget

Fungsi kaporit lainnya datang dari dunia teknologi, di mana kaporit dalam hal ini menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan komputer, telepon genggam, tablet, dan bahkan sebagai bahan baku pendingin untuk lemari es.

Bahaya kaporit bagi kesehatan

Meskipun memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan, ternyata kaporit ini juga mampu mendatangkan bahaya tertentu, terutama apabila seseorang terpapar kaporit ini dalam jumlah yang berlebihan. Apabila kaporit ini tertelan, ia akan bereaksi dan mengubah diri menjadi zat asam yang pada akhirnya akan merusak sel-sel dalam tubuh. 

Adapun beberapa reaksi yang mungkin timbul ketika seseorang terpapar kaporit dalam jumlah berlebih diantaranya adalah:

  • Iritasi pada sistem pernapasan

  • Kesulitan bernapas

  • Sakit tenggorokan

  • Batuk

  • Iritasi mata dan juga kulit

  • Sensasi terbakar pada mata, tenggorokan, dan juga hidung

  • Penglihatan menjadi lebih kabur

  • Mual dan muntah

  • Cairan di paru-paru

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut setelah terpapar kaporit secara berlebihan, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Untuk meminimalisir semakin parahnya gejala, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Tinggalkan area terjadi kebocoran kaporit

  • Carilah tempat yang lebih tinggi atau tempat yang memiliki udara yang lebih segar

  • Ganti pakaian dengan yang bersih, kemudian segera cuci pakaian yang terpapar kaporit

  • Apabila kulit Anda terpapar kaporit dalam jumlah yang tidak sedikit, segeralah mandi dan gunakan air serta sabun dalam jumlah yang banyak

  • Bilas mata selama 10 sampai 20 menit apabila kaporit mengenai mata Anda

  • Hindari minum atau memuntahkan air apabila kaporit tertelan, sebaiknya hubungi tenaga medis untuk mendapatkan bantuan

Itulah dia penjelasan mengenai fungsi kaporit dan bahayanya bagi tubuh manusia. Perlu diingat bahwasannya bahaya ini hanya akan timbul ketika Anda terpapar kaporit dalam jumlah yang berlebihan, oleh karena itu Anda sebaiknya tidak perlu ragu lagi jika harus berenang dalam kolam yang diberi kaporit.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Menakjubkan! 4 Gaya Renang Ini Dapat Membakar Kalori Tubuh

 

Sumber:

CDC. Facts about Chlorine. 

Saplakoglu, Yasemin. 2018. What Does Chlorine Really Do to Your Body. 

Singer, Alex. 2017. Risks and Hazards of Chlorine.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi