Bantuan
Free Tele x

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 20 Jul 2022

Bagikan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk diet dapat membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan penurunan berat badan. Jeruk nipis memiliki banyak nutrisi seperti, tinggi vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya. 

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60-70 persen air, menjadikannya elemen yang penting untuk kesehatan Anda. Air dapat membilas racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat Anda tetap berenergi. Jika Anda tidak menyukai rasa air putih, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam gelas yang sering dilakukan para pelaku diet.

Jeruk nipis adalah jenis buah jeruk dengan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang membahayakan sel. Jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu penyerapan zat besi, mencegah batu ginjal dan meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Apakah Beras Merah Bagus untuk Program Diet? Berikut Faktanya

 

Fakta Mengenai Nutrisi Jeruk Nipis

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari sebuah jeruk nipis, yaitu:

  • Kalori: 20 kkal

  • Karbohidrat: 7 gram

  • Protein: 0,5 gram

  • Serat: 1,9 gram

  • Vitamin C: 22% 

  • Besi: 2% 

  • Kalsium: 2%% 

  • Vitamin B6: 2% 

  • Tiamin: 2% 

  • Kalium: 1% 

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah nutrisi kecil seperti riboflavin, niacin, asam folat, fosfor dan magnesium.

Manfaat Air Jeruk Nipis

Rendahnya kalori dalam satu buah jeruk nipis menjadikannya pilihan minuman yang baik untuk menurunkan berat badan. Air jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan jus satu jeruk nipis memberikan 22 persen dari nilai harian. 

Kurangnya vitamin C yang cukup dalam diet akan mempengaruhi penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan vitamin C memainkan peran penting dalam membantu tubuh memecah lemak selama berolahraga, dan kadar vitamin C yang rendah dapat membatasi kemampuan tubuh untuk memecah lemak saat berolahraga.

Menurunkan Berat Badan Dengan Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis merupakan pilihan tepat untuk menghilangkan dahaga saat Anda sedang diet, serta membantu Anda merasa kenyang. Sebuah studi mengatakan bahwa sekelompok pelaku diet dengan kelebihan berat badan atau obesitas mengikuti diet rendah kalori akan lebih banyak kehilangan berat badan jika lebih sering meminum air, apalagi jika mengkonsumsi air jeruk nipis.

Jangan Lupa Diet dan Olahraga

Menurunkan berat badan membutuhkan komitmen untuk membuat perubahan pada pola makan Anda saat ini, sehingga tidak hanya sekadar menambahkan air jeruk nipis saja, menjaga pola makan sehat, serta beraktivitas fisik.

Baca juga: Apakah Bisa Diet Tanpa Olahraga?

 

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Makan buah jeruk nipis atau minum air jeruk nipis memberikan berbagai manfaat kesehatan, diantaranya:

Sumber antioksidan yang baik

Jeruk nipis kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda, termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat sehingga dapat mempertahankan sel anda dari radikal bebas.

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam jeruk nipis membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit. Dengan kata lain, jeruk nipis ampuh membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Jeruk nipis dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, yang baik untuk orang vegetarian dan vegan.

 

Cara Menggunakan Jeruk Nipis

Ada banyak cara untuk menggunakan jeruk nipis. Pada umumnya, jeruk nipis akan digunakan untuk jus atau sebagai tambahan di hidangan untuk menambah rasa dan aroma. Pilih buah jeruk nipis yang terasa berat untuk ukurannya, berwarna cerah, dan memiliki sedikit perubahan warna.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan jeruk nipis, yaitu:

  • Aduk air jeruk nipis dengan madu, air, dan es untuk membuat jeruk nipis yang menyegarkan

  • Peras air jeruk nipis ke dalam nasi dan sajikan dengan irisan jeruk nipis ekstra

  • Masukkan irisan jeruk nipis ke dalam teh 

  • Campur jeruk nipis dengan kecap, bawang putih dan jahe untuk membuat bumbu marinasi salmon panggang

Baca juga: Terapi Jeruk Nipis Untuk Program Hamil, Ampuhkah?

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Live strong. Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight?. https://www.livestrong.com/article/299222-does-drinking-lime-water-make-you-lose-weight/.

Healthline. 2022. 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lime-water-benefits#infections.

Healthline. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/limes

Webmd. 2020. Health Benefits of Limes. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-limes.

Medical news today. 2022. What are the benefits of drinking lime water?.  https://www.medicalnewstoday.com/articles/322556

Bagikan artikel ini