Bantuan

Membuat Penderitanya Merasa Haus Terus Menerus, Polidipsi adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

polidipsi

Polidipsi adalah suatu kondisi di mana Anda akan merasa haus terus menerus. Bahkan dengan minum air banyak sekalipun tidak dapat mengatasi rasa haus ini. Bahkan diperkirakan penderita polidipsi mengonsumsi air minum sebanyak 5 hingga 6 liter per harinya. Seseorang bisa mengalami kondisi seperti ini berhari-hari bahkan  berminggu-minggu. 

Pada dasarnya, haus merupakan respons yang diberikan tubuh untuk menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Akan tetapi, rasa haus yang berlebihan, justru merupakan tanda tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang mengalami polidipsi tersebut?  

Penyebab Polidipsi Adalah? 

Penyebab seseorang mengalami polidipsi ada berbagai faktor. Kondisi ini bisa disebabkan karena kekurangan cairan hingga karena adanya penyakit serius di dalam tubuh. Berikut ini akan dijelaskan penyebab polidipsi mulai yang ringan hingga berat. 

  1. Dehidrasi

Penyebab rasa haus pada dasarnya yaitu karena dehidrasi. Dehidrasi itu sendiri merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan. Kondisi seperti ini pada umumnya sering dialami pada orang yang jarang minum air putih, banyak minum alkohol ataupun orang-orang yang sedang diare. Tidak hanya  itu, orang yang bekerja di bawah terik matahari juga mengalami rasa haus yang berlebihan karena kekurangan cairan. 

  1. Konsumsi makanan tertentu

Selain dehidrasi, rasa haus yang berlebihan  juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan tersebut yaitu makanan pedas dan juga asin. Tidak hanya itu, makanan yang memiliki banyak kandungan MSG juga dapat menyebabkan rasa haus yang berlebih. Kondisi ini dapat terjadi karena, MSG atau garam mengandung natrium yang dapat merangsang rasa haus jika dikonsumsi berlebihan. 

  1. Kehamilan

Salah satu ciri-ciri hamil yaitu sering merasa haus dan juga buang air kecil terus menerus. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon ketika hamil. Selain itu, pada masa kehamilan, ibu hamil memerlukan cairan yang lebih banyak. Cairan ini digunakan untuk mendukung sirkulasi darah menuju janin. Tidak hanya itu, cairan yang dikonsumsi ibu hamil juga membantu mendukung tumbuh kembang janin. 

  1. Diabetes melitus

Penyebab paling umum polidipsi adalah diabetes melitus. Hal ini karena, kadar gula yang bertambah dapat menyebabkan organ ginjal harus menyaring lebih banyak gula untuk dikeluarkan melalui air kencing. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh memerlukan cairan yang lebih banyak sehingga Anda merasa haus terus menerus. Bahkan salah satu gejala khas dari diabetes yaitu  3P atau Polidipsi, Poliuria, dan Polifagia. 

  1. Diabetes Insipidus

Selain karena diabetes melitus, penyebab polidipsi yang lainnya yaitu diabetes insipidus. Hal ini karena disebabkan adanya gangguan  pada hipotalamus atau pusat pengatur hormon yang ada di otak. Kondisi ini menyebabkan penderita diabetes insipidus mengeluarkan air kencing dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, penderita diabetes insipidus akan merasa haus yang berlebihan. 

  1. Anemia sel sabit

Anemia sel sabit merupakan suatu kondisi di mana sel darah memiliki bentuk yang tidak normal. Pada umumnya, sel darah berbentuk cakram bikonkaf dan lentur. Akan tetapi, pada penderita anemia ini, sel darah akan berbentuk seperti bulan sabit dan kaku. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah menjadi terhambat sehingga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ dan jaringan tubuh. Apabila kerusakan  terjadi pada ginjal, maka akan menimbulkan gejala berupa haus yang berlebihan. 

  1. Ketoasidosis diabetik

Penyebab terakhir polidipsi adalah ketoasidosis diabetik atau komplikasi diabetes yang berbahaya bahkan mengancam nyawa. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan insulin sehingga glukosa di dalam tubuh tidak dapat digunakan dan sulit dikontrol. Kondisi ini menyebabkan tubuh akan memecah jaringan lemak sebagai pengganti glukosa untuk sumber energi. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini yaitu sering buang air kecil, napas berat, nyeri perut, dan haus yang berlebihan. 

Nah, itulah dia pembahasan mengenai polidipsi yang menyebabkan rasa haus terus menerus. Jadi dapat disimpulkan, penyebab polidipsi adalah dehidrasi dan berbagai kondisi kesehatan serius. Oleh karena itu, jika Anda 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Jewell, Tim. 2018. Polydipsia (Excessive Thirst). https://www.healthline.com/health/diabetes/polydipsia

McBean, Brenda. 2019. Polydipsia: Why am I always thirsty?.https://www.medicalnewstoday.com/articles/318213#causes 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang