Bantuan
Free Tele x

Menakjubkan! 4 Gaya Renang Ini Dapat Membakar Kalori Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Menakjubkan! 4 Gaya Renang Ini Dapat Membakar Kalori Tubuh

Ada 4 gaya renang yang populer di kalanganmasyarakat, yaitu gaya katak atau dada, gaya punggung, gaya bebas, dan gayakupu-kupu. Setiap gaya renang memiliki teknik dan tingkat kesulitan yangberbeda-beda sehingga tidak heran kalau satu orang hanya mampu melakukan satuatau dua gaya saja.


Biasanya aktivitas berenang ini berkaitan eratdengan rekreasi, namun ada juga yang menekuni olahraga ini hingga ke jenjangolimpiade. Setiap jenis olahraga tentulah memiliki manfaat untuk Kesehatantubuh sehingga ada banyak kalangan yang melakukannya, mulai dari anak-anakhingga orang dewasa dengan berbagai macam latar belakang.


4 Gaya renangyang dapat membakar kalori tubuh

Keempat gaya renang tersebut memang dapatmenguras cukup banyak tenaga, namun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.Nah, salah satu manfaat yang dapat Anda peroleh dari 4 gaya renang tersebutadalah terbakarnya kalori tubuh sehingga berat badan yang melambung dapatditurunkan.


1. Gaya Katak atau Dada

Gaya renang yang pertama adalah gaya katak ataubiasa dikenal dengan gaya dada dengan teknik yang cukup mudah sehingga seringdigunakan oleh para pemula. Gaya ini memiliki nama lain, yaitu gaya katakkarena Anda akan berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain denganbergerak seperti katak.


Saat melakukan gaya renang ini, kedua tangan dankaki Anda akan bergerak secara bergantian. Anda dapat mengambil napas ketikatangan mendapatkan giliran untuk bergerak. Selain itu, gaya katak atau dadajuga dapat digunakan untuk berenang santai sehingga Anda tidak akan merasakankelelahan yang berarti.


2. Gaya Bebas

Salah satu pilihan dari 4 gaya renang yang dapatAnda lakukan adalah gaya bebas yang dapat bergerak apabila tangan dan kaki Andadapat bekerjasama dengan baik. Hal itu karena kaki dan tangan akan bergeraksecara bersamaan agar Anda dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yanglain. Sedangkan, kepala akan menghadap ke dalam air yang membuat Anda harusmemiringkan kepala saat akan bernapas.


Menurut jurnal yang diterbitkan Core United  Kingdom, terdapat kontribusi kecepatangerakan tangan sebesar 52,27% dan 45,97% dari kecepatan gerakan kaki terhadapkecepatan renang gaya bebas. Oleh karena itu, tidak heran apabila gaya bebasini dapat membantu Anda untuk membakar kalori dalam tubuh asalkan gerakannyadilakukan dengan benar.


3. Gaya Punggung

Pada saat melakukan gaya katak atau gaya dada,tubuh Anda akan mengarah ke dalam air. Sedangkan saat melakukan gaya punggung,posisi tubuh yang tepat adalah mengarah ke atas. Dengan begitu, Anda akanseolah-olah bergerak mundur saat berpindah dari ujung ke ujung kolam renang.


Gaya renang yang satu ini merupakan kebalikandari gaya bebas sehingga tangan dan kaki juga akan bergerak secarabersama-sama. Tangan berputar dari dalam ke luar dan kaki hanya mengepak dariatas ke bawah hingga mencapai finish. Asalkan tubuh Anda dapat mengapung denganbaik, maka hidung akan leluasa untuk menghirup udara.


4. Gaya Kupu-Kupu

Gaya renang terakhir ini memiliki teknik yangcukup sulit dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Hal itu karena gayakupu-kupu mengharuskan Anda untuk mengangkat sebagian tubuh dari posisinya yangmengapung di air. Agar dapat melakukannya, maka posisi badan saat melakukangaya renang ini dibuat seperti telungkup.


Setelah itu, kedua lengan Anda harus bergeraksecara bersamaan hingga melewati batas kepala. Sedangkan, gerakan kaki yangdilakukan adalah menyerupai ekor lumba-lumba. Tingkat kesulitan gerakan kupu-kupuini membuat tubuh dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan gayarenang lainnya.


Meskipun massa tubuh Anda akan terasa lebihkecil saat berenang, namun 4 gaya renang tersebut dapat membakar kalori tubuhdengan efektif. Jika Anda ingin menurunkan berat badan hingga mencapai beratideal, maka pastikan Anda berenang secara rutin agar hasilnya dapat lebih cepatterlihat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untukmembuat program dan memilih gaya renang yang lebih efektif untuk dijalankan.

 

Referensi :

  • https://www.myactivesg.com/Sports/Swimming/Training-Method/Swimming-for-Beginners/How-to-swim-butterfly-stroke
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/swimming-health-benefits 
Bagikan artikel ini