Bantuan

Seluk Beluk Hormon Endorfin yang Dikenal Sebagai Pereda Rasa sakit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Jun 2022

Bagikan

Seluk Beluk Hormon Endorfin yang Dikenal Sebagai Pereda Rasa sakit

Hormon endorfin merupakan salah satu zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh dan memiliki fungsi dalam membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Namun ternyata endorfin tidak hanya sebatas mengurangi rasa sakit, tetapi juga membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah sejumlah perasaan cemas dan depresi. Selain itu, adapun sejumlah fungsi endorfin dan cara meningkatkan kadar endorfin yang perlu Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Seluk-beluk Hormon Melatonin yang Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

 

Apa Itu Hormon Endorfin?

Untuk memahami apa itu hormon endorfin, perlu Anda ketahui endorfin berasal dari 2 kata yaitu “endogenous” yang berarti dari tubuh dan “morphine” yang berarti pereda nyeri. Jadi hormon endorfin adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu, endorfin dikenal sebagai obat opoid yang bekerja untuk menghilangkan stres dengan memicu perasaan euforia, tetapi bagi Anda yang menggunakan obat opoid untuk meningkatkan hormon endorfin, hindari konsumsi dalam jangka panjang agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

 

Cara Meningkatkan Hormon Endorfin

Cara meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh relatif mudah dan tidak memakan biaya mahal. Berikut cara meningkatkan hormon endorfin yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menjadi Sukarelawan

Salah satu cara meningkatkan hormon endorfin dapat Anda lakukan dengan menjadi sukarelawan seperti membantu orang lain di kala bencana atau menyumbang sejumlah benda maupun uang yang dibutuhkan orang lain. Menurut beberapa peneliti dari National Institutes of Health (HIH), seseorang yang suka memberi dapat mengaktifkan pusat kesenanangan di otak sehingga kadar endorfin ikut meningkat.

2. Mengonsumsi Cokelat Hitam

Menurut sebuah penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology, cokelat hitam diyakini dapat meningkatkan kadar hormon endorfin, misalnya cokelat dan bubuk kakao yang mengandung flavonoid memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Namun sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui mana kakao asli dan mana yang telah dicampur oleh lemak tambahan dan gula agar tidak menurunkan manfaatnya.

3. Mengonsumsi Makanan Pedas

Selain mengonsumsi cokelat, ternyata makanan pedas yang mengandung komponen cabai dipercaya dapat memicu sensasi sakit di mulut sehingga mendorong naiknya kadar endorfin di dalam tubuh. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang tidak terbatas, konsumsilah makanan pedas secara teratur atau ketika Anda membutuhkannya saja.

4. Menonton Film

Menonton film dapat meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh karena mampu memancing perasaan emosional. Baik itu film bergenre komedi yang menimbulkan sensasi gembira maupun sejumlah film drama. Naiknya kadar endorfin dapat juga terjadi ketika Anda menonton sejumlah film sedih sehingga menimbulkan rasa sakit emosional pemicu naiknya hormon endorfin.

 

Fungsi Hormon Endorfin 

Endorfin memiliki sejumlah fungsi penting bagi tubuh manusia. Berikut sejumlah fungsi hormon endorfin yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Membantu Menyembuhkan Luka

Hormon endorfin memiliki fungsi penting dalam menyembuhkan sejumlah luka seperti trauma, operasi, dan cedera. Beberapa rasa sakit yang ditimbulkan dari kondisi tersebut perlahan dapat berkurang dengan semakin meningkatnya hormon endorfin. Selain itu sejumlah aktivitas pengobatan alternatif seperti akupuntur juga dipercaya mampu meningkatkan endorfin di dalam tubuh.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Endorfin dipercaya mampu mengontrol tekanan darah seseorang, misalnya ketika kadar endorfin menurun munculah perasaan mudah marah dan stres sehingga memicu naiknya tekanan darah Anda. Kondisi ini perlu Anda perhatikan karena naiknya tekanan darah dapat mengakibatkan struk. Berbeda jika kadar endorfin naik maka tubuh akan lebih rileks dan tekanan darah pun kembali stabil.

Baca juga: Begini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Penderita Hipertensi

3. Memperkuat Sistem Imun

Karena endorfin tidak hanya dikenal sebagai pereda sakit, melainkan juga pemicu perasaan gembira maka hal ini akan memicu sistem imun seseorang ikut meningkat. Sebaliknya jika kadar endorfin menurun, seseorang akan mudah terinfeksi oleh penyakit. Ini karena kadar endorfin yang tinggi dapat memicu sistem imun bekerja lebih baik dalam menghalau virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

Hormon endorfin merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk meredakan rasa sakit, memperkuat sistem imun, mengontrol tekanan darah, dan sejumlah fungsi penting lainnya. Pentingnya fungsi endofin bagi tubuh maka penting bagi Anda untuk selalu menjaga keseimbangan kadar endorfin dengan mengetahui beragam cara meningkatkannya.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Davidson, Katey. Why Do We Need Endorphins? 2021. Available at: https://www.healthline.com/health/endorphins (Accessed: 13 Januari 2021).

Raypole, Crystal. 13 Ways to Increase Endorphins. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/how-to-increase-endorphins (Accessed: 13 Januari 2021).

Bagikan artikel ini