Bantuan

Beragam Gejala Tipes yang Mungkin Anda Tidak Sadari

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Mar 2022

Bagikan

gejala tipes

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja gejala tipes? Tipes merupakan salah satu penyakit yang sudah umum terjadi di Indonesia. Penyebab terjadinya penyakit ini yaitu terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhi. Penularan bakteri terjadi karena tangan yang tidak bersih kemudian menyentuh makanan dan masuk ke dalam mulut. 

Namun tahukah Anda, tipes yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang sangat serius, seperti usus yang berlubang, gangguan pernapasan, hingga gagal jantung. Oleh karena itu, mengetahui gejala tipes merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Dengan mengetahui gejalanya, maka penyakit tipes dapat segera ditangani. 

Gejala tipes

Lantas apa saja gejala tipes tersebut? Di bawah ini ada beberapa gejala tipes yang mungkin saja tidak Anda sadari. Untuk mengetahui berbagai gejala tipes, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Demam

Gejala tipes yang perlu Anda ketahui pertama yaitu demam. Kondisi ini merupakan respons tubuh dalam melawan bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh. Demam yang disebabkan oleh tipes pada umumnya akan terus meningkat secara perlahan bahkan bisa mencapai 40 derajat celcius. Mungkin beberapa dari Anda tidak dapat membedakan demam yang disebabkan tipes dengan demam biasanya. Cara mudahnya yaitu jika demam setelah 2 hari semakin parah berarti bukan demam biasa 

  1. Berkeringat

Ketika demam, maka suhu tubuh akan meningkat sehingga tubuh menjadi panas. Kondisi ini akan membuat otak memerintahkan kelenjar keringat untuk segera mengeluarkan cairan melalui pori-pori. Kondisi inilah yang dikenal dengan berkeringat. Tujuan dari mengeluarkan cairan tersebut untuk mengembalikan subuh tubuh kembali normal. 

  1. Hilang nafsu makan

Gejala tipes yang mungkin tidak Anda sadari selanjutnya yaitu hilangnya nafsu makan. Kondisi ini merupakan respons tubuh terhadap peradangan  yang terjadi di dalam tubuh. Otak akan melepaskan leptin yang bertugas untuk menurunkan nafsu makan. Dengan menurunkan nafsu makan ini, maka dapat mencegah masuknya bakteri lain melalui makanan. Tidak hanya itu, dengan sedikit makan berarti bakteri di dalam perut juga hanya mendapatkan sedikit makanan dan lebih cepat mati. 

  1. Mual dan muntah

Pada saat bakteri penyebab tipes mulai menyerang dinding lambung dan usus, maka sistem imun akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memunculkan rasa mual. Setelah itu, otak akan menstimulasi pencernaan menghasilkan lebih banyak cairan yang membuat Anda muntah. Dengan kata lain, mual dan muntah ini adalah respons alami tubuh dalam mengeluarkan racun yang ada di sistem pencernaan. 

  1. Gangguan pencernaan

Pada dasarnya, tipes merupakan penyakit yang menyerang pencernaan. Jadi tidak heran jika salah satu gejala yang muncul ketika tipes yaitu gangguan pencernaan. Pada orang dewasa, gangguan pencernaan yang sering terjadi yaitu sembelit, sedangkan untuk anak-anak sering terjadi diare. Kondisi ini disebabkan karena usus yang terinfeksi akan mengalami perlambatan pergerakan. Sehingga kotoran di dalam usus sulit untuk keluar. 

  1. Sakit kepala

Tipes juga dapat menimbulkan gejala berupa sakit kepala. Pada umumnya, gejala tipes yang satu ini akan berbarengan dengan gejala demam. Kondisi ini terjadi karena, ketika suhu tubuh terlalu tinggi maka tubuh akan mengatur suhu tubuh agar kembali normal. Ketika tubuh tidak mampu mengatur suhu yang terlalu tinggi, maka akan terjadi pelepasan zat kimia peradangan yang menyebabkan sakit kepala. 

  1. Lemas 

Gejala tipes yang mungkin saja tidak Anda sadari terakhir yaitu tubuh yang terasa lemas. Kondisi ini umumnya terjadi karena tipes dapat menyebabkan diare sehingga tubuh akan kehilangan banyak cadangan cairan dan elektrolit. Padahal cadangan elektrolit ini dibutuhkan untuk membantu otot dapat berkontraksi dan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, ketika Anda terinfeksi bakteri penyebab tipes akan merasa tidak bertenaga, lesu dan lemah. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai gejala tipes yang mungkin saja Anda tidak sadari. Apabila Anda mengalami gejala tipes yang sudah disebutkan, maka segeralah untuk diobati agar tidak berubah menjadi komplikasi yang jauh lebih parah. Selain itu, sebagai langkah pencegahan, mulailah untuk rajin mencuci tangan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jauhi Pantangan Sakit Tipes Ini agar Tidak Semakin Parah

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. 2020. Typhoid fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661

NHS. 2021. Complications -Typhoid fever. https://www.nhs.uk/conditions/typhoid-fever/complications/

Healthline. 2019. Typhus. https://www.healthline.com/health/typhus#diagnosis

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang