Salah Satu Bagian Penting dari Tubuh Manusia, Kenali Fungsi Tenggorokan dan Beberapa Gangguan yang Mungkin Menyerang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Termasuk Organ Pernapasan Manusia, Kenali Fungsi Tenggorokan

Tenggorokan termasuk ke dalam salah satu organ pernapasan manusia. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan organ-organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Organ-organ inilah yang memungkinkan tubuh manusia beraktivitas secara normal sebagaimana biasanya. Salah satu organ tubuh yang cukup vital dalam hal ini adalah tenggorokan.

Tenggorokan dalam hal ini berperan penting dalam membantu manusia menelan, bernapas, dan juga memproduksi suara. Lantas apa itu tenggorokan, apa fungsinya, dan apa saja gangguan yang mungkin menyerangnya? Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, simak terus penjelasan mengenai seluk beluk tenggorokan berikut ini. 

Apa Itu Tenggorokan?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, tenggorokan atau yang biasa disebut faring dalam dunia medis, merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh manusia karena bertindak sebagai jalan yang dilalui cairan, makanan dan udara. Organ yang berperan penting dalam sistem pencernaan dan pernapasan ini terletak pada bagian belakang mulut dan di bawah hidung, lebih tepatnya berada di atas kerongkongan dan jalur udara utama, trakea. 

Bentuk tenggorokan adalah seperti tabung yang terbuat dari otot, di mana pada bagian bawahnya terbagi menjadi dua cabang saluran yang lebih kecil. Saluran-saluran cabang tenggorokan ini disebut sebagai esofagus dan juga laring. 

Tenggorokan itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian utama, yakni nasofaring yang terdapat pada bagian atas, orofaring yang berada di bagian tengah, dan juga laringofaring atau hipofaring yang terletak di bagian bawah. Nasofaring dan juga hipofaring dalam hal ini adalah bagian dari sistem pernapasan manusia, sedangkan orofaring merupakan bagian dari sistem pencernaan dan juga pernapasan. 

Apa Saja Fungsi Tenggorokan?

Fungsi tenggorokan yang paling penting dan paling utama adalah berkenaan dengan proses pernapasan dan pencernaan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan mengenai fungsi tenggorokan dalam pencernaan dan juga fungsi tenggorokan dalam pernapasan.

  1. Fungsi Tenggorokan Dalam Pencernaan

Dalam proses pencernaan, fungsi tenggorokan berkaitan sebagai saluran yang dilalui oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Sebelum dicerna oleh lambung, makanan dan minuman tersebut perlu melintasi tenggorokan ini. Setelah melalui tenggorokan, makanan yang dikonsumsi tersebut akan segera turun ke esofagus yang pada akhirnya akan menuju langsung ke organ lambung tubuh Anda. Pada proses ini, fungsi tenggorokan adalah memastikan makanan tidak memasuki trakea dan pada akhirnya tidak akan membuat Anda tersedak. 

  1. Fungsi Tenggorokan Dalam Pernapasan

Seperti halnya dalam proses pencernaan, fungsi tenggorokan dalam sistem pernapasan manusia juga adalah sebagai penghubung. Dalam hal ini tenggorokan menghubungkan rongga hidung dengan paru-paru agar proses bernapas dapat berjalan dengan baik. Mula-mula udara yang dihirup melalui hidung akan diteruskan masuk ke tenggorokan, kemudian melalui laring dan menuju trakea hingga pada akhirnya sampai di paru-paru. 

Itulah dia fungsi tenggorokan yang paling penting dan utama bagi tubuh manusia. Selain itu pencernaan dan pernapasan, tenggorokan juga memiliki peranan yang cukup vital dalam pertahanan tubuh manusia, karena dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi. 

Baca Juga: Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

Ancaman yang Mengintai Tenggorokan

Karena memegang peranan yang cukup penting, menjaganya dari berbagai ancaman adalah suatu keharusan. Adapun beberapa gangguan yang mungkin dapat mengganggu tenggorokan Anda adalah sebagai berikut:

  1. Infeksi Virus

Tenggorokan Anda rentan terhadap infeksi virus. Infeksi virus ini akan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti flu dan batuk, herpangina, gondongan, radang pita suara, hingga mononukleosis. 

  1. Infeksi Bakteri

Selain infeksi virus, tenggorokan manusia juga rentan terhadap infeksi bakteri. Jika terinfeksi bakteri, tenggorokan dapat mengalami beberapa gejala seperti gatal dan kering, radang amandel atau tonsilitis, radang pada bagian epiglotis, hingga peradangan yang terjadi pada jaringan di sekitar tonsil. 

  1. Cedera dan Iritasi

Tidak hanya terinfeksi mikroorganisme penyakit, tenggorokan juga rentan terhadap cedera dan iritasi yang bisa berlangsung hingga lebih dari 7 hari. Adapun beberapa kondisi ini dapat disebabkan oleh udara yang kering dan juga penuh polusi, GERD, cedera akibat tertusuk benda tajam, hingga akibat kelelahan yang kronis. 

Itulah dia penjelasan mengenai fungsi tenggorokan, dan juga ancaman-ancaman yang dapat mengganggunya. Jika Anda mengalami infeksi ataupun cedera dan iritasi pada tenggorokan, segera konsultasikan diri dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Berikut Ini Cara-cara Ampuh Mengatasi Tenggorokan Kering

 

Sumber: 

1. Children’s Hospital of Philadelphia. Throat Anatomy and Physiology.

2. Tjoa, Tjoson. 2013. Throat Anatomy-Medscape.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi