Inilah Ciri Luka Infeksi yang Perlu Anda Ketahui!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Inilah Ciri Luka Infeksi yang Perlu Anda Ketahui!

Badan terasa tidak enak bisa menjadi salah satu ciri luka infeksi, lho! Setiap luka pada kulit seperti goresan, gigitan, tusukan, sengatan, sayatan, bahkan operasi dapat mengalami infeksi. Infeksi itu sendiri merupakan kondisi dimana bakteri, virus, atau jamur masuk ke celah jaringan kulit yang terluka. Dimana sistem daya tahan tubuh tidak mampu mengatasinya. Tak hanya terjadi pada permukaan kulit, infeksi juga dapat terjadi pada luka bagian dalam. Gejala dari adanya infeksi pada luka adalah rasa sakit, kemerahan, dan bengkak. Bahkan pada infeksi yang parah dapat menyebabkan kedinginan, mual, dan demam. 


Lalu bagaimana Anda dapat mengetahui ciri luka infeksi? Jika Anda mengalami luka kecil atau infeksi biasanya dapat diobati di rumah. Umumnya orang dapat dengan aman mengobati luka ringan, misalnya goresan atau luka kecil lainnya di rumah. Dengan adanya perawatan yang tepat, maka kemungkinan besar luka ringan akan berangsur membaik sampai sembuh total. Namun, bila ternyata luka mengalami infeksi maka bisa menjadi lebih buruk. Ciri luka infeksi dapat menyebabkan beberapa kondisi sebagai berikut :

  1. Muntah

  2. Kulit kemerahan atau hangat pada sekitar luka

  3. Mual

  4. Keluarnya cairan berwarna kuning atau hijau dari luka

  5. Sakit dan nyeri

  6. Mengeluarkan aroma tidak sedap

  7. Demam dan menggigil

  8. Adanya garis merah pada kulit sekitar luka


Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa ciri luka infeksi, apa sajakah itu? Berikut ini ciri luka infeksi yang perlu anda ketahui :

  1. Luka tidak sembuh setelah 10 hari

  2. Adanya pembengkakan kelenjar pada area leher, dagu, ketiak, dan selangkangan

  3. Area yang terluka mengalami pembengkakan setelah beberapa hari

  4. Tidak enak badan

  5. Luka terasa nyeri beberapa hari kemudian

  6. Terdapat benjolan kecil dengan kerak kekuningan pada bagian atasnya

  7. Muncul nanah


Tentu jika Anda mengalami ciri luka infeksi diatas, maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Apalagi jika luka terasa sangat menyakitkan, bengkak yang menyebar, dan adanya ruam kemerahan. Biasanya luka akan terasa sakit selama 2 hari pertama, setelah itu rasa nyeri perlahan akan hilang. Penting untuk Anda membersihkan dan melindungi luka dengan benar, ini untuk mengurangi risiko infeksi. Risiko luka mengalami infeksi semakin tinggi, jika :

  1. Luka yang besar dan dalam

  2. Kotoran masuk ke dalam luka

  3. Gigitan binatang menjadi penyebab luka

  4. Luka diakibatkan benda kotor, terkontaminasi, atau berkarat

  5. Kondisi kesehatan tertentu


Ternyata ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko luka mengalami infeksi, seperti berikut ini :

  1. Sirkulasi darah yang memburuk

  2. Diabetes

  3. Sistem imun tubuh yang lemah

  4. Kurangnya aktivitas fisik, misalnya lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur

  5. Berusia lanjut

  6. Kurang asupan nutrisi dan vitamin


Setelah mengetahui ciri luka infeksi, lalu bagaimana perawatan infeksi? Perawatan infeksi akan tergantung pada jenis infeksi yang Anda alami, dan seberapa parah infeksi tersebut. Penyedia layanan kesehatan mungkin akan meresepkan antibiotik untuk melawan bakteri, atau juga dapat membersihkan luka dengan larutan antibiotik atau mengoleskan salep antibiotik. Jika terdapat kantong nanah atau abses, maka abses akan terbuka dan cairannya terbuka. Jika infeksi yang Anda alami sangat parah, maka mungkin Anda memerlukan perawatan di rumah sakit. 


Namun jika infeksi yang Anda alami ringan, terdapat beberapa tips merawat luka infeksi yang dapat Anda lakukan, yaitu seperti berikut ini :

  1. Mengganti balutan luka minimal satu hari sekali, segera ganti jika basah atau kotor

  2. Mencuci luka dengan lembut setiap hari

  3. Jangan memencet kulit karena dapat menyebabkan jaringat parut dan meningkatkan risiko infeksi. Tak hanya itu, juga dapat menghambat infeksi Anda sembuh

Segera hubungi penyedia layanan kesehatan atau periksakan diri Anda ke dokter atau rumah sakit. Untuk segera mendapatkan penanganan yang baik dan tepat, jika Anda merasa mengalami beberapa ciri luka infeksi yang parah.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Referensi :

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325040#treatment 

https://www.fairview.org/patient-education/85329

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi