Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Berbagai Obat Sakit Tenggorokan Alami & Medis yang Ampuh

Menemukan obat sakit tenggorokan yang efektif adalah kemauan setiap orang yang tengah mengalami radang tenggorokan. Dalam hal ini, apabila Anda mengalami radang tenggorokan, terdapat dua cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan menggunakan obat radang tenggorokan alami atau menggunakan obat radang tenggorokan medis.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah alternatif yang bisa Anda coba berkaitan dengan kedua hal tersebut. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan berikut ini. 

Penyebab Radang Tenggorokan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Mengetahui hal ini akan sangat membantu Anda dalam mencegah terjadinya radang tenggorokan itu sendiri, sebagaimana kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Pada umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri dan atau virus. Virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan ini dapat menular ke Anda melalui udara ataupun droplet penderita yang ada di permukaan benda atau tangan Anda. 

Adapun bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan itu sendiri yakni bakteri Streptococcus kelompok A, serta Streptococcus pyogenes. Sedangkan virus yang menyebabkan radang tenggorokan diantaranya adalah virus campak, virus cacar air, virus influenza, rhinovirus, adenovirus, dan yang terbaru dan tengah kita alami saat ini, yakni virus Corona.

Obat Radang Tenggorokan Alami

1. Madu

Obat radang tenggorokan alami yang pertama ini telah menjadi andalan para ibu dalam mengatasi radang tenggorokan pada anak. Pemilihan madu dalam hal ini tentu bukan tanpa alasan. Madu adalah obat alami yang dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan apabila dikonsumsi secara langsung ataupun dicampurkan dengan segelas air hangat.

2. Jus lemon

Jus lemon juga merupakan obat radang tenggorokan alami yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif berikutnya. Dalam hal ini, selain dapat meredakan gejala dari radang tenggorokan, jus lemon juga efektif dalam mencairkan lendir yang mengganggu. 

3. Cuka apel

Tidak hanya cocok untuk masakan, cuka apel terbukti ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan. Bahkan, konsumsi cuka apel dalam hal ini juga bisa dijadikan sebagai tindakan pencegahan agar tidak terinfeksi dari bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

4. Bawang putih

Siapa yang menyangka bahwa rempah penyedap masakan yang satu ini ternyata merupakan obat radang tenggorokan alami. Bawang putih dalam hal ini memiliki kandungan allicin yang dapat mencegah sekaligus mengobati radang tenggorokan Anda.

5. Air putih

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, jangan langsung membeli obat macam-macam terlebih dahulu. Cobalah konsumsi air putih dengan rutin. Jika diteruskan, hal ini nantinya akan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan Anda.

Baca Juga: Membunuh Kuman dalam Makanan Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini

 

Obat Radang Tenggorokan Medis

Selain obat radang tenggorokan yang alami, Anda juga bisa menggunakan obat medis. Beberapa obat medis di bawah ini dapat Anda temukan di apotek terdekat walaupun tanpa resep dokter, namun tetap perlu menanyakan cara pemakaiannya kepada apoteker. 

1. Paracetamol

Obat radang tenggorokan secara medis yang pertama yaitu Paracetamol. Mungkin Anda lebih mengenal obat Paracetamol sebagai obat penurun demam, namun ternyata obat ini juga dapat meredakan nyeri akibat peradangan. Salah satu peradangan yang bisa diredakan yaitu radang tenggorokan. 

2. Aspirin

Selain paracetamol, obat radang tenggorokan medis yang selanjutnya yaitu Aspirin. Obat Aspirin juga dapat membantu meredakan radang tenggorokan yang Anda alami. Akan tetapi, Aspirin tidak bisa diberikan pada anak-anak dan remaja. Hal ini karena dapat berpotensi menyebabkan sindrom reye. 

3. Ibuprofen

Obat radang tenggorokan yang terakhir yaitu Ibuprofen. Obat Ibuprofen dapat membantu meredakan peradangan serta menghilangkan rasa sakit untuk sementara. Akan tetapi, apabila Anda mengalami radang tenggorokan yang disertai demam dan batuk kering, sebaiknya menghindari penggunaan Ibuprofen. 

Demikianlah penjelasan mengenai obat radang tenggorokan baik yang alami maupun medis. Anda bisa mengobati radang tenggorokan dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas.

Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau malah menunjukkan gejala yang parah seperti demam tinggi, sulit bernapas atau leher kaku, maka segeralah mencari pertolongan medis.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pilihan Obat Radang Tenggorokan Alami dan Medis

 

Sumber:

1. Watson, Stephanie. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.  

2. Spritzler, Franziska. 2020. 15 natural remedies for a sore throat

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi