Bantuan
Bantuan

Mudah dan Praktis, Berikut Ini Cara-cara Ampuh Mengatasi Tenggorokan Kering

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Mudah dan Praktis, Berikut Ini Cara-cara Ampuh Mengatasi Tenggorokan Kering

Mengatasi tenggorokan kering sejatinya sangat mudah dilakukan. Meskipun begitu, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi tenggorokan ini. Pada akhirnya mereka yang tidak dapat mengatasi tenggorokan kering ini akan merasa sangat terganggu dengan kondisi tersebut. 

Nah, apabila Anda termasuk salah satunya dan tengah mengalami kondisi tenggorokan kering, tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tenggorokan kering. Namun, sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui penyebab tenggorokan kering berikut ini.

Penyebab tenggorokan kering

Kondisi tenggorokan yang terasa kering sejatinya dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi cuaca, aktivitas fisik yang tengah dilakukan, hingga konsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang tidak sedikit. Beberapa hal tersebut dapat membuat tenggorokan Anda terasa kering dan gatal meskipun telah meminum air dalam jumlah yang banyak.

Selain hal tersebut, ada berbagai penyebab lainnya yang dapat memicu tenggorokan kering, dan hal ini tidak dapat disepelekan, karena dapat mengindikasikan kemungkinan penyakit tertentu. Adapun penyebab lainnya dari tenggorokan kering di antaranya adalah:

  • Infeksi virus seperti flu dan pilek

  • Penyakit amandel

  • Penyakit laringitis

  • Reaksi alergi terhadap serbuk bunga, hewan peliharaan tertentu, hingga asap rokok

  • Kekurangan asupan cairan (dehidrasi)

  • GERD (gastroesophageal reflux disease)

  • Apnea tidur

  • Penyakit autoimun, sindrom Sjorgen

  • Mengalami kanker kelenjar ludah

Perlu diingat bahwa kondisi tenggorokan kering tidak serta merta mengindikasikan bahwa Anda memiliki semua kondisi di atas. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosis yang tepat mengenai kondisi tenggorokan kering yang tengah dialami. 

Baca Juga: Salah Satu Bagian Penting dari Tubuh Manusia, Kenali Fungsi Tenggorokan dan Beberapa Gangguan yang Mungkin Menyerang

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab tenggorokan kering, Anda mungkin bertanya-tanya tentang cara mengatasinya. Mudah saja, berikut ini adalah beberapa cara yang mudah, praktis, namun tetap ampuh dalam mengatasi kondisi ini di rumah. 

  1. Mengonsumsi Air lebih banyak

Cara mengatasi tenggorokan kering yang pertama yaitu mengonsumsi air lebih banyak. Hal ini diperlukan karena pada saat tubuh kekurangan cairan, maka air liur tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak untuk membasahi tenggorokan. Pada saat Anda mengalami tenggorokan kering, maka minumlah air hingga tenggorokan mulai mereda. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa atau jus karena dapat membantu melegakan tenggorokan. Namun hindari minuman yang berkafein dan bersoda karena hanya akan membuat cairan tubuh menghilang. 

  1. Berkumur dengan air garam

Selain mengonsumsi air lebih banyak, Anda juga bisa berkumur menggunakan air garam untuk mengatasi tenggorokan kering. Air garam mampu meredakan berbagai gangguan yang terjadi pada tenggorokan karena dapat membersihkan berbagai bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan serta mengurangi pembengkakan. Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, maka larutkan 1 sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk berkumur selama 30 detik hingga 1 menit. 

  1. Mengkonsumsi madu

Madu adalah salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tenggorokan kering. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat madu memiliki kandungan dengan sifat antiseptik dan antibakteri. Tidak hanya itu saja, tekstur madu yang kental akan sangat membantu membuat tenggorokan Anda menjadi lebih lembap.

  1. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Cara mengatasi tenggorokan kering yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Hal ini karena, permen pelega tenggorokan mampu membuat jaringan pada mulut dan tenggorokan menjadi lembap. Selain itu, permen pelega tenggorokan juga mampu menstimulasi produksi air liur untuk membasahi tenggorokan. Perlu diingat, hindari mengonsumsi pelega tenggorokan yang memiliki kandungan gula ataupun perasa tambahan. 

  1. Mencoba mandi air hangat

Tahukah Anda bahwa uap yang dihirup ketika Anda mandi dengan menggunakan air hangat, dapat membantu tenggorokan kering menjadi lembap, serta membuat saluran pernafasan terasa lebih lega. Untuk itu, apabila Anda mengalami kondisi tenggorokan kering ini, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air garam ketika mandi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi tenggorokan kering dan beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab kondisi tersebut. Apabila kondisi tenggorokan kering ini tidak kunjung hilang dan justru semakin mengganggu, bahkan setelah Anda mencoba beberapa cara di atas, segeralah periksakan diri Anda untuk mendapatkan penanganan dari dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

 

Sumber:

Mayo Clinic. 2016. Home Remedies: Helping a hoarse voice. 

Watson, Stephnie. 2020. What Causes Dry Throat, and How Is It Treated?. 

Doerr, Steven. 2019. Hoarseness.

Bagikan artikel ini