Bantuan

Ingin Menaikkan Berat Badan? Konsumsi Makanan Bikin Gemuk Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Makanan bikin gemuk

Sudahkah Anda mengetahui makanan bikin gemuk? Makanan yang bikin gemuk ini bisa membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal. Akan tetapi, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa saja makanan yang bikin gemuk itu. Tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini Anda akan segera mengetahuinya. 

Pada dasarnya, untuk menaikkan berat badan Anda harus melakukan surplus kalori atau menaikkan jumlah asupan kalori dari yang biasanya yang Anda konsumsi. Untuk mengetahui berapa kalori harian yang Anda perlu konsumsi bisa  berkonsultasi dengan ahli gizi. 

Namun, selain mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan Anda juga perlu mengonsumsi beberapa makanan yang akan membantu Anda mendapatkan berat badan yang  ideal dengan. Lalu apa saja makanan bikin gemuk tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Nasi

Makanan bikin gemuk pertama, yaitu nasi yang sudah sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Nasi merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup banyak, bahkan dalam 100 gram nasi terdapat 40 gram karbohidrat dan 175 kalori. Ditambah lagi saat makan nasi, tentunya ditemani berbagai lauk yang akan membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi semakin banyak. 

  1. Tahu

Tahu merupakan makanan yang bikin gemuk selanjutnya. Hal ini karena tahu memiliki kandungan berupa protein, kalsium, dan juga zat besi. Selain itu, kandungan kalori dalam tahu sebanyak 94 kalori dan akan meningkat menjadi berkali-kali lipat apabila Anda menggorengnya. Agar pertambahan berat badan tidak berlebih, jangan terlalu banyak mengkonsumsi tahu yang digoreng.  

  1. Keju

Keju merupakan makanan yang menjadi sumber kalsium dan protein. Tidak hanya itu, keju juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat mengenyangkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menambah berat badan, coba konsumsi keju sebagai menu sajian. Akan tetapi, disarankan untuk mengonsumsi keju yang berasal dari susu kambing karena lebih kaya  dengan kandungan asam lemak. 

  1. Daging Merah

Makanan bikin gemuk selanjutnya, yaitu daging merah yang bisa diolah menjadi makanan lezat seperti steak daging. Hal ini karena, mengonsumsi steak daging dapat memberikan Anda supan kalori yang cukup banyak. Tidak hanya itu, daging juga memiliki kandungan lemak yang cukup banyak sehingga bisa menjadi tambahan kalori bagi Anda. Tidak hanya itu, daging merah  juga memiliki kandungan protein dan asam amino yang  baik untuk otot. 

  1. Kacang

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan bikin gemuk yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber protein nabati. Di dalam kacang-kacangan terdapat vitamin E, serat, dan juga asam lemak omega 3. Tidak hanya itu, kacang juga memiliki kandungan kalori yang cukup banyak, dalam 100 gram kacang setidaknya terdapat 575 kalori. Anda bisa membuat kacang menjadi selai dan menambahkannya dalam makan sehari-hari Anda. 

  1. Yogurt

Makan yang bikin gemuk dan sehat yang selanjutnya datang dari olahan susu, yaitu yogurt. Dalam satu botol yogurt terdapat kandungan 100 kalori dan juga kalsium yang baik untuk tulang, sedangkan yogurt yang sudah ditambahkan rasa memiliki 150 kalori. Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan menambahkan beberapa buah-buahan, madu, hingga granola. Campuran ini bisa Anda jadikan menu sarapan yang menyehatkan dan menambah berat badan. 

  1. Alpukat

Makanan bikin gemuk yang bisa Anda konsumsi terakhir, yaitu buah alpukat. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan lemak yang sehat bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah  alpukat juga memiliki kandungan kalori yang cukup  tinggi, setidaknya dapat 200 gram alpukat terdapat sebanyak 322 kalori, 17 gram serat, dan 29 gram lemak. Buah alpukat ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun mengolahnya menjadi makanan lain seperti jus.

Demikianlah informasi mengenai beberapa makanan bikin gemuk yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Namun perlu  diperhatikan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan karena alih-alih mendapatkan berat badan ideal justru menjadi obesitas. Selain itu, sebaiknya Anda juga perlu membarenginya dengan melakukan beberapa olahraga agar mendapatkan berat badan yang ideal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Anda

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Warwick, Kathy W. 2020. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_6

Lee, Min Ja & Christine Mattheis. 2014. 30 Healthy Foods That Could Wreck Your Diet. https://www.health.com/food/30-healthy-foods-that-could-wreck-your-diet?slide=6dad7ff6-4b99-4ba5-ab31-b727fc4e0cee#6dad7ff6-4b99-4ba5-ab31-b727fc4e0cee

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang