Bantuan
Free Tele x

Lelah Karena Susah Tidur? Ini Cara Menghilangkan Insomnia yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Dec 2021

Bagikan

Efektif! 7 Cara Menghilangkan Insomnia yang Bisa Dicoba

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan insomnia? Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang sulit untuk tidur bahkan tidak bisa tidur sama sekali walaupun memiliki waktu untuk tidur. Apabila hanya terjadi sekali atau dua kali mungkin kondisi ini tidak berbahaya. Namun jika terjadi secara terus menerus maka harus segera diatasi. Pasalnya, penderita insomnia akan merasakan lelah karena tubuhnya tidak beristirahat. Tidak hanya itu, insomnia juga dapat menyebabkan menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Baca Juga: Kondisi Buruk yang Mungkin Terjadi Akibat Kurang Tidur

Cara Menghilangkan Insomnia

Lantas bagaimanakah cara menghilangkan insomnia? Untuk menghilangkan insomnia dapat dilakukan melalui beberapa cara. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghilangkan insomnia. 

  1. Mengatur Jadwal Tidur Bertahap

Cara menghilangkan insomnia yang bisa Anda lakukan pertama kali, yaitu mengatur jadwal tidur secara bertahap. Pasalnya, waktu tidur yang sering berubah-ubah bisa menyebabkan terganggunya ritme sirkadian yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Namun dalam mengatur jadwal tidur ini sebaiknya lakukan secara bertahap agar tubuh Anda bisa terbiasa dan mudah dijalani. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak melakukan aksi balas dendam atau tidur selama belasan jam. Hal ini justru membuat waktu tidur Anda semakin kacau. 

Baca Juga: Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

  1. Melakukan Relaksasi

Anda juga bisa mengatasi insomnia dengan cara melakukan relaksasi sebelum tidur. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi, yaitu pilates ataupun yoga. Dengan melakukan relaksasi maka Anda akan mendapatkan kenyamanan dan juga ketenangan. Dengan begitu Anda pun menjadi lebih mudah tertidur dengan nyenyak. Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk relaksasi, yaitu mandi air hangat, membaca buku, dan mendengar musik. 

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang Anda konsumsi ternyata memiliki pengaruh terhadap insomnia yang Anda alami. Makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari, yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan juga lemak jenuh yang tinggi. Pasalnya, makanan tersebut dapat menyebabkan sistem pencernaan semakin berat bekerja sehingga tubuh menjadi sulit untuk beristirahat. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi beberapa makanan sehat yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

  1. Menciptakan Suasana Nyaman

Nyaman tidaknya kamar yang Anda gunakan untuk tidur ternyata bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menciptakan suasana tempat tidur yang senyaman mungkin agar lebih rileks dan mudah tidur. Caranya, yaitu dengan mengatur suhu kamar tetap dingin dan tenang. Anda juga bisa mengatur pencahayaan yang ada di dalam kamar. Tidak hanya itu, jika perlu tempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar agar tidak mengganggu. 

  1. Menjauhkan Gangguan Sebelum Tidur

Kemajuan teknologi saat ini, ternyata memiliki sisi negatif yang menjadi pengganggu terbesar Anda saat hendak tidur. Mungkin banyak dari Anda yang selalu bermain smartphone ketika rebahan hingga sebelum tidur. Hal ini justru membuat Anda akan semakin susah tidur. Selain karena keasikan bermain smartphone, hal ini justru membuat Anda semakin  banyak pikiran hingga stres. Oleh karena itu, jika ingin menghilangkan insomnia sebaiknya jauhkan gangguan ini sebelum tidur. 

  1. Menghindari Alkohol dan Kafein

Cara menghilangkan insomnia yang selanjutnya, yaitu dengan menghindari konsumsi alkohol dan kafein. Pasalnya mengonsumsi alkohol dan kafein hanya akan membuat Anda lebih terjaga sehingga sulit tidur di malam hari. Dalam hal ini kafein yang dimaksud tidak hanya kopi tapi juga meliputi teh dan minuman lainnya. Jika Anda ingin mengatasi insomnia yang Anda alami, sebaiknya menggantinya dengan konsumsi air putih atau susu saja. 

  1. Melakukan Olahraga

Cara menghilangkan insomnia yang terakhir, yaitu dengan melakukan olahraga yang rutin. Namun sebaiknya hindari melakukan olahraga yang berat, terutama saat mendekati waktu tidur. Pasalnya olahraga berat hanya membuat Anda semakin terjaga dan sulit tidur. Cukup lakukan beberapa olahraga ringan saja seperti berjalan kaki atau berenang. Olahraga ringan ini sudah cukup melepaskan ketegangan yang Anda rasakan sehingga menjadi lebih rileks. 

Nah itulah dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan insomnia. Selain beberapa cara  di atas, Anda juga bisa menghilangkan insomnia dengan cara mengonsumsi obat tidur. Akan tetapi, mengonsumsi obat-obatan dapat menimbulkan beberapa efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter apabila insomnia tidak kunjung hilang.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan

 

Sumber:

NHS. 2021. 10 tips to beat insomnia. 

 

WebMD. 2021. 10 Tips to Beat Insomnia.

Bagikan artikel ini