Bantuan

Olahraga untuk Memperbaiki Postur

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 13 Aug 2020

Bagikan

Cara Memperbaiki Postur Tubuh Dengan Olahraga

Terdapat beberapa cara memperbaiki postur tubuh yang dapat dilakukan oleh seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak kesempatan di mana Anda tidak memiliki postur yang baik. Contohnya adalah ketika Anda membaca buku sambil menduduk, duduk di depan computer, atau ketika sedang bermain telepon genggam.

Aktivitas-aktivitas seperti itu dapat membuat tubuh Anda terbiasa membungkuk. Hal ini bisa menimbulkan dampak jangka panjang berupa perubahan fisik yang akan membuat Anda susah dalam berdiri tegak dan punggung Anda melekuk, dengan nama medis kifosis.

Meskipun kifosis dapat disebabkan oleh penyakit seperti arthritis, osteoporosis, ataupun trauma, sebagian kasus kifosis disebabkan oleh postur buruk yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Postur buruk tersebut menyebabkan otot-otot Anda menjadi kaku dan terlalu lemah untuk menyokoh tubuh bagian batas Anda dengan benar.

Jika Anda melihat bahwa Anda sudah mulai membungkuk atau ingin mencegah perubahan postur di masa depan, melakukan olahraga dan membiasakan gaya hidup yang lebih baik dapat membantu.

Apa Pentingnya Postur Tubuh?

Postur tubuh yang buruk tidak hanya memengaruhi penampilan Anda. Postur yang buruk dapat menurunkan kekuatan dan keseimbangan Anda. Selain itu, masalah-masalah fisik lainnya juga dapat menimpa Anda.

Pada umumnya, masalah postur dimulai sejak dini, ketika menginjak usia remaja. Ketika seseorang mencapai usia paruh baya, ia dapat merasakan perubahan postur ataupun nyeri berkepanjangan sebagai dampaknya.

Postur yang buruk membuat bagian tubuh Anda lainnya keluar ‘jalur’ sehingga dapat menyebabkan nyeri otot dan masalah lainnya.

Baca Juga: Raih Postur Tubuh Terbaik Dengan Posisi Duduk yang Benar

Bagaimana Cara Untuk Memiliki Postur yang Baik?

Berdiri dengan tegak membutuhkan fleksibiltas dan kekuatan yang cukup, terutama pada kelompok otot-otot dan tendon yang ada di sepanjang tulang belakang (erector spinae).

Otot-otot ini menahan tulang belakang Anda agar tetap berada di posisi yang seharusnya. Mereka bekerja dengan otot-otot inti dan otot-otot tubuh bagian atas untuk menahan tubuh Anda di garis yang lurus.

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda kifosis, kunjungi dokter Anda untuk menghilangkan diagnosis penyakit lainnya. Apabila Anda memang menunjukkan gejala kifosis.

Jangan khawatir! Anda tetap bisa memperkuat otot-otot Anda dan memperbaiki postur Anda meskipun sudah mulai membungkuk. Riset menunjukkan bahwa olahraga dapat memperbaiki kifosis.

Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Anda dapat memilih yoga dan tai chi untuk memperbaiki postur Anda, kedua olahraga tersebut merupakan kombinasi latihan untuk menguatkan otot dan meningkatkan fleksibilitas Anda.

Yoga berfokus pada gerakan dan tarikan halus. Sementara itu, tai chi mengaplikasikan gerakan-gerakan lambat dan mengalir yang terkoreografi dengan baik.

Latihan-latihan lain yang menargetkan kekuatan otot-otot tubuh bagian atas, lengan, punggung, dan abdomen juga dapat memperbaiki postur Anda.

Selain melakukan olahraga secara rutin, Anda harus sadar terhadap postur Anda ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

Jangan biasakan membungkuk ketika makan, bekerja di depan computer, dan aktivitas-aktivitas lain yang seringkali membuat kita membungkuk atau membiasakan postur buruk tanpa sengaja. Yuk, tegakkan postur Anda dari sekarang!

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Membangun Tulang yang Kokoh dengan Aktivitas Fisik

 

Referensi

Stand tall [Internet]. Harvard: Harvard Women’s Health Watch; 2020 Feb [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/stand-tall

Bagikan artikel ini