Bantuan
Bantuan

Diare Bikin Dehidrasi, Berikut Ini Cara Membuat Oralit Sebagai Pertolongan Pertama

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Nov 2021

Bagikan

Cara Membuat Oralit Sebagai Pertolongan Pertama

Cara membuat oralit sangat mudah sehingga dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Mungkin Anda masih bingung mengenai apa itu oralit? Oralit adalah campuran dari garam (elektrolit) dan karbohidrat dalam bentuk gula yang dilarutkan dalam air. Larutan ini digunakan sebagai pengganti cairan dalam tubuh yang hilang ketika dehidrasi karena diare, gastroenteritis, atau muntah. Oralit menjadi obat terbaik untuk mengatasi diare versi Kementerian Kesehatan RI. 

Diare adalah respons dari tubuh untuk membersihkan diri dari kuman. Oleh karena itu, pada saat diare ini tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit yang membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Diare dapat disertai dengan mual, muntah, demam, kram, bahkan ruam. Jika hal ini terus berlanjut, tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh. 

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa akan lebih mudah untuk membeli obat di apotek dibandingkan harus ribet mempelajari cara membuat oralit. Namun oralit menjadi alternatif terbaik ketika Anda sedang berhalangan dan tidak bisa pergi ke apotek untuk membeli obat. Dalam hal ini, cara membuat oralit dapat menjadi pertolongan pertama yang sangat dibutuhkan ketika mengalami diare. 

Cara Membuat Oralit

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat oralit, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Berikut cara membuat oralit:

  1. Persiapkan alat dan bahan

Untuk membuat oralit dibutuhkan beberapa alat pendukung dan bahan sebagai komponen penting dalam oralit yang akan jadi, sebagai berikut:

  • Wadah untuk air

  • Sendok

  • 1 liter air

  • Garam halus

  • Gula pasir

  • Lemon (opsional)

  1. Proses pembuatan

Berikut cara membuat oralit sebagai pertolongan pertama saat diare, di antaranya:

  • Masak air hingga matang, kemudian tunggu hingga air mencapai suhu ruangan

  • Masukkan 8 sendok makan gula pasir dan  1/2 sendok teh garam ke dalam air yang sudah matang, Anda dapat menambahkan perasan dari setengah atau seperempat lemon jika mau.

  • Aduk air sampai seluruh bahan larut

  • Oralit dapat langsung dikonsumsi atau disimpan paling lama 24 jam setelah pembuatan.

Itulah cara membuat oralit, mudah bukan? Anda dapat langsung mempraktikkannya tanpa takut kebingungan dan menguras waktu. Selain mengetahui cara membuat oralit, Anda juga harus memperhatikan saran dosis yang dapat dikonsumsi penderita diare.

Anjuran dosis yang dapat dikonsumsi

Layaknya obat pada umumnya, setiap penderita diare memiliki anjuran dosis yang berbeda tergantung usia masing-masing untuk mendapatkan hasil optimal dari mengonsumsi obat. Sehingga dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang seberapa banyak dosis yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diare. Berikut anjuran dosis yang dapat dikonsumsi, yaitu:

  • Anak umur 1 bulan – 1 tahun membutuhkan setidaknya 1/4 hingga 1/2 cangkir besar (250ml) minuman oralit setiap setelah buang air besar.

  • Anak umur 2 tahun sampai dengan 12 tahun membutuhkan setidaknya 1/2 sampai 1 cangkir besar (250ml) minuman oralit setiap setelah buang air besar.

  • Anak umur diatas 12 tahun sampai dewasa membutuhkan setidaknya 200 hingga 400ml (1 hingga 2 gelas) setiap setelah buang air besar.

Tips berguna lainnya seputar oralit

Ada beberapa tips lainnya yang berguna untuk Anda setelah selesai mengimplementasikan cara membuat oralit dan mulai menggunakannya, di antaranya sebagai berikut:

  • Jika penderita diare merasakan sakit kurang dari 30 menit setelah minum larutan oralit, maka berikan lagi. 

  • Jika penderita diare merasakan sakit lebih dari 30 menit setelah minum larutan oralit, maka tidak perlu memberikannya lagi sampai buang air besar berikutnya.

  • Oralit seharusnya mulai bekerja dengan cepat dan hidrasi mulai membaik dalam waktu 3-4 jam.

  • Anda hanya boleh menggunakan larutan oralit sebagai pertolongan pertama, tidak untuk penggunaan 2-3 hari kecuali dengan arahan dokter.

  • Apabila penderita diare muntah setelah meminum larutan oralit, maka tunggu 3-5 menit sebelum meminum kembali larutan oralit untuk mengganti yang sudah dimuntahkan.

Itulah seluk beluk mengenai cara membuat oralit yang sangat mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Mengetahui cara membuat oralit dapat membuat kita lebih siap dengan hal yang tidak diinginkan, dalam hal ini saat kita atau kerabat terkena diare. 

Meskipun sudah siap melakukan pertolongan pertama dengan mengetahui cara membuat oralit, bukan berarti selanjutnya hanya bersantai dan tidak menghiraukan hal-hal yang dapat menyebabkan diare. Karena sejatinya lebih baik mencegah daripada mengobati. Ayo jaga makanan dan lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Demam Menurun Hingga Tubuh Lebih Bertenaga, Berikut Ini Ciri Tipes Mulai Membaik

 

Sumber:

Rehydrate. 2014. Oral Rehydration Solutions: Made at Home. 

Health Navigator. 2016. Oral Rehydration Salts (also called oral rehydration solution or ORS). 

Only My Health. 2020. World ORS Day 2020: How To Make ORS At Home?. 

2020. Diarrhea in Children: Causes and Treatments.

Bagikan artikel ini