Bantuan
Bantuan

Pilihan Makanan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Pilihan Makanan Tinggi Serat untuk Anda yang Sedang Diet

Konsumsi makanan tinggi serat seperti menjadi sebuah kewajiban bagi Anda yang sedang diet. Bahkan, tidak dalam situasi diet pun, tubuh juga membutuhkan makanan dengan kandungan serat. Dalam hal ini, serat merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh, karena dapat mendatangkan manfaat seperti melancarkan pencernaan, hingga mencegah penyakit kronis.

Untuk mendapatkan manfaat dari serat ini, Anda tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, ada banyak sekali makanan tinggi serat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Lantas apa saja pilihan makanan dengan kandungan serat yang tinggi tersebut? Ketahui penjelasannya pada pembahasan mengenai pilihan makanan tinggi serat di bawah ini.

Makanan Tinggi Serat

Serat pada dasarnya adalah jenis karbohidrat, namun yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti zat nutrisi lainnya, kandungan serat dalam makanan tidak diserap oleh usus, namun bergerak melewati organ-organ pencernaan dan dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan feses. Adapun makanan tinggi serat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Kacang Merah

Jenis kacang-kacangan yang satu ini, termasuk ke dalam jajaran makanan tinggi serat yang bisa Anda pilih. Adapun kandungan serat yang terdapat dalam secangkir kacang merah yang telah dimasak adalah sebanyak 12,2 gram. Hal ini berarti dalam setiap 100 gram kacang merah matang, terkandung sebanyak 6,8 gram serat.

  1. Gandum

Pilihan makanan tinggi serat berikutnya adalah gandum. Tidak hanya kaya akan kandungan serat, gandum juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah seperti mineral, vitamin, dan juga antioksidan. Untuk itulah, gandum juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan juga kolesterol. Adapun kandungan serat dalam 100 gram gandum mental adalah sekitar 10,1 gram.

  1. Alpukat

Buah alpukat memang terkenal karena kandungan lemak baiknya yang cukup tinggi. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin B, C, E, serta mineral. Namun, ternyata buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat yang cukup melimpah. Dalam hal ini, 100 gram buah alpukat memiliki kandungan serat sebanyak 6,7 gram. Jumlah ini mampu memenuhi kebutuhan serat harian pada orang dewasa hingga 22 persen.

Baca Juga: Alpukat dan Kesehatan Jantung

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam hal ini, semangkuk brokoli memiliki kandungan serat hingga 5,1 gram. Untuk dapat merasakan manfaat serat yang terkandung di dalamnya, Anda dapat mengonsumsi brokoli dengan berbagai cara, baik secara mentah (setelah dicuci), dikukus, ataupun direbus. 

  1. Chia Seed

Para pejuang diet untuk menurunkan berat badan pasti sudah tidak asing lagi dengan biji-bijian kecil berwarna hitam yang satu ini. Bagaimana tidak, chia seed memiliki kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari fosfor, kalsium, hingga magnesium. Tidak hanya itu saja, chia seed juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yakni mencapai 34,4 gram per 100 gram.

Baca Juga: Selain Dapat Membantu Program Diet, Ini Manfaat Chia Seed Lainnya!

  1. Kacang Almond

Satu lagi jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, yakni kacang almond. Tidak hanya lezat, kacang yang satu ini juga banyak disukai karena kaya akan kandungan lemak sehat, magnesium, hingga vitamin E. Adapun kandungan serat yang terdapat di dalam 100 gram kacang almond adalah sebagai 13,3 gram.

  1. Ubi Jalar

Masyarakat Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan makanan sumber karbohidrat yang satu ini. Bagaimana tidak, ubi jalar memang memiliki rasa manis unik yang sanggup mengusir rasa lapar. Terlebih lagi, ubi jalar memiliki kandungan nutrisi penting, seperti mangan, kalium, folat, zat besi, dan pastinya serat. Adapun kandungan serat dalam 100 gram ubi jalar adalah sekitar 2,8 gram.

  1. Wortel

Terkenal karena kandungan vitamin A yang tinggi dan baik untuk mata, ternyata wortel termasuk dalam jajaran makanan tinggi serat yang bagus untuk diet dan pencernaan. Dalam hal ini, 100 gram wortel memiliki kandungan serat sebanyak 2,8 gram. Tidak hanya itu saja, nutrisi penting lainnya yang terdapat di dalam wortel di antaranya adalah Vitamin K, B, dan magnesium.

Nah itulah dia penjelasan mengenai ragam pilihan makanan tinggi serat yang dapat Anda konsumsi selama menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Agar berhasil, tetap jalani diet ini dengan konsisten dan akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan olahraga secara rutin.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Manfaat Makan Serat bagi Kesehatan Sistem Pencernaan

Referensi
  1. Gunnars, Kris. 2020. 22 High Fiber Foods You Should Eat.
  2. Mayo Clinic. Chart of high-fiber foods.
  3. NHK. How to get more fibre into your diet.
Bagikan artikel ini