Seluk Beluk Fungsi Paru-Paru Dalam Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Seluk Beluk Fungsi Paru-Paru Dalam Tubuh Manusia

Fungsi paru-paru dalam tubuh sangatlah penting, salah satunya adalah sebagai alat pernapasan. Ketika fungsi ini tidak  berjalan dengan baik, tentunya Anda akan mengalami kesulitan bernapas. Akan tetapi, fungsi paru-paru manusia tidak hanya itu saja, masih ada beberapa fungsi penting lainnya. Lalu apa saja fungsi paru-paru tersebut? 

Anatomi Paru-Paru

Sebelum mengetahui apa saja fungsi paru-paru manusia, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja anatomi paru-paru. Berikut ini akan dijelaskan bagian-bagian dalam anatomi paru-paru manusia.  

  • Bronkus

Bronkus merupakan cabang trakea yang terhubung dengan paru paru kanan dan paru-paru kiri. Fungsi dari bronkus, yaitu sebagai jalur udara dari mulut dan trakea. Tidak hanya itu bronkus juga berperan dalam mengeluarkan dahak atau lendir. 

  • Bronkiolus

Bagian paru-paru  yang selanjutnya, yaitu bronkiolus yang merupakan percabangan dari bronkus. Fungsi dari bronkiolus, yaitu untuk menyalurkan udara ke alveoli dari bronkus. Tidak hanya itu, bronkiolus juga berfungsi dalam mengontrol jumlah udara yang masuk dan keluar. 

  • Pleura

Pleura merupakan lapisan selaput yang tipis sebagai pelindung paru-paru dan tulang rangka bagian dalam. Plura mengeluarkan cairan atau disebut juga dengan cairan serous. Fungsi dari cairan ini yaitu untuk melumasi bagian dalam rongga paru agar tidak iritasi. 

  • Alveoli

Alveoli berada di ujung dari bronkiolus. Alveoli itu sendiri merupakan kumpulan kantong udara yang disebut sebagai alveolus. Namun tahukah Anda, ternyata jumlah Alveoli mencapai 600 juta buah. 

  • Diafragma 

Bagian dari anatomi paru-paru yang terakhir yaitu diafragma. Diafragma itu sendiri merupakan otot yang terletak di bawah paru-paru yang memisahkan perut dan  dada. 

Baca juga: Inilah Cara Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok Secara Alami

Fungsi Paru-Paru

Setelah mengetahui berbagai anatomi paru-paru maka selanjutnya, yaitu mengetahui apa saja fungsi paru-paru. Untuk mengetahui lebih detail, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Alat Pernapasan

Fungsi paru-paru yang paling utama, yaitu sebagai alat pernapasan. Dalam hal ini, paru-paru berperan dalam membawa udara dan mengalirkannya ke dalam darah. Udara yang ada di dalam darah ini akan menyebar ke seluruh tubuh sehingga fungsi organ-organ di dalam tubuh bisa berjalan dengan optimal. Dalam hal ini, paru-paru memiliki tanggung jawab dalam memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari darah.  

  1. Pertukaran Oksigen dan Karbon Dioksida

Paru-paru berperan dalam pertukaran oksigen dan karbondioksida. Dalam hal ini, paru-paru menjadi tempat pertukaran oksigen dengan karbondioksida. Proses yang satu ini terjadi melalui ratusan juta alveoli. 

  1. Mengendalikan pH Darah

Fungsi paru-paru yang selanjutnya, yaitu dapat menjaga pH darah tetap normal. Apabila pH darah tidak normal maka dapat menyebabkan terganggunya kerja organ tubuh lainnya. Kerja Dalam hal ini, paru-paru yang berfungsi dengan baik dapat membuat pH darah menjadi normal atau berkisar antara 7,35 hingga 7,45. 

  1. Pelindung Infeksi

Paru-paru dapat bertindak sebagai siliaris eskalator atau pelindung dari berbagai infeksi yang masuk ke dalam tubuh melalui udara. Dalam hal ini, paru-paru akan mencegah masukkan berbagai zat asing masuk ke dalam tubuh dengan menangkapnya menggunakan lapisan lendir yang terletak pada permukaan mukosa saluran pernapasan. 

  1. Penampungan Darah

Fungsi paru-paru yang terakhir, yaitu sebagai penampung darah. Dalam hal ini,  paru-paru dapat menampung darah dalam jumlah tertentu yang disesuaikan dengan kondisi tubuh. Fungsi paru-paru ini berguna ketika Anda melakukan kegiatan fisik yang berat seperti berolahraga. Hal ini bertujuan untuk membantu jantung agar dapat bekerja dengan efisien. 

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi paru-paru dan anatominya. Mengingat fungsi paru-paru sangat penting, sebaiknya Anda menjaga kesehatannya mulai dari sekarang. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan bebas asap rokok, pola makan sehat, rajin berolahraga, dan masih banyak lainnya.

Apabila Anda mengalami gangguan pada pada paru-paru yang berlangsung lama bahkan hingga beberapa minggu, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari penyakit yang dialami sehingga penanganan yang diberikan bisa lebih tepat. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting untuk Diketahui, Seperti Ini Kondisi Paru-Paru Setelah COVID, dan Cara Memulihkannya

 

Sumber: 

1. Sampson, Stacy. 2018. What do the lungs do, and how do they function?

2. British Lung Foundation. About your lungs.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi