Bantuan
Free Tele x

Perbedaan Greek Yogurt dengan Yogurt Lainnya

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 02 Dec 2020

Bagikan

Mengenal Greek Yogurt, Jenis Yogurt yang Paling Sehat!

Greek yogurt merupakan salah satu jenis yogurt yang paling sehat. Yogurt merupakan sebuah bentuk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan berbagai kultur laktat seperti Streptococcus thermophiles, Lactobacillus delbrueckii, atau mikroba lainnya.

Produk ini dianggap memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan dan kesehatan secara umum. Kandungan probiotiknay dapat memberikan efek imun yang baik bagi tubuh untuk berbagai rentang usia.

European Food Safety Authority menyatakan bahwa produk ini dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh maldigesti laktosa.

Yogurt juga merupakan sumber protein, kalsium, iodin, dan vitamin B yang baik. Serta produk ini pun diketahui dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit kardiometabolik untuk anak-anak dan dewasa.

Kandungan Nutrisi Greek Yogurt

Dewasa ini, ditemukan banyak produk Yogurt dengan berbagai macam brandingnya. Greek Yogurt dikenal sebagai jenis Yogurt yang paling sehat dibandingkan dengan jenis lainnya.

Menurut penelitian dari Moore et al, Greek Yogurt dinyatakan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan jenis-jenis Yogurt lainnya.

Yogurt jenis ini memiliki kandungan protein yang paling tinggi (32.4% vs lainnya 10-20%) dan memiliki level karbohidrat yang jauh lebih rendah (34% vs lainnya 48-60%).

Yogurt jenis ini juga dinyatakan memiliki kandungan gula yang rendah yakni 5.0 g untuk setiap 100 g produk, dimana kebanyakan produk low-fat kebanyakan mengandung gula sebanyak 10-20 g per 100 g produk.

Walaupun terbukti akan khasiatnya, tidak semua masyarakat gemar untuk mengonsumsi Greek Yogurt. Yogurt jenis ini memiliki rasa yang asam yang kuat karena tidak diberikan tambahan gula maupun perasa lainnya.

Baca Juga: Alternatif Camilan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Lezat

Tidak Semua Yogurt Sama!

Diantara berbagai jenis produk Yogurt, Yogurt dengan tambahan rasa merupakan jenis Yogurt yang mengandung gula paling banyak. Selain itu, produk Yogurt yang dipromosikan untuk anak-anak juga memiliki kandungan gula yang tinggi.

Walaupun Yogurt memiliki branding sebagai produk yang sehat dan bergizi tinggi, tidak semua produk Yogurt memiliki khasiat yang sama untuk tubuh.

Yogurt yang dijual sebagai makanan penutup (dessert) memiliki kandungan protein yang rendah (10.8%) dan kandungan lemak yang tinggi (32.6%). Maka dari itu, sebelum membeli Yogurt, perlu diperhatikan kandungan-kandungan dari produk olahan susu tersebut.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Prebiotik Dan Probiotik Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan Manusia

Referensi

Moore JB, Horti A, Fielding BA. Evaluation of the nutrient content of yogurts: a comprehensive survey of yogurt products in the major UK supermarkets. Nutrition and metabolism Research. 8(8):e021387. doi:10.1136/bmjopen-2017-021387

Bagikan artikel ini