Ketahui Jenis Karbohidrat, Manfaat, serta Berbagai Sumber Makanannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Ketahui Jenis Karbohidrat, Manfaat, serta Berbagai Sumber Makanannya

Tahukah Anda bahwa ternyata ada berbagai macam jenis karbohidrat yang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh? Karbohidrat adalah salah satu gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam rangka menjalani kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini, karbohidrat berperan penting sebagai sumber utama dari energi yang digunakan dalam beraktivitas. 

Jenis Karbohidrat

Secara garis besar, terdapat 2 jenis karbohidrat yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Adapun kedua jenis karbohidrat ini disebut sebagai karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Mengetahui kedua jenis karbohidrat ini adalah penting agar Anda bisa lebih paham dan lebih selektif lagi dalam memilih jenis karbohidrat yang akan dikonsumsi ataupun yang perlu untuk dihindari.

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana pada umumnya dipahami sebagai jenis karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh dan dapat mengirimkan energi langsung dalam darah. Oleh karena itu, apabila Anda mengonsumsi jenis karbohidrat yang satu ini, Anda akan segera merasa lebih bertenaga. 

Meskipun begitu, Anda perlu mewaspadai lonjakan energi ini, karena biasanya tidak akan dapat bertahan dalam waktu lama dan justru akan membuat Anda cukup kewalahan setelahnya. Karena efeknya ini, karbohidrat sederhana disebut-sebut dapat sebabkan sugar rush. 

Jenis karbohidrat sederhana ini adalah gula. Gula itu sendiri terdiri dari 2 macam yakni gula alami yang biasanya dapat Anda temukan pada buah-buahan atau pada susu, dan juga gula tambahan yang biasanya digunakan untuk menambahkan rasa manis pada makanan. Dalam kaitannya dengan jenis gula ini, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi gula tambahan terlalu banyak, karena dikhawatirkan akan mampu mendatangkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Karbohidrat kompleks

Jenis karbohidrat berikutnya adalah karbohidrat kompleks, yang memiliki karakteristik yang tentu saja bertentangan dengan jenis karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks dalam hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk proses pencernaannya serta energi yang dihasilkannya pun lebih stabil untuk dilepaskan dalam darah. 

Dibandingkan dengan jenis karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks ini dianggap lebih baik untuk dikonsumsi, terutama oleh mereka yang merupakan penderita diabetes ataupun para pejuang diet untuk menurunkan berat badan yang diminta untuk menurunkan asupan karbohidrat sederhana dalam jumlah yang banyak.

Jenis karbohidrat kompleks itu sendiri dapat ditemukan pada dua jenis makanan yakni pati dan juga serat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai jenis karbohidrat kompleks tersebut.

  1. Serat

Anda mungkin sudah sering mendengar serat, yang merupakan zat dalam sayuran. Bahkan, serat dalam hal ini mungkin menjadi pendorong seseorang mengonsumsi sayuran. Namun sudahkah Anda mengetahui bahwa ternyata serat ini tidak dicerna oleh saluran pencernaan, melainkan hanya sekedar lewat saja di usus? Meskipun demikian, serat yang merupakan jenis karbohidrat kompleks ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat itu sendiri bisa Anda temukan dengan mudah dari buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang polong, kacang merah, dan kacang putih, serta kacang tanah, kacang almond, dan kacang kenari.

  1. Pati

Kepopuleran pati sebagai salah satu bahan makanan pokok mungkin sudah tidak asing lagi. Pati dalam hal ini adalah makanan yang termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks, yang mampu memberikan energi bagi tubuh Anda. Selain merupakan sumber karbohidrat yang baik, pati ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam, mulai dari kalsium, zat besi, hingga vitamin E, namun juga memiliki kalori dalam jumlah yang sedikit. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mendapatkan jenis karbohidrat kompleks ini dari makanan-makanan yang kaya akan pati seperti tanaman bertepung seperti jagung dan kentang, kacang kering, serta biji-bijian seperti beras dan gandum. 

Itulah pembahasan mengenai jenis karbohidrat, manfaatnya, serta sumber makanannya. Apapun preferensi Anda, selalu ingat bahwa mencukupi kebutuhan karbohidrat harian itu adalah penting. Meskipun karbohidrat sederhana terbilang memiliki efek yang sementara, namun Anda sebaiknya tidak serta-merta langsung menghilangkan jenis karbohidrat ini dari menu harian, karena dapat memicu terjadinya kekurangan kadar gula dalam darah yang nantinya akan berujung pada hipoglikemia.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenalan dengan Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sehat, Yuk!


Sumber:

American Diabetes Association. Types of Carbohydrates. 

Cleveland Clinic. Carbohydrates. 

Gunnars, Kris. 2020. Carbohydrates: Whole vs. Refined- Here’s the Difference.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi