Bantuan
Free Tele x

Jangan Dianggap Remeh, Ini Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Jangan Dianggap Remeh, Ini Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat, manfaat singkong sangatlah beragam dan baik bagi kesehatan. Meskipun begitu, bagi masyarakat Indonesia sendiri, konsumsi singkong sebagai makanan pokok masihlah belum begitu umum. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia masih lebih menyukai nasi sebagai makanan pokok utama. 

Dari artikel ini, Anda akan mengetahui ragam manfaat singkong bagi kesehatan, sehingga mungkin Anda akan mempertimbangkan konsumsi singkong sebagai pengganti nasi putih untuk sehari-hari. Nah, sebelum membahas manfaat singkong bagi kesehatan ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai kandungan nutrisi pada singkong.

Kandungan nutrisi singkong

Manfaat dari singkong bagi kesehatan sangatlah banyak. Manfaat-manfaat ini sejatinya datang dari kandungan nutrisi yang ada pada singkong itu sendiri. Kandungan nutrisi singkong dalam hal ini mampu mendatangkan dampak positif. Lantas apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam singkong itu sendiri?

Pada sekitar 100 gram singkong, Anda akan mendapatkan nutrisi seperti:

  • Energi 154 kalori

  • Air 61 gr

  • Karbohidrat 36,8 gr

  • Protein 1 gr

  • Serat 0,9 gr

  • Lemak 0,3 gr

  • Kalium 390 mg

  • Kalsium 77 mg

  • Vit C 31 mg

  • Fosfor 24 mg

 

Manfaat singkong bagi kesehatan

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat singkong bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena singkong merupakan sumber kalori yang tinggi sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang yang bertahan lama ini, akan mengurangi nafsu makan yang  berlebih. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengganti makanan pokok nasi menjadi singkong. 

  1. Mencegah sembelit

Manfaat singkong bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mencegah sembelit. Manfaat ini disebabkan singkong memiliki kandungan pati resisten yang tinggi. Pati resisten itu sendiri merupakan jenis serat yang tidak larut dan kaya akan selulosa. Serat inilah yang berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. 

  1. Mencegah diabetes

Singkong juga sangat bermanfaat dalam mencegah diabetes dan baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini karena singkong dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Kandungan serat yang dimiliki singkong dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Tidak hanya itu, kandungan serat ini juga bermanfaat dapat menurunkan kadar kolesterol dan obesitas. 

  1. Sumber energi

Dalam setiap 100 gram singkong terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 36,8 gram. Hal inilah yang membuat singkong menjadi salah satu makanan untuk menambah energi yang baik saat beraktivitas fisik berat. Aktivitas fisik akan mengurangi glikogen yang disimpan sebagai cadangan energi. Pada saat Anda mengonsumsi singkong, maka kandungan karbohidrat tersebut akan diubah menjadi glukosa dan diubah lagi menjadi glikogen. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Terdapat kandungan vitamin C yang cukup di dalam sebuah singkong. Hal inilah yang membuat singkong sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin C itu sendiri terkenal sebagai zat yang diperlukan dalam membentuk kolagen yang baik dalam mempertahankan kekenyalan kulit. 

  1. Menjaga fungsi jaringan tubuh

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beragam mineral dalam sebuah singkong, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan lain sebagainya. Nah, kandungan mineral inilah yang membantu menjaga fungsi jaringan tubuh. Sebagai contoh, kalsium dalam hal ini diperlukan untuk menyehatkan gigi dan tulang, kalium untuk membantu pemecahan karbohidrat, dan lain sebagainya. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan 

Ternyata daun singkong juga menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat di daun singkong yaitu vitamin C dan folat. Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk melawan bakteri dan virus. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. 

Nah, itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Perlu diperhatikan, ketika Anda mengonsumsi singkong pastikan telah mengupas kulitnya dan memasaknya terlebih dahulu. Jangan pernah mengonsumsi singkong dalam keadaan mentah, karena singkong mentah memiliki kandungan sianida alami. Akan tetapi, ketika Anda memasak singkong, maka kandungan ini menjadi tidak berbahaya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Elliott, Brianna. 2017. Cassava: Benefits and Dangers.

Bagikan artikel ini