Penyebab dan Tanda-tanda Anak Alami Gizi Buruk

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Penyebab dan Tanda-tanda Anak Alami Gizi Buruk

Gizi buruk adalah permasalahan kesehatan serius yang paling rentan terjadi pada balita maupun anak–anak. Balita dan dan anak–anak menjadi lebih rentan karena pemenuhan gizi dimulai dari sejak janin hingga berusia kurang lebih 2 tahun. Dalam hal ini, tentu saja orang tua mengambil peran yang sangat penting dalam pemenuhan gizi anak. Orang tua lah yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan nutrisi anak tersebut terpenuhi dengan baik atau tidak.

Bila mana asupan gizi anak tidak terpenuhi sesuai dengan kebutuhannya dan hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya gizi buruk pada anak tersebut. Sebagai orang tua yang memiliki anak, penting untuk mengedukasi diri tentang gizi buruk mulai dari penyebab dan tanda–tanda anak mengalami gizi buruk. 

Baca Juga: Mari Kita Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Menjadi Pedoman Gizi Seimbang

Penyebab Anak Alami Gizi Buruk

Penyebab anak mengalami gizi buruk, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Lalu apa saja penyebab tersebut? Berikut adalah beberapa penyebab anak alami gizi buruk yang perlu Anda ketahui. 

  1. Tidak adanya pengetahuan orang tua mengenai gizi buruk

Penyebab anak mengalami gizi buruk yang pertama, yaitu tidak adanya pengetahuan orang tua mengenai gizi buruk. Hal ini mempengaruhi makanan yang dikonsumsi serta pola hidup anak tersebut. Oleh karena itu, orang tua harus memiliki pengetahuan tentu akan menjaga pola makan dan pola hidup anaknya.

  1. Keadaan sosial ekonomi yang rendah

Penyebab anak mengalami gizi buruk yang selanjutnya dikarenakan keadaan sosial ekonomi yang rendah atau berada dibawah garis kemiskinan. Biasanya karena kondisi ini, maka orang tua tidak mampu memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anaknya. Oleh karena itu, kondisi ekonomi rendah cenderung meningkatkan risiko gizi buruk. 

  1. Kondisi kebersihan lingkungan yang buruk

Penyebab lainnya juga dipicu oleh kondisi kebersihan lingkungan yang buruk. Kondisi lingkungan menentukan bagaimana kondisi masyarakatnya. Jika kebersihan lingkungan sudah tidak terjaga maka hal tersebut dapat mengundang berbagai penyakit.

  1. Menderita penyakit tertentu

Penyebab gizi buruk pada anak yang terakhir yaitu bayi atau anak yang menderita penyakit tertentu biasanya akan mengalami perlambatan tumbuh kembang. Apabila hal ini jika dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan gizi buruk pada anak.

Baca Juga: Murah dan Mudah Didapatkan, Ini Dia Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaatnya

Tanda-Tanda Anak Alami Gizi Buruk 

Setelah mengetahui penyebab gizi buruk pada anak, Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda anak mengalami gizi buruk. Berikut adalah tanda - tanda anak alami gizi buruk. 

  1. Pertumbuhan yang lambat

Tanda–tanda seorang anak mengalami gizi buruk yang pertama, yaitu mengalami partumbuhannya yang lambat apabila dibandingkan  dengan anak–anak seusianya. Biasanya keterlambatannya sangat terlihat jelas dan jauh dari anak– anak seusianya. 

  1. Kurang nafsu makan

Kurang nafsu makan adalah masalah yang sering terjadi pada anak–anak. Biasanya mereka kurang menyukai sayuran dan buahan namun menyukai makanan lainnya yang rasanya lebih menarik bagi mereka. Jika anak Anda kurang nafsu makan cobalah untuk mengganti menu makanan yang anak sukai.

  1. Terlihat lebih lesu

Anak yang kurang gizi biasanya terlihat lebih lesu dan tidak bersemangat dalam kesehariannya. Hal ini juga bisa menjadi satu tanda bahwa anak sedang dalam kondisi kurang baik atau sakit. Biasanya juga anak akan kurang merespon dalam berinteraksi.

  1. Kulit dan rambut tampak kering

Tanda–tanda lainnya juga bisa dilihat dari kondisi kulit dan rambut yang tampak kering dan tidak sehat. Rambut yang kering biasanya mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok. Namun, bukan berarti kulit dan rambut kering juga berarti anak kurang gizi. Sebaiknya periksakan ke dokter agar tidak berasumsi sendiri.

  1. Berat badan yang tidak bertambah sesuai dengan usia

Berat badan juga bisa menggambarkan tumbuh kembang serta baiknya asupan gizi anak atau tidak. Anak yang kurang gizi biasanya memiliki berat badan yang sangat kurang dan sangat berbeda dengan anak kecil seusianya. 

Penyebab dan tanda–tanda anak mengalami gizi buruk tentu saja berbeda–beda pada setiap anak, tergantung kondisi tubuh masing–masing. Jika salah satu tanda kurang gizi terlihat pada anak Anda, segera periksakan ke dokter agar dapat segera diberi penangan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Nutrisi & Gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Diarrheal disease as a cause of malnutrition. 1992. 
  2. Muller. O., Krawinkel. M .Malnutrition and health in developing countries. 2005
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Nutrisi & Gizi sekarang!

Pesan Konsultasi