Bantuan
Free Tele x

Berat Badan Tak Kunjung Naik? Berikut Ini Makanan yang Bikin Gemuk untuk Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Berat Badan Tak Kunjung Naik? Berikut Ini Makanan yang Bikin Gemuk untuk Dikonsumsi

Bagi mereka yang sedang berusaha untuk menambah bobot tubuh, makanan yang bikin gemuk adalah suatu hal yang penting. Meskipun begitu, tidak semua makanan yang bikin gemuk itu terbilang sehat. Sebagian besar dari jenis makanan ini merupakan makanan-makanan dengan kandungan lemak trans yang cukup tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan. 

Nah dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata ada banyak alternatif makanan yang bikin gemuk yang lebih sehat dan bernutrisi. Nah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa diantaranya yang dapat Anda konsumsi. 

  1. Daging merah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang bikin gemuk yang bisa Anda konsumsi. Hal ini karena daging merah memiliki banyak kalori yang bisa meningkatkan berat badan. Tidak hanya itu, daging merah juga memiliki banyak kandungan protein dan asam amino yang berguna untuk  mengubah jaringan otot. Anda bisa mengkonsumsi daging merah dengan cara mengolahnya menjadi steak yang ditemani sayur atau kentang goreng. 

  1. Yogurt

Makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menaikkan berat badan selanjutnya yaitu yogurt. Yogurt ini sangat membantu Anda dalam mendapatkan tambahan kalori harian. Untuk menaikkan berat badan, sebaiknya Anda memilih yogurt dengan kandungan lemak penuh. Selain itu, saat Anda mengkonsumsi segelas yogurt, sebaiknya ditemani oleh buah-buahan, kacang-kacangan atau madu. 

  1. Kacang

Apabila Anda mencari sumber protein yang baik untuk meningkatkan berat badan, maka kacang bisa menjadi jawabannya. Hal ini karena kacang merupakan sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, kacang juga memiliki kandungan lain seperti, vitamin E, serat, asam lemak omega-3 dan juga kalori yang cukup banyak. Dalam setiap 100  gram kacang almond terdapat 571 kalori, 21 gram protein dan 49 gram lemak. 

  1. Alpukat

Alternatif buah yang bikin gemuk dan sehat yang dapat Anda konsumsi adalah alpukat. Buah yang menjadi favorit banyak orang ini adalah salah satu buah dengan kandungan lemak baik yang cukup tinggi. Karena itulah, kandungan kalori dalam alpukat terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 168 kalori untuk setiap 100 gramnya, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang ingin menambah berat badan. 

  1. Buah kering

Buah kering seperti kismis sangat cocok untuk dijadikan cemilan atau tambahan makanan agar dapat menaikkan berat badan. Buah kering memiliki kalori yang jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan buah segar. Dalam segelas buah kering terdapat  5 hingga 7 kalori dibandingkan segelas buah segar. Tidak hanya kandungan kalori yang banyak, buah kering juga memiliki kandungan antioksidan, mineral dan vitamin.

  1. Kentang

Banyak para pejuang diet yang ingin menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi kentang sebagai makanan utama. Hal ini tentu tidak ada salahnya, namun kentang sejatinya lebih cocok bagi mereka yang sedang ingin menambah berat badan. Kentang dalam hal ini merupakan jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karena inilah, kentang termasuk sebagai jenis bahan makanan pokok dan bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah berat badan. 

  1. Telur 

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat familiar dan mudah didapatkan. Akan tetapi, telur sangat cocok dijadikan makanan yang bikin gemuk. Hal ini karena, telur merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi dan lemak yang sangat sehat untuk tubuh. Apabila Anda ingin menaikkan berat badan, sebaiknya konsumsi telur secara utuh baik kuningnya ataupun bagian putihnya. 

  1. Dark chocolate

Kabar baiknya, dark chocolate sebagai salah satu jenis coklat yang cukup populer, dapat dikonsumsi pula oleh Anda yang sedang berjuang menambah berat badan. Dalam hal ini, setiap 1 ons dari dark chocolate mengandung sekitar 155 kalori. Tidak hanya itu saja, dark chocolate juga memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh masing-masing sebanyak 5 dan 4 gram. 

Itulah dia beberapa rekomendasi makanan yang bikin gemuk untuk Anda yang tengah berjuang menaikkan berat badan. Tips yang dapat Anda ambil selama proses penambahan berat badan ini adalah tetap berolahraga secara rutin, agar makanan yang dikonsumsi tidak menumpuk menjadi lemak.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Tinggi Protein Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Lho!


Sumber:

Mawer, Rudy, 2020. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast. 

Fletcher, Jenna. 2020. How do you gain weight quickly and safely?.

Bagikan artikel ini