Bantuan
Free Tele x

Mari Kita Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Menjadi Pedoman Gizi Seimbang

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Slogan makanan sehat 4 sehat 5 sempurna yang dulunya sering kita dengar dan dikampanyekan oleh pemerintah kini sudah tidak dianjurkan lagi. Pedoman terbaru dari pemerintah adalah Pedoman Gizi Seimbang. Pedoman Gizi Seimbang memiliki 4 pilar penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.

Menu 4 sehat 5 sempurna tentunya sudah tidak asing didengar oleh masyarakat Indonesia. Slogan ini memberitahukan mengenai porsi makanan yang terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan, serta susu. Slogan ini mulai dikenalkan oleh pemerintah pada tahun 1952

Akan tetapi, istilah tersebut sudah tidak mencukupi kebutuhan perkembangan dan gizi manusia masa kini. Oleh karena itu, pemerintah mengubah prinsip dan menu makan pagi, siang, dan malam 4 sehat 5 sempurna menjadi Pedoman Gizi Seimbang.

4 Prinsip Pedoman Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang memiliki 4 pilar prinsip yang perlu dijalankan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Berikut merupakan pilar-pilar prinsip Pedoman Gizi Seimbang.

  1. Mengonsumsi beragam makanan

Tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan. Misalnya, ikan tinggi protein tetapi sedikit serat, sedangkan buah-buahan dan sayuran tinggi serat, dan vitamin serta mineral sangat penting namun mengandung sedikit protein dan lemak.

Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi gizi seimbang yang mengandung makronutrien (karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik) serta mikronutrien (vitamin dan mineral).

Setelah itu, perlu juga mempertimbangkan jumlah makanan dan jadwal makan yang teratur. Dianjurkan untuk hanya minum ASI, terutama untuk bayi baru lahir di bawah usia 6 bulan.

  1. Terapkan gaya hidup bersih

Membiasakan gaya hidup bersih dapat membantu mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit. Hal ini penting karena semakin sering penyakit terjadi, semakin sulit memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Contoh pola hidup bersih adalah dengan selalu menggunakan sepatu saat keluar rumah, menutupi makanan untuk mencegah lalat, dan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali makan atau setelah buang air besar atau buang air kecil.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas yang aktif dan olahraga teratur dapat membantu mengontrol berat badan. Banyak pula manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga, antara lain mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kekuatan otot, serta menjaga daya ingat dan kesehatan otak.

Aktivitas fisik tergolong cukup jika Anda melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Latihan fisik yang bisa Anda lakukan antara lain berlari, jogging, bermain bola, berenang, senam, atau bersepeda.

4. Pantau dan pertahankan berat badan ideal Anda

Terus pantau berat badan Anda dan pertahankan indeks massa tubuh (BMI) Anda dalam batas normal. BMI adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan.

Nilai BMI yang tinggi menunjukkan kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas dan perlu diturunkan. Di sisi lain, jika indeks massa tubuh Anda di bawah normal, itu berarti kekurangan kalori dan asupan protein sehingga harus ditingkatkan. Kedua kondisi tersebut berdampak buruk bagi tubuh dan dapat memicu berbagai penyakit.

10 Pesan umum dari Pedoman Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang berisi 10 pesan umum tentang gizi seimbang untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda, termasuk:

·         Bersyukurlah dan nikmati beragam makanan.

·         Makan banyak sayur dan buah.

·         Biasakan lauk berprotein tinggi.

·         Biasakan diri dengan variasi makanan.

·         Batasi asupan makanan manis, asin, dan berminyak.

·         Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.

·         Cuci tangan Anda dengan sabun di bawah air mengalir.

·         Biasakan sarapan pada pagi hari.

·         Biasakan minum air yang bersih dan cukup.

·         Biasakan membaca label pada kemasan makanan.

Nutrisi lengkap sangat penting untuk kesehatan fisik Anda. Namun, gaya hidup bersih, aktif, dan terkontrol juga penting untuk menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Karena itulah pedoman gizi seimbang ini harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sekarang mari kita praktekkan pedoman gizi seimbang sebagai pengganti dari pedoman diet 4 sehat 5 sempurna. Jika Anda masih berjuang dengan penurunan atau kenaikan berat badan yang ideal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Referensi

1.     Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang [Internet]. Alodokter. 2017 [cited 2021 Feb 4]. Available from: https://www.alodokter.com/ganti-makanan-4-sehat-5-sempurna-dengan-pedoman-gizi-seimbang

2.     Apa saja sepuluh pedoman gizi seimbang? [Internet]. Direktorat P2PTM. [cited 2021 Feb 4]. Available from: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang

Bagikan artikel ini