Bantuan
Free Tele x

Pentingnya Mengetahui Kebutuhan Minum Bayi berdasarkan Berat Badan!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Pentingnya Mengetahui Kebutuhan Minum Bayi berdasarkan Berat Badan!

Tahukah Anda bahwa terdapat anjuran kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan. Umumnya bayi akan makan ketika mereka merasa lapar dan berhenti saat sudah merasa kenyang. Penting untuk Anda memperhatikan isyarat bayi yang lapar, dan menahan rasa ingin bayi untuk menghabiskan minumnya. Nah, tenyata terdapat kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan, tak hanya itu ada juga kebutuhan minum berdasarkan usia. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membaca tulisan ini :

  1. Apabila bayi mendapatkan kombinasi ASI dan susu formula, maka bicarakan dengan dokter ahli untuk mendapatkan saran.

  2. Pedoman ini diperuntukkan untuk bayi yang diberi susu formula secara ekslusif selama 4 sampai 6 bulan pertama. Kemudian, akan diberi kombinasi susu formula dan makanan padat sampai bayi berusia 1 tahun.

  3. Dokter Anda akan memberi tahu dimana letak bayi pada grafik pertumbuhan. Ia akan membantu memastikan bayi tumbuh dengan stabil dan mendapatkan jumlah susu formula yang sehat. Anda dapat membicarakan dengan dokter, bila merasa khawatir bayi mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit susu formula.

Kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan dimana selama 4 hingga 6 bulan pertama, saat bayi tidak mengonsumsi makanan padat. Maka, Anda dapat menawarkan 2,5 ons susu formula per 0,5 kg berat badan bayi setiap harinya. Setiap harinya Anda dapat memberikan maksimum 32 ons. Misalnya jika berat badan bayi 3 kg maka anda dapat memberikan 15 ons susu formula dalam waktu 24 jam. Bila berat badan bayi 5 kg maka Anda dapat memberikan 25 ons per harinya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa angka-angka ini bukanlah aturan yang kaku. Dimana mungkin diperlukan perkiraan kasar berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh bayi. Beberapa bayi akan tumbuh dengan baik jika mengonsumsi susu formula kurang dari yang disarankan, sedangkan bayi lainnya secara konsisten membutuhkan lebih banyak dari yang disarankan. Kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan juga dipengaruhi oleh pemberian makan harian bayi yang juga sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Atau dapat dikatakan bahwa bayi akan membutuhkan sedikit lebih daripada hari sebelumnya, dan lebih sedikit daripada hari sebelumnya. 

 

Baca Juga: Berat Badan Ideal pada Balita

 

Selain kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan, usia juga menjadi pertimbangan Anda untuk memberikan seberapa susu formula yang akan diberikan kepada bayi. Seiring dengan bertambahnya usia bayi dan perut yang juga semakin besar, maka bayi akan minum lebih banyak susu formula. Sangat penting untuk Anda ketahui untuk tidak memberi makan bayi secara berlebihan, agar bayi tetap memiliki berat badan yang sehat. Berikut saran kebutuhan minum bayi berdasarkan usia :

  1. Minggu pertama, berikan susu formula berdasarkan permintaan. Biasanya bayi baru akan minum setiap 2 sampai 3 jam, untuk satu sampai dua hari pertama, mungkin hanya minum setengah ons.

  2. Minggu 2, berikan 2 sampai 3 ons setiap kali menyusui

  3. Minggu 2 sampai 4, berikan 4 ons setiap tiga sampai empat jam

  4. 1 bulan, berikan setidaknya 4 ons setiap tiga sampai empat jam

  5. 2 bulan, berikan 4 sampai 5 ons setiap tiga sampai empat jam

  6. 4 bulan, berikan 4 sampai 6 ons setiap tiga sampai empat jam dengan rentang waktu lebih panjang di malam hari

  7. 6 bulan, berikan 6 sampai 8 ons setiap empat jam sampai lima jam, dengan rentan waktu lebih lama dimalam hari, terutama jika bayi tidur sepanjang malam. 

Baik kebutuhan minum bayi berdasarkan berat badan atau berdasarkan usia, sama-sama penting untuk Anda ketahui. Apabila Anda merasa cemas bayi mendapatkan lebih sedikit atau lebih banyak susu formula, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dimana dokter akan membantu dalam memeriksa berat badan dan pertumbuhan bayi, memberikan nasihat bagaimana penyesuaian yang perlu Anda lakukan, dan memberi tahu apakah asupan yang bayi terima sesuai dengan berat badan dan usianya. Di masa pandemi ini, untuk menghindari ke luar rumah, maka Anda dapat berkonsultasi melalui daring. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Hei Bunda, Ini Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk yang Perlu Anda Ketahui

 

Referensi :

https://www.babycenter.com/baby/formula-feeding/how-much-formula-your-baby-needs_9136

Tag :
Bagikan artikel ini