Hei Bunda, Ini Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Hei Bunda, Ini Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk yang Perlu Anda Ketahui

Sejak kelahiran si kecil, pasti banyak dari Anda yang mempertanyakan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cepat gemuk. Memberikan yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembang bayi memang merupakan prioritas setiap orang tua. Nah, sebagai upaya mendukung hal itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin yang dibutuhkan. 

Lantas apa saja asupan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk tersebut? Simak terus jawabannya pada pembahasan mengenai vitamin untuk ibu menyusui berikut ini. 


Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk

  1. Vitamin D

Vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk pertama yaitu vitamin D yang berfungsi dalam memperkuat tulang dan mencegah terjadinya penyakit rakitis. Selain itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa vitamin D dapat meningkatkan berat badan. Bagi bunda yang ingin bayinya gemuk, bisa mendapatkan vitamin D dari ikan, telur atau susu.

  1. Vitamin C

Vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk yang selanjutnya yaitu vitamin C. vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan ibu serta melancarkan ASI. Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah-buahan seperti, jambu biji, lemon, jeruk. Akan tetapi, Anda tidak memberikan terlalu banyak pada bayi karena pencernaannya masih berkembang. Jadi, sebaiknya Anda yang mengonsumsinya agar memperbanyak ASI. 

  1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang bisa Anda konsumsi agar bayi gemuk yang selanjutnya. Vitamin A selain dapat menjaga kesehatan mata, ternyata juga dapat meningkatkan berat badan bayi. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari labu, wortel atau ketela. Jadi, Anda bisa menggunakan makanan yang mengandung vitamin A sebagai makan pendamping ASI. 

  1. Vitamin E

Vitamin E juga dapat digunakan untuk ibu menyusui agar bayi gemuk. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E yaitu tomat, alpukat, dan sayuran lainnya. Jadi, bunda bisa mengonsumsi makanan tersebut dan nantinya akan disalurkan ke bayi melalui ASI. 

  1. Vitamin B6

Vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk yang terakhir yaitu vitamin B6. Dalam hal ini, vitamin B6 dapat meningkatkan kesehatan rambut, hati, dan mata serta mampu mengubah karbohidrat menjadi energi yang diperlukan bayi. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah di puting ibu menyusui. 


Baca Juga: Puasa bagi Ibu Menyusui


Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dan Sehat

Selain memenuhi kebutuhan asupan vitamin sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat si kecil cepat gemuk dan tentunya sehat. Adapun beberapa tips untuk itu adalah sebagai berikut. 

  • Memberikan ASI eksklusif

Pemberian ASI eksklusif merupakan suatu kewajiban untuk Anda yang ingin agar si kecil dapat tumbuh dengan sehat. ASI sebagai sumber makanan alami dari ibu akan membuat kesehatan bayi semakin baik. Memberikan ASI eksklusif dalam hal ini berarti Anda memberikan ASI saja kepada si kecil tanpa tambahan lainnya, selama beberapa bulan pertamanya. 

  • Memberikan makanan bernutrisi

Memenuhi kebutuhan makanan bernutrisi juga merupakan hal lainnya yang dapat membuat bayi cepat gemuk dan tumbuh sehat. Apabila Anda tengah menjalani pemberian ASI eksklusif, maka makanan bernutrisi ini dapat Anda santap, agar kandungan ASI menjadi lebih kaya nutrisi. 

  • Tidak melupakan MPASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) tidak dapat diberikan secara sembarangan. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan bernutrisi cocok untuk dijadikan MPASI. Adapun beberapa bahan makanan yang bisa Anda berikan sebagai MPASI pada bayi agar cepat gemuk dan sehat adalah pisang, alpukat, brokoli, wortel, ikan salmon dan tuna, serta dada ayam.

  • Beristirahat dengan cukup

Agar bayi cepat gemuk dan sehat, Anda perlu menjaga pola istirahat si kecil agar cukup dan tidak berlebihan atau kekurangan. Adapun lama waktu istirahat bayi dalam hal ini berkisar di antara 16 sampai 18 jam setiap harinya. Apabila waktu ini terganggu, si kecil akan susah makan sehingga membuat berat badannya menurun. 

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cepat gemuk dan sehat. Terus jaga kesehatan bayi dengan memperhatikan kebersihan tempat tidur dan lingkungannya, agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Lindberg, Sara. 2020. Boosting Immunity While Breastfeeding: Vitamins and Their Safety. 

Lewis, Rhona. 2020. How to Increase Your Baby’s Weight. 

McCarthy, Claire. 2020. 6 ways to help keep your baby at a healthy weight.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi