Bantuan
Bantuan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Feb 2022

Bagikan

Manfaat daun ketapang

Manfaat daun ketapang yang cukup beragam, telah menjadikannya sebagai salah satu hal yang banyak dicari. Dalam hal ini, ketapang dianggap mampu menurunkan kadar pH air, sehingga cocok untuk digunakan pada akuarium. Penggunaan daun ketapang untuk ini dimaksudkan agar hewan peliharaan dapat hidup dengan nyaman dengan kadar air yang seimbang.

Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa ternyata daun ketapang memiliki manfaat yang melimpah pula untuk kesehatan tubuh? Hal ini benar adanya. Daun ketapang yang memiliki kandungan nutrisi beragam, mampu mengurangi gejala dari kondisi tertentu dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Overview Daun Ketapang

Pohon ketapang mulanya ditemukan di daerah Kamboja, India, Laos, Thailand, Vietnam, bahkan hingga di Jepang dan Australia. Karena khasiatnya sudah banyak terdengar, tanaman yang satu ini pun mulai menyebar ke berbagai negara hingga pada akhirnya ke Indonesia. 

Daun ketapang sendiri hadir dalam ukuran sedang hingga besar dan biasanya memiliki lebar sebesar 24 cm. Daun ketapang ini pada umumnya berwarna hijau tua, tampak mengilap, dan bertekstur cenderung kasar. Pada musim gugur, daun ketapang ini akan berubah menjadi warna kuning atau merah kecoklatan. 

Kandungan Nutrisi dalam Daun Ketapang

Memiliki nama latin Terminalia catappa, daun yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi ini di antaranya adalah flavonoid, tannin, alkaloid hingga asam lemak, yang memiliki sifat antiradang. Kandungan tersebut cukup terkenal dalam melawan berbagai jenis penyakit yang dapat mengancam tubuh. 

Potensi Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, tentu tidak mengherankan bila daun ketapang ini memiliki potensi manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat daun ketapang bagi kesehatan tubuh di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Mengatasi nyeri haid

Manfaat ketapang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu mampu mengatasi nyeri saat haid. Nyeri saat haid ini bisa terjadi karena kontraksi rahim yang terlalu kuat sehingga dapat memotong pasokan oksigen ke beberapa otot. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan daun ketapan. Caranya, yaitu dengan merebus daun ketapan lalu meminum air rebusan tersebut. 

  1. Membantu perkembangan janin

Daun ketapang memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu perkembangan otak janin. Asam folat itu sendiri merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil untuk menunjang pertumbuhan janin. Akan tetapi, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun ketapang.

  1. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya dari daun ketapan bagi kesehatan, yaitu mencegah kanker. Manfaat ini berasal dari sifat antikarsinogenik yang dimiliki daun ketapang. Antikarsinogenetik dipercaya dapat menurunkan kemungkinan terbentuknya sel-sel kanker. Bahkan ekstrak daun ketapang dipercaya mampu menekan pertumbuhan kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus ditemukan bahwa terjadi penurunan tumor sebanyak 2,6 kali setelah diberi ramuan daun ketapang. 

  1. Mencegah diabetes

Salah satu manfaat daun ketapang bagi kesehatan tubuh yang tidak bisa dilewatkan adalah manfaatnya dalam mencegah diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak daun ketapang segar disebut-sebut bisa melawan efek negatif dari diabetes. Efek dari daun ketapang ini dapat dirasakan secara maksimum setelah 15 hari waktu pengobatan. 

  1. Menyembuhkan sariawan

Sariawan merupakan suatu kondisi yang membuat banyak orang terganggu karena dapat mempersulit aktivitas seperti makan hingga berbicara. Sariawan sendiri sejatinya disebabkan oleh infeksi jamur Canadida albicans yang dapat tumbuh dengan cepat dan menginfeksi area mulut. Nah, dalam rangka mengatasi sariawan ini, Anda bisa menggunakan daun ketapang. Manfaat daun ketapang ini hadir berkat kandungan antiseptik di dalamnya yang efektif dalam penyembuhan luka. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun ketapang serta kandungan nutrisinya yang tidak bisa dilewatkan. Walaupun manfaatnya terdengar cukup menjanjikan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daun ketapang ini secara sembarangan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai cara konsumsi daun ketapang yang baik dan benar. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Baca juga: Sering Dijadikan Sebagai Pengharum Makanan, Ini Berbagai Manfaat Daun Pandan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Herbpathy. Terminalia Catappa Herb Uses, Benefits, Cures, Side Effects, Nutrients. https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Terminalia-Catappa-Cid5197

Thongtham, Normita. 2013. Tree of life: Leaves help good health take root. https://www.bangkokpost.com/life/social-and-lifestyle/358716/tree-of-life-leaves-help-good-health-take-root

Beast Health. 2021. Not many know, these are 5 health benefits of Ketapang leaves. https://beasthealth.xyz/2021/02/24/not-many-know-these-are-5-health-benefits-of-ketapang-leaves/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang