Bantuan
Bantuan

Jangan Asal Makan, Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Tinggi Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Jangan Asal Makan, Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Tinggi Berikut ini

Menghindari makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi merupakan salah hal yang dapat dilakukan oleh penderita asam urat agar tidak kambuh. Penyakit asam urat itu sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada sendi yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Salah satu penyebabnya yaitu makanan dan minuman yang  Anda konsumsi. 

Makan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat yang tinggi merupakan makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Purin itu sendiri merupakan zat yang dapat menciptakan asam urat. Normalnya, asam urat akan diproses oleh ginjal dan dikeluarkan melalui air seni. Akan tetapi, kadar asam urat yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi ginjal dalam mengeluarkan asam urat. 

Oleh karena itu, menghindari makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi merupakan hal penting untuk dilakukan. Lantas, apa saja makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya

Makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi 

  1. Makanan laut

Makanan penyebab asam urat tinggi yang perlu Anda waspadai pertama, yaitu makanan laut. Beberapa makanan laut yang perlu Anda hindari yaitu udang, teri, kerang, ikan sarden, dan herring. Diantara semua itu, ikan teri lah yang paling berisiko menyebabkan asam urat karena mengandung purin yang paling tinggi. Pada setiap 100 gram ikan teri terdapat kandungan purin sebanyak 1.108,6 mg. 

  1. Jeroan

Selain makanan laut, jeroan juga perlu Anda hindari agar tidak menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh. Mungkin diantara Anda banyak yang menyukai jeroan, seperti jantung, ampela atau hati, usus, dan paru, tetapi makanan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam 100 gram hati ayam terdapat kandungan purin sebanyak 312, 2 mg dan termasuk ke dalam makanan dengan purin yang sangat tinggi. 

  1. Daging 

Makanan penyebab asam urat tinggi yang selanjutnya, yaitu daging merah seperti kambing, sapi, domba, dan daging putih seperti angsa serta kalkun. Makanan-makanan tersebut termasuk ke dalam kategori makanan dengan kandungan purin yang sedang. Maksud dari kategori sedang, yaitu makanan dengan kandungan purin di atas 100 mg per 100 gram daging merah. 

  1. Daging olahan

Tidak hanya daging segar, daging olahan juga perlu Anda hindari kerena dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat. Beberapa daging olahan yang mengandung banyak purin, yaitu salami. Dalam setiap 100 gram salami terdapat kandungan purin sebanyak 120,4 mg. Tidak hanya itu, daging olahan juga memiliki kandungan lemak yang  dapat menyebabkan obesitas sehingga menghasilkan insulin lebih banyak. Pada akhirnya insulin tersebut akan menggangu fungsi ginjal dalam membuat asam urat. 

  1. Minuman alkohol

Tidak hanya makanan, minuman ternyata juga dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh meningkat. Salah satunya minuman yang perlu Anda hindari, yaitu minuman beralkohol. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah besar akan meningkatkan risiko asam urat. Selain itu, ditemukan juga bahwa alkohol memiliki kandungan purin, namun tidak setinggi makanan. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengeluarkan asam urat. 

  1. Minuman manis

Minuman manis seperti soda dan jus merupakan minuman yang perlu Anda hindari agar tidak terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Pada dasarnya, minuman manis tidak memiliki purin yang memicu asam urat. Akan tetapi, minuman manis memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Namun, fruktosa tersebut akan dipecah oleh tubuh dan menghasilkan purin. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua porsi soda setiap hari mengalami peningkatan asam urat hingga 85%. 

Demikianlah beberapa makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi yang perlu Anda hindari. Selain menghindari makanan penyebab asam urat tinggi, Anda juga bisa melakukan hal lainnya untuk mencegah asam urat kambuh. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu memperbanyak konsumsi air dan memperbanyak aktivitas fisik. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mari Mengenal Seluk Beluk Asam Urat Normal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal

 

Sumber:

Harbolic, Betty Kovacs. 2017. What Are Foods that Cause Gout to Flare up?

WebMD. 2020. Foods High in Purines.

Bagikan artikel ini