Bantuan
Free Tele x

Penggunaan Vaksin Kombo pada Anak: Amankah?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 03 Nov 2020

Bagikan

Apakah Penggunaan Vaksin Kombo Aman Diberikan Pada Anak?

Salah satu terobosan mengingat banyaknya vaksin yang perlu diberikan pada anak dalam waktu sesegera mungkin adalah vaksin gabungan atau vaksin kombo.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak secara aktif.

Vaksin yang terbuat dari virus yang mati atau dilemahkan memiliki komponen bernama antigen yang dapat mengaktifkan sistem imun pada anak.

Vaksin diupayakan untuk diberikan sedini mungkin karena anak-anak pada usia tersebut rentan terinfeksi dan dapat berakibat fatal. Beberapa vaksin yang diberikan pada anak antara lain DPT, BCG, MMR, dan polio.

Akan tetapi, vaksin kombo seringkali menimbulkan keraguan pada orang tua. Lantas, amankah vaksin kombo?

Bagaimana Efektivitasnya?

Vaksin kombo merupakan jawaban dari semakin banyaknya vaksin yang perlu diberikan pada anak. Jika diberikan secara terpisah, anak akan menerima suntikan lebih banyak. Hal ini nampaknya tidak efektif dan efisien bagi orang tua maupun anak.

Akhirnya, terciptalah berbagai vaksin kombo seperti vaksin DPT (difteri-pertusis-tetanus) dan MMR (campak rubella), bahkan terkadang anak menerima suntikan vaksin kombo yang berbeda di daerah tubuh yang berbeda dalam satu waktu.

Orang tua tak lagi perlu cemas memberikan vaksin kombo pada anak. Mengenai efektifitasnya, vaksin kombo telah diuji keefektifannya dan studi membuktikan bahwa vaksin kombo sama efektif dengan vaksin tunggal.

Baca Juga: Anak Rewel Setelah Imunisasi? Ini Penyebab serta Cara Mengatasinya

Orang tua juga tak perlu mengkhawatirkan sistem imun anak karena dalam sehari-hari, anak terpapar berbagai kuman dan antigen, baik melalui makanan, proses bermain (misalnya dengan memasukan tangan ke mulut), maupun kuman normal yang terdapat pada mulut dan hidung.

Jumlah ‘kuman’ yang terdapat pada vaksin terbilang kecil dibandingkan dengan hal tersebut. Efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin kombo juga tak jauh berbeda dengan vaksin tunggal, bahkan dapat dikatakan sama.

Vaksin kombo mungkin menyebabkan rasa sakit dan bengkak yang lebih besar pada titik penyuntikan, namun anak-anak yang mendapatkan vaksin tunggal akan merasakan sakit tak hanya pada satu titik. Efek samping yang ditimbulkan juga biasanya dapat diatasi oleh dokter.

Apabila dibandingkan dengan vaksin tunggal, vaksin kombo memiliki beberapa kelebihan untuk anak dan orang tua. Bagi anak, vaksin kombo dapat mengurangi jumlah penyuntikan sehingga dapat meminimalisasi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Selain itu, beberapa vaksin yang diberikan dalam satu waktu memperkecil kemungkinan pemberian vaksin terlambat. Bagi orang tua, vaksin kombo mengurangi waktu berkunjung ke dokter sehingga lebih efisien dari segi biaya, menghindari lupa, dan meningkatkan efektivitas waktu.

Vaksin kombo menawarkan banyak kelebihan. Selain itu, vaksin kombo telah melewati berbagai studi dan uji sehingga orang tua tak perlu khawatir memberikan vaksin kombo untuk anak.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Vaksin Online Dan Persiapannya

 

Referensi:

1. Combination vaccines [internet]. CDC: [updated 2019 Aug 1, cited 2020 Jul 2]. Available from: https://www.cdc.gov/vaccines/parents/why-vaccinate/combination-vaccines.html

2. Six common misconceptions about immunization. WHO: [cited 2020 Jul 2]. Available from: https://www.who.int/vaccine_safety/initiative/detection/immunization_misconceptions/en/index6.html

3. Limbong ST. Mengenal vaksin kombo, vaksin gabungan untuk anak [internet]. Klik Dokter: 2019 Jul 23 [cited 2020 Jul 2]. Available from: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630431/mengenal-vaksin-kombo-vaksin-gabungan-untuk-anak

4. Multiple vaccines and the immune system [internet]. CDC: [cited 2020 Jul 2]. Available from: https://www.cdc.gov/vaccinesafety/concerns/multiple-vaccines-immunity.html

5. Combination vaccines and multiple vaccinations [internet]. Vaccine knowledge project: [updated 2018 Mar 26, cited 2020 Jul 2]. Available from: https://vk.ovg.ox.ac.uk/vk/combination-vaccines-and-multiple-vaccinations

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami