Bantuan
Free Tele x

Manfaat Permainan Ternyata Penting untuk Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Manfaat Permainan Ternyata Penting untuk Anak

Anak-anak belajar melalui bermain, sehingga penting untuk Bunda mengetahui manfaat permainan untuk anak Anda. Mulai dari melatih motorik halus dan kasar hingga dapat mengurangi risiko anak stres, obesitas, depresi dan lesu. Bahkan kepercayaan diri anak dapat meningkat ketika si kecil bermain dengan teman sebayanya. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat permainan untuk anak, apa saja kira-kira? Mari cari tahu sejumlah manfaat permainan bagi anak melalui ulasan berikut ini.

 

Apa itu Permainan?

Permainan merupakan beragam kegiatan yang dirancang agar anak dapat meningkatkan kemampuan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya. Sehingga permainan merupakan bagian penting dari anak untuk menjelajahi dunianya dari yang tidak dikenal hingga mampu melakukannya. Selain itu, permainan termasuk kegiatan menyenangkan, sukarela dan terjadi secara spontan yang mana cukup baik untuk perkembangan si kecil. 

 

Manfaat Permainan untuk Anak

Permainan diperlukan oleh anak untuk membangun kecerdasan emosional dan sosial. Jadi tidak hanya belajar, orang tua perlu memberikan ruang bagi anak untuk bermain agar anak bisa berekspresi dengan bebas. Berikut manfaat permainan untuk anak yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Mengembangkan kemampuan bahasa merupakan salah satu manfaat permainan untuk anak yang dilakukan secara berkelompok. Ketika permainan dimulai maka anak akan berkomunikasi atau mendengarkan kosa kata baru dari beberapa teman lainnya. Meski begitu, orang tua harus tetap mengontrol bahasa anak ketika bermain di luar agar tidak meniru kata-kata yang tidak baik untuk diucapkan.  

  1.  Mendukung Perkembangan Kognitif

Tidak hanya mengembangkan kemampuan bahasa, manfaat permainan untuk anak yang tidak kalah penting ialah mendukung perkembangan kognitifnya. Sebab ketika bermain, anak akan memperoleh informasi dan pengetahuan baru seputar lingkungannya. Dalam hal ini, orang tua tetap memiliki peran untuk melakukan pengawasan dan perlindungan selama si kecil bermain.

  1.  Meningkatkan Kesehatan Mental

Permainan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebab ketika si kecil bermain dengan teman sebayanya, ia akan belajar untuk mengontrol emosi baik saat kalah ataupun menang. Selain itu, hal ini bisa dijadikan pembelajaran agar si kecil dapat meningkatkan ketahanan dan kesehatan mental ke depannya. 

  1.  Melatih Anak Jadi Lebih Kreatif

Melatih anak jadi lebih kreatif merupakan manfaat permainan untuk anak yang tidak boleh Anda remehkan. Ini karena dalam setiap permainan yang si kecil mainkan memiliki peluang untuk mencari solusi agar dapat memperoleh kemenangan. Situasi seperti inilah yang akan mengasah kreativitasnya dalam menghasilkan ide-ide kreatif dari pemikirannya.

Baca juga: Seru dan Menyenangkan, Tips Belajar Warna untuk Anak Berikut ini 

 

Peran Orang Tua dalam Memaksimalkan Manfaat Permainan untuk Anak

Peran orang tua diperlukan dalam memaksimalkan manfaat permainan untuk anak. Meski begitu, orang tua harus tetap memiliki batasan untuk melatih anak mengambil keputusannya sendiri sehingga jangan terlalu banyak memberi instruksi ketika si kecil sedang bermain. Berikut peran orang tua dalam memaksimalkan manfaat permainan untuk anak, di antaranya:

  1.  Mengajak Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Jika situasinya memungkinkan, ajaklah anak melakukan aktivitas fisik di luar rumah untuk memaksimalkan manfaat permainan bagi anak. Misalnya berjalan kaki, berenang, bersepeda atau sekedar bermain di luar ruangan. Waktu yang diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik ini sekitar 30 hingga 60 menit saja. 

  1.  Libatkan Anak dalam Aktivitas Sehari-hari di Rumah

Untuk memaksimalkan manfaat permainan bagi anak, orang tua perlu melibatkan anak dalam aktivitas sehari-hari di rumah. Misalnya menyiapkan makanan dan menyapu sebagai salah satu sesi permainan. Selain dapat meningkatkan ikatan orang tua dengan anak, juga bisa membantu si kecil menyadari apa saja pekerjaan yang dilakukan di dalam rumah. 

  1.  Memberikan Mainan Sederhana

Tidak perlu permainan yang mahal, Anda bisa memberikan mainan sederhana seperti krayon, kertas, bola atau lainnya sebagai ruang bagi anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreasinya. Bahkan hal-hal yang ada di sekitarnya bisa dijadikan mainan untuk melatih kreativitas si kecil.

Ternyata selain belajar, anak perlu bermain untuk meningkatkan kemampuan bahasa, kesehatan mental, melatih kreativitas dan mendukung perkembangannya. Inilah yang dinamakan manfaat permainan untuk anak. Meski begitu, ketika si kecil bermain tetap diperlukan peran orang tua untuk mengawasi dan mengarahkannya.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Parents Wajib Tahu! 4 Tipe Serta Kesalahan Pola Asuh Pada Anak

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Blahey, Lori. The Power of Play: 6 Benefits for Child Development. 2021. Available at: https://www.epl.ca/blogs/post/importance-of-play-for-kids/ (Accessed: 21 April 2022).

Nair, Anisha. Role of Parents in Child Development. 2018. Available at: https://parenting.firstcry.com/articles/role-of-parents-in-child-development/ (Accessed: 21 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang