Bantuan

Jangan Disepelekan, Anda Wajib Mengenali Berbagai Gejala Demam Berdarah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

gejala demam berdarah

Sudahkah Anda mengetahui apa saja gejala demam berdarah? Jika Anda belum mengetahuinya, maka sangat wajib membaca artikel kali ini. Pasalnya, demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bahkan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan gejala demam berdarah. 

Demam berdarah dengue atau lebih dikenal dengan sebutan DBD merupakan penyakit yang ditularkan akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dengue kemudian masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitannya. Setelah beberapa hari, virus ini akan menimbulkan beberapa gejala yang wajib Anda perhatikan. 

Gejala Demam Berdarah

Lantas apa saja gejala demam berdarah tersebut? Bagi beberapa dari Anda mungkin akan sulit membeda gejala demam berdarah dengan penyakit lainnya. Pasalnya, beberapa gejala demam berdarah ini sangat mirip dengan penyakit lainya seperti demam, mual dan sakit kepala. Walaupun begitu, jika Anda memerhatikan dengan baik maka bisa membedakan gejala demam berdarah dengan penyakit lainnya. Oleh karena itu, simak penjelasan gejala demam berdarah di bawah ini. 

  1. Terdapat ruam merah pada tubuh

Salah satu gejala yang paling umum pada demam berdarah yaitu terdapat ruam merah. Gejala yang satu ini bisa saja muncul pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan dan dada. Munculnya ruam merah ini biasanya terjadi pada hari ketiga setelah terinfeksi virus dengue dan akan berlangsung selama 2 hingga 3 hari. 

  1. Demam tinggi secara tiba-tiba

Selain munculnya ruam merah, gejala demam berdarah selanjutnya yaitu demam tinggi secara tiba-tiba. Mungkin Anda akan kesulitan membedakan demam karena demam berdarah atau karena penyakit lainnya. Jika demam yang terjadi karena demam berdarah, maka suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat Celsius serta tidak diikuti gejala lainnya seperti batuk atau pilek. 

  1. Sakit kepala hebat

Seseorang yang mengalami demam karena demam berdarah akan merasakan gejala selanjutnya yang terjadi pada beberapa jam setelahnya. Gejala tersebut yaitu sakit kepala hebat yang terjadi di sekitar dahi. Tidak hanya itu, rasa sakitnya juga akan terasa hingga ke bagian belakang mata. 

  1. Mual dan muntah

Seseorang yang terinfeksi virus dengue biasanya akan menunjukkan gejala berupa mual dan muntah. Tidak hanya itu, gejala ini juga menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Gejala yang satu ini biasanya terjadi pada hari ke dua hingga ke 4 setelah seseorang terinfeksi virus dengue. 

  1. Kelelahan

Akibat demam dan juga masalah pencernaan yang terjadi, membuat penderitanya mengalami penurunan nafsu makan. Pada akhirnya, penderita akan kekurangan asupan nutrisi sehingga imun tubuh menjadi lemah. Tidak hanya itu, asupan nutrisi yang kurang juga menyebabkan minimnya energi sehingga penderita akan merasa lelah. 

Fase Demam Berdarah

Selain mengetahui apa saja gejala demam berdarah, Anda juga wajib mengetahui fase-fase dalam demam berdarah. Dengan mengetahui fase ini maka akan membantu Anda lebih yakin dalam mengidentifikasi gejala demam berdarah. Berikut ini beberapa fase yang dilalui oleh penderita demam berdarah.

  • Fase Demam: fase pertama yaitu demam tinggi hingga 40 derajat Celsius yang bisa berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Tidak hanya itu, demam juga akan disertai gejala sakit kepala dan nyeri otot. 

  • Fase Kritis: Banyak orang yang sering terkecoh dengan fase kritis ini. Pasalnya, pada fase ini demam akan mulai berangsur membaik sehingga dianggap telah baik-baik saja. Padahal, saat pasien demam berdarah mulai membaik dari demam merupakan fase kritis yang perlu perawatan intensif. 

  • Fase Penyembuhan: Setelah sempat demamnya menurun, makan pasien akan mulai demam kembali. Namun tidak perlu khawatir, karena ini merupakan fase penyembuhan. 

Demikianlah penjelasan mengenai gejala demam berdarah dan fase yang dilaluinya. Bagi Anda yang menemukan beberapa gejala di atas baik pada diri sendiri ataupun pada kerabat dekat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, untuk mencegah penyakit yang satu ini pastikan jaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk berkembang biak. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sering Dijadikan Obat Demam Berdarah, Sebenarnya Apa Saja Manfaat Jambu Biji?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. Dengue fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dengue-fever/symptoms-causes/syc-20353078

Dunkin, Mary Anne. 2021. Dengue Fever. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/dengue-fever-reference

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang