Bantuan

Muncul Bintik Merah di Badan Tanpa Demam? Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Jun 2022

Bagikan

Penyebab Muncul Bintik Merah di Badan Tanpa Demam

Munculnya bintik merah di badan tanpa demam mungkin akan menjadi pertanyaan sebagian orang. Apabila kondisi ini terjadi pada anak, mungkin membuat sebagian orang tua menjadi khawatir. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini umum terjadi pada anak-anak sebab kulit bayi lebih sensitif dari orang dewasa. 

Akan tetapi, munculnya bintik merah di badan tanpa demam ini juga bisa dialami oleh orang dewasa. Lantas menjadi sebuah pertanyaan, apa sebenarnya penyebab munculnya bintik merah di badan tanpa demam ini? Untuk mengetahui penyebabnya simak terus penjelasan yang ada di dalam artikel ini. 

Penyebab Muncul Bintik Merah di Badan Tanpa Demam

Bintik merah yang muncul di badan bisa disertai dengan demam ataupun tidak. Untuk bintik merah yang muncul tanpa demam, ada banyak kondisi yang menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab munculnya bintik merah di badan tanpa demam. 

  1. Skabies

Penyebab pertama munculnya bintik merah tanpa demam ini yaitu skabies. Skabies itu sendiri merupakan suatu kondisi di  mana kulit akan terasa gatal karena tungau yang bernama Sarcoptes scabiei. Gejala yang muncul pada penderita skabies yaitu munculnya bintik merah di kulit yang menyerupai jerawat. Saat bintik merah ini pecah, dapat menimbulkan luka atau nanah. 

  1. Biang keringat

Penyebab lainnya munculnya bintik merah di badan tanpa demam yaitu karena biang keringat. Seseorang yang mengalami biang keringat akan memiliki bintik-bintik merah di bagian kulit terumat bahu, kepala dan leher. Penyebab dari kondisi ini yaitu karena kelenjar keringat yang tersumbat. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya saat kelenjar keringat mulai lancar kembali. 

  1. Eksim atopik

Eksim atopik merupakan gangguan kulit yang tidak dapat diobati. Salah satu tanda yang sering muncul pada penderita eksim atopik yaitu bercak merah yang terasa gatal. Penderita eksim atopik hanya bisa melakukan penanganan untuk mengurangi gatal dan kulit kering dengan menggunakan krim pelembap anti gatal. Akan tetapi, sangat disarankan penderita eksim atopik ini untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat 

  1. Kurap

Penyebab lain munculnya bintik merah di badan tanpa demam yaitu karena kurap. Kondisi ini terjadi karena infeksi jamur yang sangat menular bahkan melalui sentuhan. Gejala yang muncul pada penderita kurap yaitu bercak dengan tepi merah dan juga kulit seperti bersisik. Bercak merah ini umumnya akan terasa sangat gatal. Untuk dapat mengatasi kondisi ini, sebaiknya gunakan obat antijamur. 

  1. Dermatitis kontak

Bintik merah yang muncul di badan tanpa disertai dengan demam juga bisa disebabkan karena dermatitis kontak. Dermatitis kontak itu sendiri merupakan suatu kondisi saat kulit terpapar oleh zat yang dapat menimbulkan alergi. Beberapa zat tersebut yaitu logam, lateks, kosmetik, detergen dan sabun. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menghindari beberapa zat-zat penyebab alergi tersebut. 

  1. Ruam popok

Pada anak bayi yang sering menggunakan popok, dapat memicu munculnya ruam merah pada pantat bayi. Kondisi ini sering disebut dengan ruam popok. Ruam atau bintik merah yang muncul terkadang disertai dengan lecet dan juga melepuh. Kondisi ini akan membuat sang anak menjadi tidak nyaman dan mudah rewel. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya perhatikan kembali penggunaan popok pada bayi.

  1. Sifilis

Penyebab terakhir munculnya bintik merah di badan tanpa demam yaitu sifilis. Gejala yang muncul pada penderita sifilis yaitu bintik merah yang lama kelamaan menjadi luka kecil. Bintik merah ini umumnya muncul di sekitar alat kelamin ataupun mulut. Hal ini disebabkan karena penyebarannya yaitu karena seks anal ataupun oral seks. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mencegah sifilis gunakan pelindung saat melakukan hubungan seksual terutama dengan orang yang tidak dikenal. 

Mungkin cukup demikian penjelasan mengenai penyebab munculnya bintik merah di badan tanpa demam yang perlu Anda ketahui. Mengingat ada begitu banyak kondisi yang menyebabkan bintik merah di badan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami kondisi ini.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Diketahui

Tag :
Referensi

Dix, Megan. 2019. How to Spot and Take Care of Your Baby’s Rash. https://www.healthline.com/health/how-to-spot-and-take-care-of-your-babys-rash

Philips, Natalie. 2018. Rash. https://www.healthline.com/health/rashes#pictures

Eske, Jamie. 2021. What can cause red dots to appear on the skin? https://www.medicalnewstoday.com/articles/red-dots-on-skin#atopic-dermatitis

Bagikan artikel ini