Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Diketahui

Sudahkah Anda tahu apa saja jenis penyakit kulit? Penyakit kulit itu sendiri merupakan penyakit yang menyerang sel kulit sehingga menimbulkan gejala seperti bengkak, kemerahan, gatal-gatal dan lainnya. Penyakit kulit ini pun terdiri dari beragam jenis, ada yang menular dan ada juga yang tidak menular.

Lantas apa saja berbagai jenis penyakit kulit tersebut? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis penyakit kulit yang perlu Anda ketahui. 

  1. Bisul

Penyakit kulit yang perlu Anda ketahui pertama yaitu bisul. Mungkin banyak dari Anda yang sudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit kulit yang satu ini. Bisul ini dapat terjadi karena infeksi yang menyerang kelenjar minyak atau folikel rambut. Penyakit kulit yang satu ini merupakan penyakit yang dapat menular melalui kontak kulit ketika menyentuh cairan bisul yang pecah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari memencet bisul yang sedang meradang. 

  1. Selulitis

Jenis penyakit kulit yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu selulitis. Penyakit kulit yang satu ini disebabkan karena infeksi bakteri yang menimbulkan kemerahan, bengkak yang lunak dan sakit ketika disentuh. Pada kondisi yang lebih serius, jenis penyakit kulit yang satu ini dapat membahayakan nyawa apabila tidak ditangani dengan segera. Hal ini disebabkan karena infeksi yang terjadi dapat menyebar hingga ke kelenjar getah bening serta pembuluh darah. 

  1. Kurap 

Kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dapat menular karena adanya kontak langsung antara kulit dengan kulit baik dari manusia ataupun hewan. Penyakit yang satu ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah yang membentuk cincin dan gatal. Ruam merah ini dapat menyebar ke area tubuh lainnya jika tidak segera ditangani. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan krim antijamur yang banyak di jual di pasaran. Anda juga perlu rutin membersihkan  tangan agar kurap tidak menyebar.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Masalah Kulit akibat Pemakaian Masker Wajah

  1. Cacar Air

Jenis penyakit kulit yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu cacar air. Jenis penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh virus Varicella zoster dan dapat menular ke orang lain terutama mereka yang belum pernah mengalami penyakit kulit ini. Cacar air umumnya menimbulkan gejala berupa sakit kepala, demam, hilangnya selera makan, benjolan merah. Untuk mengatasi kondisi ini bisa menggunakan beberapa obat antivirus ataupun pereda nyeri yang sesuai dengan anjuran dokter. 

  1. Dermatitis

Jenis penyakit kulit yang selanjutnya merupakan penyakit kulit yang tidak menular yaitu dermatitis. Dermatitis itu sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan. Setidaknya terdapat 3 jenis dermatitis dengan penyebab yang berbeda-beda. Dermatitis atopik umumnya menyerang lipatan kulit disertai dengan kulit kering dan menebal.

Dermatitis kontak terjadi karena adanya paparan zat tertentu yang memicu alergi. Dan yang terakhir yaitu dermatitis seboroik yang menyerang area tubuh berminyak seperti dada bagian atas, punggung dan juga wajah. 

  1. Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena tubuh kekurangan melanin. Oleh karena itu, orang yang menderita penyakit kulit ini akan memiliki warna kulit yang tidak merata, ada bagian yang terang dan ada bagian yang gelap. Jenis penyakit kulit yang satu ini biasanya akan ditandai dengan munculnya uban pada alis, rambut dan juga bulu mata, hilangnya warna pada lapisan dalam bola mata dan juga hilangkan warna pada bagian kulit tertentu. 

  1. Herpes Simpleks

Jenis penyakit kulit yang terakhir yaitu herpes simpleks yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1. Pada umumnya, penyakit yang satu ini akan menyerang bagian kemaluan dan juga area mulut. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu lenting melepuh yang berisi cairan. Cairan tersebut merupakan virus yang dapat menular ke orang lain. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menghilangkan penyakit ini, tapi dokter dapat memberikan penangan untuk meredakan gejalanya. 

Nah itulah dia jenis-jenis penyakit kulit yang perlu Anda perhatikan. Agar Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit ini, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kulit Kusam Tak Bercahaya, Kenapa?

 

Sumber:

1. Brind’Amour, Katherine. 2016. All About Common Skin Disorders.

2. Fletcher, Jenna. 2021. What do skin infections look like?

3. Drugs. 2021. 10 of the Most Common Skin Conditions: Photos and Treatments.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi