Bantuan

Penyebab Bruntusan, Kemunculannya Mengganggu Penampilan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Jun 2022

Bagikan

Penyebab Bruntusan, Kemunculannya Mengganggu Penampilan

Penyebab bruntusan sejatinya sangatlah beragam. Apabila dibiarkan, hal ini akan membuat bruntusan semakin banyak dan pada akhirnya mengganggu penampilan Anda. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui apa saja penyebab bruntusan, terutama bruntusan yang selalu muncul secara bersamaan di seluruh area wajah.

Overview bruntusan

Bruntusan sebenarnya adalah kondisi kulit yang mana permukaannya terasa kasar dan seperti ada bintik-bintik kecil menonjol. Walaupun bukan merupakan istilah medis, namun penggunaan istilah bruntusan ini sudah sangat umum di kalangan masyarakat. 

Perlu diketahui bahwa bruntusan ini tidak hanya muncul di wajah, akan tetapi juga bisa timbul di bagian tubuh lainnya. Bruntusan juga pada umumnya muncul secara bergerombol di area kulit tertentu. Adapun area yang kerap menjadi spot timbulnya bruntusan adalah daerah dahi, hidung dan dagu (daerah T-zone), leher, lengan, bahu, dan juga dada.

Penyebab bruntusan

Ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya bruntusan. Adapun beberapa penyebab bruntusan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terpapar sinar matahari 

Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai tabir surya, maka risiko timbul bruntusan di wajah juga akan semakin tinggi. Hal ini karena panas matahari membuat kelenjar keringat tubuh tersumbat. Jika terus dibiarkan hal ini akan membuat kulit teriritasi dan menyebabkan timbulnya bruntusan kemerahan yang gatal dan kasar.

  1. Tidak membersihkan wajah

Setelah seharian, wajah Anda terpapar dengan berbagai jenis kotoran dan polusi, mulai dari asap kendaraan dalam perjalanan pulang, hingga sisa-sisa make up. Apabila tidak segera dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan kotoran tersebut menjadi residu yang menghambat pori-pori kulit. Hal inilah yang kemudian memicu timbulnya bruntusan.

  1. Sering terkena kotoran rambut

Penyebab bruntusan berikutnya adalah kotoran-kotoran yang berasal dari rambut Anda sendiri. Perlu diingat bahwa rambut Anda menjadi bagian yang tidak bisa dilupakan kebersihannya. Dengan malas membersihkan rambut, maka Anda membiarkan risiko timbulnya bruntusan menjadi semakin besar. Hal ini akan semakin parah lagi apabila Anda membiarkan rambut dalam keadaan kotor dan berkeringat dalam waktu yang lama. Untuk itu, pastikan rambut Anda tidak menutupi atau mengenai bagian wajah ketika beraktivitas.

  1. Jarang eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi kerap dihindari karena prosedurnya yang terbilang relatif lebih ribet. Namun, eksfoliasi ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan, terutama oleh Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Tujuan eksfoliasi sendiri dalam hal ini adalah untuk mengelupas sel-sel kulit mati penyebab bruntusan.

  1. Faktor alergi

Selain dari kebiasaan, bruntusan juga sejatinya dapat disebabkan oleh faktor eksternal berupa penggunaan produk skincare dengan kandungan tertentu. Untuk itu, sangatlah penting untuk Anda mengenali jenis kulit sendiri sebelum mulai menggunakan produk-produk perawatan wajah. Anda juga dapat mencegah hal ini dengan lebih teliti lagi dalam membaca kandungan produk perawatan wajah. 

Menghilangkan bruntusan

Cara agar bruntusan di wajah cepat hilang adalah dengan mengatasi penyebab bruntusan yang dijelaskan sebelumnya. Adapun cara-caranya adalah dengan:

  • Rutin membersihkan wajah paling tidak dua kali sehari.

Ini adalah hal terpenting, karena kotoran dan sisa make up menjadi penyebab utama timbulnya bruntusan di wajah. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan double cleansing agar wajah benar-benar bersih.

  • Rutin menggunakan pelembap dan tabir surya.

Selalu disepelekan, nyatanya pelembap dan tabir surya adalah produk perawatan kulit yang paling penting dan tidak bisa dilewatkan. Untuk itu, pastikan Anda memilih produk pelembap dan tabir surya yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai pentingnya eksfoliasi demi mencegah timbulnya bruntusan. Untuk itu, tentu cara menghilangkan bruntusan yang paling efektif yaitu dengan rutin melakukan eksfoliasi setiap minggu.

  • Melakukan perawatan kulit.

Rutin melakukan perawatan kulit menjadi cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi bruntusan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan perawatan kulit baik secara mandiri maupun dengan melakukan treatment di dokter.

Nah demikianlah penjelasan mengenai bruntusan, penyebabnya, hingga cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Meskipun sama sekali tidak berbahaya, sebaiknya Anda waspadai kondisi bruntusan di kulit karena bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit yang lebih serius.

baca juga: Mudah dan Efektif! 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di hidung

 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Jaliman, Debra. 2021. Lumps and Bumps: What’s on My Skin?. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-lumps-bumps-skin

Sinrich, Jenn and Melissa Matthews. 2020. 12 Reasons Why You Might Have Small Bumps on Your Face. https://www.self.com/story/common-face-bumps-how-to-deal-with-them

Watson, Kathryn. 2020. How to Get Rid of Milia: 7 Ways. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-milia

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang