Bantuan
Free Tele x

Mulai Mengganggu Penampilan? Berikut Ini Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Dec 2021

Bagikan

Ampuh dan Aman, Ini 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Cara menghilangkan bulu ketiak sangat beragam. Mulai dari cara alami hingga menggunakan teknologi canggih yang saat ini banyak telah banyak dikembangkan oleh berbagai pakar terutama dibidang treatment dan kecantikan. Bulu ketiak sebenarnya merupakan hal yang wajar bahkan sangat normal terjadi. Bulu ketiak merupakan hal alamiah yang dialami oleh hampir seluruh manusia yang ada didunia. Namun, bagi sebagian orang bulu ketiak sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan mereka. Tidak heran banyak orang menempuh banyak cara menghilangkan bulu ketiak agar lebih percaya diri.

Sebenarnya cara menghilangkan bulu ketiak sendiri pada umumnya dilakukan dengan cara dicabut dan dicukur dan hal ini hampir dilakukan oleh semua orang. Kebanyakan dari mereka beralasan bahwa cara ini sangat mudah, cepat, dan juga hemat biaya. Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ada beberapa cara menghilangkan bulu ketiak lainnya yang masih sedikit orang mengetahuinya. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan bahan alami. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Baca Juga: Patut Dicoba! Inilah 3 Cara Memutihkan Ketiak

Cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan alami

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan alami. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kapur sirih

Kandungan yang terdapat dalam kapur sirih ternyata mampu menghilangkan bulu ketiak secara alami. Kapur sirih mengandung banyak zat yang betmanfaat untuk menghilangkan bulu ketiak diantaranya adalah zat karvakrol dan kadinen yang diyakini mampu merontokkan bulu ketiak sekaligus memutihkan ketiak yang menghitam.

Adapun penggunaannya sangatlah mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan kapur sirih dengan air perasan lemon. Campurkan kedua bahan tersebut hingga teksturnya mirip dengan pasta. Kemudian oleskan pada ketiak secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

  1. Timun dan lemon

Perpaduan timun dan lemon sangat baik untuk menghilangkan bulu ketiak. Kandungan timun yang bersifat mendinginkan sangat pas dipadukan dengan lemon. Hal ini akan mengurangi kemungkinan iritasi pada ketiak apabila dioleskan kedua bahan ini.

Penggunaannya pun kurang lebih hampir sama dengan bahan sebelumnya, yaitu dengan mencampurkan kedua bahan ini lalu diaduk hingga rata. Baru kemudian oleskan pada ketiak yang memiliki bulu. Diamkan kurang lebih selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: Seberapa efektif air lemon untuk menurunkan berat badan?

  1. Jintan putih dan kapur barus

Selama ini tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jintan tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai campuran bahan untuk menghilangkan bulu ketiak. Kandungan didalam jintan putih diyakini dapat menghambat pertumbuhan bulu ketiak.

Cara menghilangkan bulu ketiak, yaitu dengan menghaluskan kedua bahan terlebih dahulu kemudian mencampurkannya hingga berbentuk menyerupai pasta. Oleskan pada bagian ketiak secara merata, diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air biasa.

  1. Kunyit

Tidak diragukan lagi bahwa kunyit merupakan salah satu primadona dapur. Kandungan kunyit memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, tidak hanya itu kunyit juga digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak

Cara menggunakannya sangat mudah. Siapkan kunyit 1 sendok makan kemudian campurkan dengan air secukupnya. Oleskan kunyit ke bagian yang memiliki bulu kemudian diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas menggunakan air biasa.

Baca Juga: 4 Manfaat Kunyit kepada Tubuh yang Terbukti Secara Medis

  1. Campuran pepaya, kunyit dan lidah buaya

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, beberapa bahan ini sangat direkomendasikan untuk menghilangkan bulu ketiak tanpa memberi efek iritasi pada kulit diyakini dapat mencerahkan kulit, sedangkan pepaya diyakini sebagai anti iritasi.

Cara menghilangkan bulu ketiak menggunakan ketiga campuran bahan ini adalah dengan menghaluskan bahan tersebut kemudian mencampurkannya. Oleskan pada ketiak lalu diamkan selama 15 menit. Bersihkan menggunakan handuk basah yang dibilas dengan air hangat kemudian bilas kembali menggunakan air biasa.

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bulu ketiak. Perlu diingat bahwa proses menghilangkan bulu ketiak menggunakan bahan-bahan tersebut tidak instan. Anda harus rutin melakukannya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber :

Bassow, A.S. Women and Their Body Hair. 1990. 

 

The Hairlessness Norm Extended: Reasons for and Predictors of Women’s Body Hair Removal at Different Body Sites. 2008.

Bagikan artikel ini