Bantuan

Ketahui Arti Jerawat yang Tumbuh di Wajah Berdasarkan Letaknya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Mar 2022

Bagikan

arti jerawat

Sudahkah Anda tahu apa arti jerawat yang tumbuh di wajah? Ternyata jerawat yang tumbuh di wajah tidak hanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Munculnya jerawat di wajah bisa disebabkan oleh adanya gangguan organ tertentu. Oleh karena itu, lokasi tumbuhnya jerawat bisa menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh Anda. 

Lantas apa arti jerawat yang tumbuh di wajah? Untuk mengetahuinya simak terus penjelasan di bawah ini.

  1. Antara Alis

Letak jerawat yang pertama, yaitu di antara kedua alis. Letak jerawat di antara kedua alis bisa mengindikasikan adanya gangguan yang berkaitan dengan kondisi kandung kemih. Tidak hanya pada kandung kemih, jerawat di antara kedua alis juga menandakan adanya gangguan pada liver. 

Hal ini bisa terjadi karena kebiasan merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan olahan serta makanan berlemak juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, untuk dapat mengatasi jerawat ini, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat seperti makanan yang mengandung banyak serat. 

  1. Dahi

Arti jerawat yang tumbuh di wajah bagian kening, yaitu menandakan adanya gangguan kesehatan pada pencernaan dan pola diet yang salah. Gangguan tersebut berupa masalah pada penyerapan makanan serta pembunagan sisa limbah dari tubuh. Cara mengatasinya, yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. 

Tidak hanya itu, jerawat yang tumbuh di dahi juga dapat mengartikan adanya masalah pada kulit seperti berminyak yang diperparah oleh stres yang sedang dialami. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga pola tidur agar mengurangi stres sehingga dapat meredakan jerawat. 

  1. Hidung

Lokasi jerawat pada wajah yang selanjutnya, yaitu di area hidung. Jerawat yang muncul pada area ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung Anda sedang tidak dalam keadan sehat. Salah satu contohnya yaitu tekanan darah yang tinggi.

Untuk dapat mengatasi kondisi ini, Anda bisa melakukan olahraga yang rutin maupun meditasi sebelum tidur. Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan asin, makanan pedas dan makanan yang berlemak. Lalu yang terakhir, yaitu memperbanyak asupan buah-buahan. 

  1. Pipi

Pipi merupakan salah satu bagian wajah yang paling sering mengalami masalah jerawat. Lalu apa arti jerawat yang muncul di pipi ini? Jerawat yang muncul di pipi kiri memiliki kaitan dengan kesehatan hati dan jerawat yang muncul di pipi kanan memiliki kaitan dengan kesehatan sistem pernapasan. 

Untuk mengatasi permasalah ini, Anda perlu menjaga kebersihan tempat tidur mulai dari rutin mengganti sprei dan sarung bantal. Anda juga perlu memastikan kebersihan dari ponsel agar bakteri tidak berpindah ke pipi Anda saat menelpon.

  1. Dagu

Arti jerawat yang tumbuh di wajah bagian dagu menandakan adanya perubahan hormonal pada tubuh. Perubahan hormonal ini bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem endokrin ataupun karena hormon androgen yang berlebih. Kondisi seperti ini umumnya dialami saat usia 20 hingga 30 tahunan ataupun oleh wanita yang sedang menstruasi. 

Tidak hanya itu, jerawat yang muncul di dagu juga bisa menandakan adanya alergi terhadap makanan karena memiliki hubungan dengan usus besar. Hal ini karena kesehatan usus dapat mempengaruhi hormon pada tubuh seseorang.

  1. Sekitar Mulut

Jerawat juga dapat muncul pada area sekitar mulut dapat menandakan bahwa makanan yang dikonsumsi kurang sehat. Tidak hanya itu, jerawat yang muncul di sekitar mulut juga sering kali dihubungkan dengan gangguan pada organ pencernaan. 

Oleh karena itu, untuk  mengatasi permasalah jerawat yang muncul disekitar mulut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Anda juga perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang  memiliki banyak kandungan serat. 

  1. Telinga

Letak jerawat pada wajah yang terakhir, yaitu telinga yang menandakan adanya gangguan pada organ ginjal. Selain itu, jerawat yang muncul di telinga juga dapat dikaitkan dengan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat yang muncul di telinga, yaitu dengan mengurangi minuman beralkohol, kafein, dan juga garam. Lalu perbanyak konsumsi air putih untuk menghidrasi kembali tubuh. 

Nah, itulah arti jerawat yang tumbuh di wajah berdasarkan letaknya. Apabila jerawat yang Anda alami tergolong ringan maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang disebutkan di atas. Namun Anda perlu membawanya ke dokter spesialis apabila jerawat sudah sangat menyakitkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Berbagai Tipe Jerawat dan Bagaimana Cara Menanganinya Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Rabach, Morgan. 2020. What That Acne Spot on Your Face Means, According to Science. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/pimple-acne-face-map

Sissons, Beth. 2019. What to know about acne face maps. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325971#acne-locations-and-causes

Smith, Stephanie. 2019. Why You're Breaking Out — and How to Banish Blemishes in Your Trouble Spots. https://www.everydayhealth.com/hs/adult-acne/what-your-breakouts-say-about-your-acne/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang