Bantuan

Pertanda Apakah Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

gatal- gatal

Apakah Anda pernah merasakan badan gatal-gatal tanpa sebab? Walaupun Anda berpikir rasa gatal tersebut muncul tiba-tiba tanpa sebab, namun sebenarnya ada beberapa kondisi yang dapat memicunya. Oleh karena itu, artikel kali ini bertujuan untuk memberitahukan kepada Anda berbagai penyebab munculnya rasa gatal secara tiba-tiba. 

Penyebab Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab

Rasa gatal yang terasa di badan tentunya membuat Anda tidak nyaman. Terutama gatal yang tidak tertahankan bahkan menyebabkan terganggu aktivitas sehari-hari. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan rasa gatal ini muncul? Berikut ini ada beberapa penyebab gatal di badan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Gigitan serangga

Badan gatal-gatal tanpa sebab yang Anda rasakan dapat disebabkan karena gigitan serangga. Hal ini sering kali tidak disadari banyak orang, pasalnya serangga memiliki ukuran yang kecil dan sering tidak terlihat. Salah satu serangga yang paling banyak menggigit manusia yaitu nyamuk. Pada saat Anda tergigit nyamuk, maka akan muncul benjolan  merah di permukaan kulit yang disertai dengan rasa gatal. 

  1. Kulit kering

Selain gigitan serangga, rasa gatal pada permukaan kulit yang muncul tiba-tiba juga dapat disebabkan oleh kuring kering. Ada beberapa penyebab yang membuat kulit menjadi kering yaitu udara kering, terpapar AC terlalu lama, penggunaan produk perawatan kulit yang berbahan kimia dan juga mandi terlalu lama. Oleh karena itu, untuk mengatasi gatal Anda bisa menggunakan produk-produk yang melembapkan kulit. 

  1. Penyakit ginjal

Selain karena hal-hal yang sederhana, ternyata gatal yang muncul tiba-tiba juga dapat disebabkan oleh kondisi yang serius salah satunya yaitu penyakit ginjal. Pasalnya, kulit yang terasa gatal merupakan salah satu tanda yang sering muncul pada penderita penyakit ginjal. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gatal disertai tanda-tanda lain seperti kram otot, kaki bengkak dan sering merasa lelah, sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

  1. Tiroid

Penyakit tiroid merupakan penyebab rasa gatal di badan tanpa sebab yang selanjutnya. Penyakit tiroid disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan hormon tiroid yang ada di dalam tubuh. Baik hormon tiroid rendah maupun tinggi, keduanya sama-sama menjadi penyebab kondisi ini. Salah satu gejala yang sering muncul pada penderita penyakit tiroid yang rasa gatal di permukaan kulit. 

  1. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan penyebab munculnya rasa gatal di badan tanpa sebab. Penderita eksim biasanya akan mengalami gejala berupa rasa gatal, kulit kering dan juga ruam merah. Apabila Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya gunakan pelembap dan hindari menggaruknya. Semakin digaruk, maka rasa gatal akan semakin parah dan membuat kulit menjadi rusak. 

  1. Alergi

Rasa gatal yang tiba-tiba muncul di badan tanpa sebab juga dapat disebabkan karena alergi. Pada saat kulit terpapar oleh zat-zat alergen tertentu seperti produk-produk berbahan kimia, bulu binatang, hingga paparan matahari, maka akan muncul reaksi berupa gatal-gatal. Oleh karena itu, sebaiknya kenali berbagai zat-zat yang dapat menyebabkan alergi pada kulit Anda.

  1. Kondisi psikologis

Tahukah Anda, ternyata badan gatal-gatal tanpa sebab juga dapat disebabkan karena psikologis. Beberapa kondisi psikologis yang dapat menyebabkan rasa gatal tanpa sebab yaitu gangguan kecemasan, depresi dan OCD (Obsessive-compulsive disorder). Orang-orang yang memiliki kondisi psikologis ini mungkin akan terlihat baik-baik saja. Oleh karena itu, rasa gatal muncul di badan seperti tanpa sebab. 

Segera Konsultasikan ke Dokter 

Apabila badan terasa gatal tanpa sebab sering terjadi berulang kali, sebaiknya perlu diwaspadai. Terutama jika rasa gatal muncul disertai gejala-gejala lainnya seperti ruam merah, kulit kering, bentol-bentol dan lainnya. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda akan mengetahui penyebab dari rasa gatal yang Anda alami serta penanganan yang tepat. 

Itulah dia beberapa penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab yang perlu Anda  ketahui. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai gatal yang muncul tanpa sebab, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gatal Tidak Tertahankan? Waspadai Ciri Scabies Berikut ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Higuera, Valencia. 2020. Why is my skin itchy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473#causes

WebMD. 2021. Your Skin, Pruritus, and Itching. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/skin-conditions-pruritus 

Langmaid, Stephanie. 2022. Why Do I Feel So Itchy?. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/why-so-itchy

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang