Bantuan

Sering Merasa Sayang Jika Dibuang, Apakah Masker Duckbill Bisa Dicuci atau Tidak?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

masker duckbill

“Ketika selesai digunakan, apakah masker duckbill bisa dicuci atau tidak?”. Banyak pihak yang sering mempertanyakan perihal bisa atau tidaknya masker duckbill digunakan kembali apabila dicuci. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jawaban atas pertanyaan ini, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu penjelasan mengenai masker duckbill berikut ini.

Sekilas Mengenai Masker Duckbill

Di masa pandemi COVID-19 ini, telah bermunculan tipe-tipe masker yang berbeda, termasuk tipe masker duckbill yang banyak menjadi favorit pengguna. Masker duckbill sendiri sebagaimana namanya, merupakan jenis masker yang memiliki bentuk seperti paruh bebek. Kepopuleran masker duckbill ini tidak terlepas dari bentuk paruh bebek tersebut yang dianggap cenderung pas di wajah, karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Selain itu, dari segi efektivitas, masker duckbill ini mampu menutup area hidung dan mulut dengan sempurna, namun tetap nyaman digunakan. Ketua Satgas COVID-19 bahkan mengatakan bahwa masker duckbill memiliki kualitas yang setara dengan masker bedah, dengan tingkat efektivitas dalam melawan virus mencapai 89%. 

Jenis masker duckbill yang banyak beredar di pasaran terbuat dari bahan yang sesuai dengan standar kesehatan dan terbentuk dari tiga lapisan utama. Bagian terdalam dari masker memiliki sifat menyerap air, bagian tengah memiliki fungsi sebagai filter udara, sedangkan bagian terluarnya bersifat anti air. 

Apakah Masker Duckbill Bisa Dicuci atau Tidak?

Dari pemaparan singkat mengenai masker duckbill di atas, kita telah mendapatkan dua informasi utama. Pertama, masker duckbill terbuat dari bahan yang sama dengan masker medis. Kedua, lapisan terluar masker duckbill bersifat anti air. 

Berdasarkan kedua fakta tersebut, kita dapat mengetahui bahwasanya masker duckbill bersifat sekali pakai dan oleh karenanya tidak bisa dicuci untuk digunakan kembali. Sama halnya seperti jenis masker medis lainnya, mencuci masker duckbill hanya akan mengurangi keefektifannya dalam melawan virus. Selain itu, untuk penggunaan kembali masker duckbill bekas hanya akan menyebabkan risiko penyebaran virus semakin tinggi. 

Saat ini, Anda mungkin dapat menemukan masker kain yang dibuat menyerupai bentuk masker duckbill. Namun, perlu diketahui bahwa efektivitas masker duckbill yang terbuat dari kain (jenis kain katun misalnya), hanyalah sebesar 23% saja dalam melawan penularan virus. Untuk perbandingan, masker duckbill yang asli mampu menyaring hingga 89% partikel yang membawa virus COVID-19. 

Sebagai solusinya, Anda tetap bisa menggunakan masker duckbill kain dengan cara melapisinya dengan masker medis terlebih dahulu. Penggunaan masker kain dan medis secara dobel ini dipercaya mampu menghalangi masuknya partikel pembawa virus hingga 92,5%. Namun tentu saja, Anda harus rutin mengganti atau mencuci kembali masker duckbill kain ini. 

Tips Memilih Masker Duckbill

Setelah mengetahui jawaban dari, “apakah masker duckbill bisa dicuci atau tidak?”, selanjutnya Anda perlu mengetahui tips dalam memilih masker duckbill. Menurut rekomendasi Centre for Disease Control and Prevention (CDC), masker terbaik adalah masker yang paling cocok dan pas di dagu, hidung, dan mulut. Berikut ini beberapa poin yang perlu Anda periksa saat membeli masker duckbill.

  • Periksa celah dengan menangkupkan tangan pada bagian sekitar tepi luar topeng.

  • Pastikan tidak ada udara yang mengalir pada area di sekitar mata maupun dari sisi masker.

  • Masker yang pas akan membuat udara yang masuk terasa hangat. 

  • Masker yang pas adalah masker yang bahannya mampu berkembang kempis seiring dengan tarikan napas. 

Setelah menemukan masker duckbill yang pas, jangan lupa untuk mengikuti cara pemakaian yang benar, yakni sebagai berikut.

  • Pasang masker hingga menutupi seluruh bagian hidung, mulut, dan juga mulut.

  • Kaitkan tali masker pada kedua telinga.

  • Sesuaikan masker hingga pas untuk meminimalisir kontak dengan partikel luar.

Demikianlah penjelasan mengenai masker duckbill dan kontroversi dibalik boleh atau tidaknya jenis masker ini dicuci untuk digunakan kembali. Untuk menyimpulkan, masker duckbill sejatinya adalah jenis masker yang bersifat sekali pakai, yang mana penggunaan kembali hanya akan menurunkan efektivitas masker tersebut dalam melawan virus COVID-19. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar

Tag :
Referensi

CDC. 2022. Types of Masks and Respirators. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/types-of-masks.html

Parker-Pope, Tara. 2022. How to Find a Quality Mask (and Avoid Counterfeits). https://www.nytimes.com/article/covid-masks.html

Oktari, Rosi. 2021. Yuk, Pakai Masker Dobel. https://indonesiabaik.id/infografis/yuk-pakai-masker-dobel

Bagikan artikel ini