Bantuan

Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Ramadhan dengan Menu Buka Puasa Sehat Ini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Apr 2022

Bagikan

menu buka puasa sehat

Mengonsumsi menu buka puasa sehat merupakan salah satu cara menjaga daya tahan tubuh selama bulan Ramadhan. Tentu saja kita ingin keluarga tetap sehat dan fit menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini agar bisa memperoleh pahala dengan optimal, bukan?

Banyak yang beranggapan bahwa menu makanan yang sehat itu cenderung sulit dan ribet. Meskipun begitu, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan inspirasi menu buka puasa sehat yang praktis dibuat, ramah di kantong, namun tetap kaya akan nutrisi.

Menu Buka Puasa Sehat

Menu buka puasa yang sehat haruslah mengandung nutrisi yang seimbang. Dalam hal ini, Anda perlu memilih makanan-makanan rendah lemak dan mengandung gula alami untuk mencukupi asupan energi, serta kaya akan cairan untuk menghidrasi tubuh. Tidak perlu merasa bingung, karena berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi sebagai menu buka puasa sehat di rumah.

  1. Buah Kurma

Buah yang satu ini merupakan rekomendasi makanan pertama yang perlu dikonsumsi saat berbuka karena dapat menjadi pemasok gula alami untuk tubuh yang sedang kekurangan energi. Kurma memiliki kandungan berbagai jenis mineral seperti mangan, tembaga, dan kalium, serta kaya juga akan serat yang baik bagi sistem pencernaan. Itulah mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk berbuka puasa dengan kurma yang memiliki beragam manfaat.

  1. Pecel

Menu buka puasa sehat berikutnya ini dapat dikatakan merupakan makanan yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain murah dan mudah dibuat, perpaduan dari berbagai jenis sayuran rebus seperti tauge, kacang panjang, kangkung, labu siam, hingga bumbu pecel ini akan mampu mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh yang menjalani puasa di bulan Ramadhan. Hanya dengan merebus campuran sayuran tadi, kemudian melarutkan bumbu pecel pilihan, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati menu sehat ini saat berbuka.

  1. Sup Kacang Merah

Inspirasi menu sehat berikutnya yang tergolong murah, namun memiliki gizi yang seimbang adalah sup kacang merah. Jenis kacang yang satu ini dapat menjadi sumber protein rendah lemak yang cocok untuk Anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan di bulan puasa. Adapun manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sup kacang merah di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, bahkan dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

  1. Nasi Merah

Nasi merah dapat menjadi pilihan menu buka puasa sehat berikutnya yang dapat Anda sajikan. Dalam hal ini, nasi merah merupakan jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat, mineral dan vitamin yang lebih tinggi dibanding jenis karbohidrat sederhana seperti nasi putih. Nasi merah sebagai menu berbuka sangatlah dianjurkan karena dapat menjadi sumber energi bagi tubuh, serta menjadi solusi untuk mengatasi rasa lelah. Kandungan kalorinya yang lebih rendah juga menjadikan nasi merah menu yang bagus untuk mengendalikan berat badan.

  1. Sayur Bayam

Mengonsumsi banyak sayuran saat berbuka tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis sayuran yang dapat Anda sajikan dalam hal ini adalah sayur bayam yang sehat dan bergizi. Dalam hal ini sayur bayam mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin B2, B6, C, K, kalsium, kalium, mangan, folat, magnesium, serta zat besi. Sayur bayam dapat disajikan dalam bentuk berkuah bening untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh atau sekedar ditumis dengan bumbu andalan keluarga.

Demikianlah penjelasan mengenai pilihan menu buka puasa sehat yang dapat Anda sajikan untuk keluarga di rumah. Selain menu di atas Anda juga dapat menyediakan salad sayur atau buah, sayur bening, nasi goreng udang, ikan tuna, hingga teh hijau sebagai minumannya. 

Sekarang, apakah Anda sudah bisa memutuskan menu buka puasa sehat untuk dimasak nanti? Apapun keputusan menunya nanti, pastikan Anda tidak lupa untuk memilih bahan-bahan yang segar untuk memperoleh nutrisinya dengan maksimal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Inspirasi Menu Sayur untuk Berbuka Puasa untuk Keluarga yang Lebih Sehat!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

NursingTimes. 2009. Healthy Ramadan meal plan. https://www.nursingtimes.net/clinical-archive/holistic-care/healthy-ramadan-meal-plan-21-08-2009/

British Nutrition Foundation. 2019. A healthy Ramadan. https://www.nutrition.org.uk/putting-it-into-practice/food-seasons-and-celebrations/a-healthy-ramadan/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang