Mengobati Luka Bakar Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Mengobati Luka Bakar Yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah

Apakah Anda pernah mengobati luka bakar dengan mengoleskan pasta gigi? Sebaiknya Anda segeralah untuk menghentikannya, pasalnya luka bakar dapat menjadi lebih parah. Agar Anda tidak lagi salah dalam mengobati luka bakar, berikut ini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

Hal-Hal Yang Dilarang

  1. Mengoleskan Pasta Gigi

Apakah Anda salah satu orang yang mengoleskan pasta gigi ke luka bakar?  Banyak orang yang menggunakan pasta gigi saat mengalami luka bakar  karena dianggap dapat memberi efek mendinginkan dan menenangkan luka bakar. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menjelaskan penggunaan pasta gigi dapat mengobati luka bakar. Justru, mengoleskan pasta gigi dapat membuat luka bakar menjadi terinfeksi dan iritasi.

  1. Mengoleskan Minyak Esensial

Selain mengoleskan pasta gigi, mengoleskan minyak esensial juga dilarang. Beberapa jenis minyak esensial, yaitu minyak kelapa dan minyak zaitun. Apabila Anda mengoleskan minyak esensial secara langsung pada luka bakar, justru akan memperburuk kondisi luka. Selain itu, minyak lavender dianggap dapat membantu menyembuhkan luka bakar namun belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut. 

  1. Mengoleskan Putih Telur

Hal yang dilarang dalam mengobati luka bakar yang selanjutnya yaitu mengoleskan putih telur. Hal ini karena, mengoleskan putih telur secara langsung pada luka bakar, akan menimbulkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang berasal dari telur. Tidak berhenti disitu saja, telur juga dapat memicu reaksi alergi.

  1. Menempelkan Es Batu

Mungkin banyak diantara Anda yang ketika mengalami luka bakar, hal pertama yang dilakukan adalah mendinginkannya menggunakan es batu. Namun faktanya, menggunakan es batu secara langsung pada luka bakar merupakan hal yang dilarang, karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Solusi terbaik yaitu dengan membasahi area luka bakar di kulit dengan air menggunakan dingin atau mengompresnya selama beberapa menit.

Baca Juga: Mari Kenali Proses Penyembuhan Luka

Mengobati Luka Bakar

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan ketika mengalami luka bakar. Anda juga perlu tahu, cara mengobati luka bakar yang benar. Apa saja cara mengobati luka bakar yang benar tersebut? Simak penjelasan di bawah ini. 

  1. Mengaliri Luka Dengan Air

Mengobati luka bakar yang perlu Anda lakukan pertama kali yaitu mengaliri luka bakar dengan air dingin selama 20 menit. Selain itu, Anda juga bisa mengompres luka bakar menggunakan kain yang sudah dibasahi menggunakan air dingin selama 5-15 menit. Mengompres luka bakar ini,  bertujuan untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. Akan tetapi, hal ini tidak dapat terlalu sering dilakukan ataupun terlalu lama. Hal ini justru, dapat menyebabkan luka bakar menjadi iritasi.

  1. Mengoleskan Lidah Buaya

Cara mengobati luka bakar yang selanjutnya yaitu, mengoleskan lidah buaya. Hal ini karena, lidah buaya merupakan bahan alami yang dipercaya ampuh dalam mengatasi luka bakar. Lidah buaya memiliki kandungan berupa zat anti radang yang dapat melancarkan sirkulasi darah, serta dapt memperlambat perkembangbiakkan bakteri. Tidak hanya itu, dalam beberapa studi menunjukkan bahwa lidah buaya efektif dalam mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. 

  1. Mengoleskan Salep Antibiotik

Selain mengoleskan luka bakar dengan lidah buaya, Anda juga dapat mengobati luka bakar dengan mengoleskan salep antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Obat salep antibiotik ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi. Beberapa obat salep yang dapat Anda oleskan yaitu bacitracin atau neosporin. Setelah mengoleskan luka bakar dengan salep, segeralah tutupi luka dengan perban agar mengoptimalkan proses penyembuhan luka

  1. Menghindari Sinar Matahari

Mengobati luka bakar tidak hanya dengan mengoleskan obat-obatan, namun juga menghindari sinar matahari. Hal ini karena, area kulit yang mengalami luka bakar pada umumnya akan sangat sensitif terhadap pancaran sinar matahari. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari aktivitas di bawah paparan sinar matahari. Apabila Anda harus berada di bawah paparan sinar matahari, Anda dapat melapisinya luka bakar menggunakan pakaian yang berlengan panjang.

Nah, itulah beberapa cara mengobati luka bakar yang dapat Anda lakukan di rumah. Apabila Anda mengalami luka bakar yang cukup serius, maka tidak perlu menunggu lagi segeral untuk mendapatkan penanganan secara medis.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Mari Kenali Tanda-Tanda Luka akan Sembuh

 

Sumber:

1. Cafasso, Jacquelyn. Home Remedies for Burns. (2017).

2. Watson, Kathryn. Why You Shouldn’t Use Toothpaste on Burns, Plus Home Remedies That Work. (2019).

3. How To Treat A First-Degree, Minor Burn.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi