Bantuan

Kenali Olahraga 7 Menit dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 21 Sep 2020

Bagikan

Kenali Olahraga 7 Menit Beserta Manfaatnya

Melakukan olahraga 7 menit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Olahraga merupakan kegiatan yang menjaga kesehatan tubuh dengan cara melakukan aktivitas fisik. Dewasa ini, banyak masyarakat dunia yang tidak melakukannya secara teratur.

Berbagai kesibukan yang harus dilakukan menyebabkan masyarakat lupa untuk menjaga aktivitas fisiknya. Kegiatan olahraga 7 menit dapat dilakukan untuk menjaga aktivitas fisik masyarakat masa kini.

Olahraga ini dilakukan dengan menerapkan teknik High Intensity Circuit Training (HICT), yakni dengan menggabungkan kegiatan aerobik dan pelatihan resistensi dengan sesi istirahat yang singkat.

Kegiatan yang dikembangkan oleh American College of Sports Medicine ini dinilai sebagai kegiatan olahraga yang efisien untuk masyarakat secara umum.

Seraya perkembangan zaman, banyak aplikasi pada smartphone diciptakan untuk menuntun, mengingatkan, dan memotivasi individu untuk secara rutin melakukan olahraga 7 menit. 

Apa yang dilakukan pada Olahraga 7 Menit?

Olahraga 7 menit merupakan kegiatan yang sesuai untuk individu yang memiliki kegiatan keseharian yang padat. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan 12 gerakan berbeda untuk tubuh bagian atas, bawah, dan untuk core.

Lakukan setiap gerakan selama 30 detik (kira-kira sebanyak 15-20 pengulangan). Setiap perpindahan 2 gerakan yang berbeda, lakukan istirahat selama 10 detik.

12 gerakan tersebut diantaranya:

  1. Jumping Jacks (tubuh secara keseluruhan)
  2. Wall sit (tubuh bagian bawah)
  3. Push-up (tubuh bagian atas)
  4. Abdominal crunch (core)
  5. Step-up onto chair (tubuh secara keseluruhan)
  6. Squat (tubuh bagian bawah)
  7. Triceps dip on chair (tubuh bagian atas)
  8. Plank (core)
  9. High knees/running in place (tubuh secara keseluruhan)
  10. Lunge (tubuh bagian bawah)
  11. Push-up and rotation (tubuh bagian atas)
  12. Side plank (core)

Kegiatan ini termasuk kedalam olahraga dengan intensitas yang tinggi. Maka dari itu, seseorang dengan kondisi tertentu tidak disarankan untuk melakukan kegiatan ini.

Apabila seseorang memiliki lutut, punggung, pergelangan tangan, atau pundak yang lemah, ia akan mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa gerakan dari kedua belas gerakan tersebut.

Baca Juga: Jangan Remehkan Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga

Manfaat yang Didapat dari Olahraga 7 Menit

Menurut penelitian dari Mattar dan lainnya. Kegiatan ini diketahui dapat membantu untuk menurunkan berat badan akibat dari berkurangnya lemak dalam tubuh pada minggu ke-1 hingga minggu ke-3.

Apabila kegiatan ini dilanjutkan hingga minggu ke-6, massa otot akan meningkat. Hasil penelitian ini tentu diatur dengan pemasukan nutrisi yang sehat.

Hal lain yang menarik dari kegiatan ini adalah terdapat penurunan ukuran lingkar pinggang. Hal ini menunjukan bahwa terjadi distribusi lemak yang lebih seimbang untk tubuh.

Berkurangnya angka tersebut dapat menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Secara umum, kegiatan olahraga 7 menit ini dapat meningkatkan kesetaraan komposisi tubuh.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Referensi:

1. Mattar L, Farran N, Bakhour D. Effect of 7-minute workout on weight and body composition. J Sports Med Pys Fitness. 2017 Oct; 57(10): 1299-304. doi: 10.23736/S0022-4707.

2. Stephanie Watson. 7-Minute Workout [internet]. New York: WebMD.com; [updated: 2018 Nov 13; cited: 2020 Jul 25]. Available from: https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/seven-minute-workout 

Bagikan artikel ini