Bantuan
Free Tele x

Mari Kenali Proses Penyembuhan Luka

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Mari Kenali Proses Penyembuhan Luka

Tahukah, Anda ternyata proses penyembuhan luka melalui beberapa tahapan? Tidak hanya itu, proses penyembuhan luka pada setiap orang juga akan berbeda-beda. Lantas, apa saja tahapan yang dilalui pada proses penyembuhan luka dan juga apa yang menjadi penyebab luka menjadi sulit untuk sembuh? Mari simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya. 

Proses Penyembuhan Luka

  1. Tahap Hemostasis

Proses penyembuhan luka pada tahap pertama yaitu pembekuan darah atau disebut juga dengan tahap hemostasis. Darah umumnya akan keluar ketika mengalami luka baik karena tertusuk, tergores ataupun tersayat. Dalam beberapa detik atau menit, darah yang keluar tersebut akan menggumpal dan menyembuhkan luka serta mencegah darah keluar terlalu banyak. Gumpalan darah inilah yang akan berubah menjadi keropeng atau kopeng ketika sudah mengering. 

  1. Tahap Inflamasi

Proses penyembuhan luka yang selanjutnya yaitu tahap inflamasi. Pada tahap ini, pembuluh darah akan melebar dan mengalirkan darah segar menuju area luka. Darah ini dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka. Hal inilah yang membuat luka sering terasa hangat, kemerahan dan bengkak dalam beberapa waktu.

Selain itu, pada tahap ini juga sel darah putih akan menghancurkan kuman dan bakteri di area luka. Sel darah putih juga dapat menghasilkan senyawa kimia yang berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

  1. Tahap Proliferatif

Tahap ketiga dalam proses penyembuhan luka yaitu tahap proliferatif atau tahap pembentukan jaringan parut setelah luka. Pada tahap ini, kolagen akan mulai tumbuh di dalam luka. Kolagen itu sendiri merupakan serat protein yang akan memberikan kekuatan serta teksterus yang elastis pada kulit.

Selain itu, kolagen inilah yang akan mendorong tepi luka untuk menutup. Tidak hanya itu, pada tahap ini juga terjadi pembentukan pembuluh darah di luka untuk memberikan asupan darah ke kulit yang baru saja terbentuk. 

  1. Tahap Pematangan

Tahap terakhir dalam proses penyembuhan luka yaitu tahap pematangan. Pada tahap ini, bisa terjadi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hal inilah yang menyebabkan bekas luka semakin lama akan semakin memudar. Ketika jaringan yang rusak sudah pulih, maka kulit akan menjadi sama kuatnya seperti sebelum mengalami luka.

Akan tetapi, tampilan bekas luka mungkin akan terlihat berbeda dari kulit normal. Hal ini karena, kulit yang berasal dari bekas luka tersusun dari dua protein yaitu kolagen dan juga elastin.

Baca Juga: Begini Cara Perawatan Luka Bernanah

Mengapa Luka Sulit Sembuh

Setelah mengetahui berbagai tahapan proses penyembuhan luka. Anda juga perlu mengetahui mengatapa penyembuhan luka dapat berbeda-beda pada setiap orangnya atau bahkan sulit terjadi. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan proses penyembuhan luka sulit terjadi. 

  1. Usia

Faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka yaitu usia. Umumnya, lansia akan mengalami proses penyembuhan luka yang lebih lama. Hal ini karena, aliran darah tidak lancar, kekurangan kolagen akibat usia ataupun penyakit kronis seperti diabetes. 

  1. Infeksi

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi proses penyembuhan luka yaitu infeksi. Infeksi dapat menyebabkan semakin melebarnya luka sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Infeksi ini dapat terjadi apabila luka tidak dirawat dengan baik. 

  1. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi seperti Vitamin A, vitamin C, protein, zinc dan zat besi dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka. Agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung cepat, pastikan Anda mencukupi asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. 

  1. Aliran darah Tidak Lancar

Aliran darah yang tidak lancar juga dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka. Hal ini karena, darah mengandung oksigen dan juga nutrisi yang diperlukan ketika proses penyembuhan luka. Ketika aliran darah tidak lancar, maka proses penyembuhan luka akan terhambat. 

  1. Merokok

Faktor terakhir yang memengaruhi proses penyembuhan luka yaitu rokok. Berbagai penelitian mengatakan bahwa, perokok aktif akan mengalami proses penyembuhan luka yang lebih lama dan juga tidak sempurna. Hal ini karena, rokok dapat mengganggu aliran darah dan juga kinerja sel darah putih. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai proses penyembuhan luka yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mengalami luka yang serius, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ini Cara Agar Luka Cepat Sembuh

 

Sumber:

1. Iftikhar, Noreen. What to Expect During the 4 Stages of Wound Healing. (2019)

2. Ruben, Bruce. Wound Healing: Reasons Wounds Will Not Heal. (2015)

Tag :
Bagikan artikel ini