Bantuan

Mengetahui Pentingnya Hormon Tiroid Dalam Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Jun 2022

Bagikan

Mengetahui Pentingnya Hormon Tiroid Dalam Tubuh Manusia

Hormon tiroid memiliki peranan penting di dalam tubuh manusia seperti mengatur kinerja otot, tulang dan mengontrol berat badan. Hormon tiroid dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang terletak di area leher, bawah jakun dan laring. Pada umumnya jumlah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di dalam tubuh harus seimbang karena jika tidak, sejumlah masalah kesehatan dapat dialami oleh penderitanya. Mari cari tahu jenis, fungsi berikut dampak jumlah hormon tiroid yang tidak seimbang melalui pembahasan di bawah ini.

 

Apa Itu Hormon Tiroid?

Hormon tiroid merupakan hasil sintesis kelenjar tiroid menggunakan yodium. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid ini pada umumnya terbagi jadi 2 jenis yaitu tri-iodotironina dan tetra-iodotironina, bahan baku hormon tiroid berasal dari makanan yang kita konsumsi dan mengandung yodiun. Setelah proses pembuatannya selesai, maka hormon akan disimpan pada kelenjar yang sama dan akan dikeluarkan ketika dibutuhkan oleh tubuh.

 

Fungsi Penting Hormon Tiroid Bagi Tubuh

Hormon tiroid berperan penting dalam mengatur metabolisme di dalam tubuh yang memiliki fungsi dalam mengendalikan fungsi jantung, pemeliharaan tulang, perkembangan otak, otot dan pencernaan. Berikut jenis-jenis hormon tiroid dan fungsi pentingnya yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Hormon Tiroksin (T4)

Hormon tiroksin dihasilkan oleh kelenjar tiroid, ketika dikeluarkan ke seluruh aliran darah, hormon ini masih berbentuk pasif. Berbeda jika sudah mencapai beragam organ seperti hati dan ginjal, hormon tiroid akan berubah menjadi bentuk aktif atau bisa disebut dengan hormon triiodotironin (T3). Berikut beberapa fungsi hormon tiroksin (T4), di antaranya:

  • Mengatur Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses pembentukan energi oleh seluruh sel dan jaringan tubuh yang diatur oleh hormon tiroksin. Misalnya mengatur cepat lambatnya proses metabolisme berlangsung. Jika proses metabolisme bermasalah maka kinerja organ di dalam tubuh akan terganngu.

  • Memelihara Fungsi dan Kinerja Jantung

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah dan membawa seluruh nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Beberapa organ tubuh terkadang membutuhkan jumlah aliran darah dalam jumlah lebih besar. Maka hormon tiroksin inilah yang akan memperkuat proses pemompaan darah pada jantung.

  • Merangsang Produksi Hormon Pertumbuhan

Hormon tiroksin pada ibu hamil memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan otak janin serta memastikan janin berkembang dengan lancar setelah dilahirkan. Adapun fungsi hormon tiroksin pada anak-anak ialah untuk pertumbuhan berat badan, ukuran dan proses pubertas.

  1.  Hormon Triiodotironin (T3)

Hormon tiroid jenis kedua ialah triidotironin yang memiliki bentuk aktif dari hormon tiroksin. Memiliki 4 jaringan utama yang cukup peka terhadap perubahan dasar seperti otot lurik, hati jantung dan ginjal membuat hormon triidotironin sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme basal. Berikut beberapa fungsi hormon triidotironin, di antaranya:

  • Meningkatkan laju konsumsi oksigen dan beragam reaksi eksoterm di beberapa sel atau jaringan kecuali otak, limpa dan kelenjar seks. 

  •    Memberikan stimulasi dalam proses metabolisme yang mengurai lemak, protein dan glukosa. 

  • Memicu peningkatan enzim metabolisme seperti heksokinase dan glukosa-6 fosfatase yang diproduksi oleh hati untuk meningkatkan fosforilasi oksidatif.

Baca juga: Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Simak Faktanya

 

Dampak Jumlah Hormon Tirod Tidak Seimbang

Tidak seimbangnya jumlah hormon tiroid di dalam tubuh dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Berikut beberapa dampak tidak seimbangnya hormon tiroid di dalam tubuh, di antaranya:

  • Hipertirodisme 

Hipertirodisme adalah kelebihan produkasi hormon tiroid yang dapat meningkatkan proses metabolisme. Beberapa gejalanya meliputi berat badan turun, denyut jantung berdetak lebih cepat, susah tidur, mudah marah, berkeringat dan lainnya.

  • Potirodisme 

Potirodisme adalah suatu kondisi di mana produksi hormon tiroid menurun sehingga dapat mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa gejala yang ditimbulkannya seperti mudah lelah, berat badan naik, detak jantung lebih lambat dan lainnya.

Hormon tiroid merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dan memiliki sejumlah peran penting bagi tubuh manusia. Hormon dari kelenjar tiroid dapat bekerja secara optimal bergantung pada asupan yodium yang kita makan. Tidak seimbangnya hormon tiroid di dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi kesehatan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga:  Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Hipertiroid

Tag :
Referensi

Hoffman, Matthew: Picture of the Thyroid. 2021. Available at: https://www.webmd.com/women/picture-of-the-thyroid (Accessed: 12 Januari 2022).

Cleveland Clinic: Thyroid Disease. 2020. Available at: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8541-thyroid-disease (Accessed: 12 Januari 2022).

Bagikan artikel ini