Bantuan
Bantuan

Bertugas untuk Merawat Orang Lain, Caregiver Adalah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Feb 2022

Bagikan

Caregiver

Caregiver adalah orang yang berasal dari keluarga atau tenaga profesional yang mana bertugas untuk memberikan jasa pengasuhan atau perawatan bagi orang lain. Orang tersebut akan mendedikasikan penuh waktu mereka untuk merawat lansia. Dimana lansia ini membutuhkan bantuan juga perhatian khusus untuk menjalankan kesehariannya. Seperti yang anda sudah tahu bahwa memasuki usia lanjut, maka kemampuan fisik akan mengalami penurunan. Bukan hanya kemampuan fisik, tetapi juga mental ikut menurun. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan lansia untuk melakukan aktivitas hariannya mungkin akan menurun. Kondisi seorang lansia semakin perlu diperhatikan, jika mengidap penyakit tertentu seperti alzheimer, demensia, atau parkinson. Maka, tak hanya mental, namun kondisi ini juga dapat memengaruhi kemampuan fisik sehingga kondisi ini sering kali menyebabkan lansia membutuhkan perawatan dan perhatian. Namun, jika anggota keluarga kesulitan untuk membantu karena pekerjaan yang produktif. Maka, dapat dipekerjakan seorang caregiver untuk membantu perawatan orang yang anda sayang. Mungkin anda bertanya, apa yang membedakan caregiver dengan perawat medis. 

Salah satu perbedaannya adalah dimana perawat medis hanya bertugas untuk melaksanakan instruksi khusus yang telah ditentukan oleh dokter, sedangkan caregiver memiliki fungsi untuk memberi bantuan menjalankan aktivitas kesehariannya, juga untuk memberikan perhatian pada orang lain. Caregiver umumnya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan klien dikarenakan Ia terbiasa menjadi teman seharian. Tugas dari caregiver adalah untuk meringankan beban pasien, juga agar keluarga dapat menjalani aktivitas hariannya dengan normal. Tak hanya itu, tugas lain dari caregiver adalah untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi seseorang. Dimana orang tersebut memiliki keterbatasan kemampuan, misalnya karena kesehatan tertentu atau usia. Tak hanya berkaitan dengan kondisi kesehatan pasien saja, caregiver juga mengurus kebutuhan sehari-hari, baik secara mental dan fisik. Adanya caregiver, akan membantu anda memantau langsung perkembangan kesehatan orang tua atau kerabat. Caregiver menjadi pilihan yang tepat, jika panti jompo bukan pilihan ideal bagi anda. 

Kualifikasi caregiver

Untuk menggunakan jasa caregiver tentu saja tidak boleh asal karena ia akan menjaga orang yang anda sayangi. Kriteria untuk menjadi seorang caregiver mungkin tidak sesulit dan seketat perawat medis. Namun, yang paling penting bagi seorang caregiver, yakni harus memiliki kepribadian baik, juga kepedulian yang sesuai dan cocok dengan lansia yang akan dirawatnya. Di bawah ini adalah beberapa kriteria caregiver

  1. Kesabaran

kriteria ini perlu untuk dimiliki caregiver karena merawat lansia tentunya membutuhkan tingkat kesabaran yang besar. Hal ini dikarenakan kondisi lansia yang mana kerap kali kesulitan, untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya seperti sulit makan, mandi, berjalan, dan lainnya. Tak hanya itu, sering kali lansia bersikap seperti anak kecil sehingga jika seorang caregiver tidak memiliki kesabaran, maka akan sulit untuk merawatnya. 

  1. Memiliki pengalaman

kriteria selanjutnya dimana caregiver adalah seseorang yang telah berpengalaman dalam hal merawat lansia. Tentu saja, hal ini tidak boleh anda anggap sepele agar lansia selalu sehat dan akan dapat tertangani dengan baik dan tepat. Akan lebih baik jika caregiver memiliki sertifikat medis untuk dapat melakukan langkah pertolongan dasar. Dimana ini akan penting ketika lansia mengalami kekambuhan penyakit yang sedang diderita. 

  1. Fleksibel

Caregiver dituntut untuk bisa fleksibel, baik dalam hal pekerjaan maupun waktu bekerja. Setiap lansia memiliki kebutuhan tipe perawatan yang berbeda, mulai dari yang sederhana seperti mandi sampai aktivitas sulit lainnya. Lansia juga terkadang, membutuhkan pertolongan pada malam hari sehingga caregiver juga harus senantiasa berada didekatnya. 

  1. Peduli

Seorang caregiver yang baik harus memiliki kriteria ini, yakni kepedulian yang tinggi. Hal ini tentunya tidak boleh disepelekan agar Ia bisa dengan baik menjalankan tugasnya.

  1. Kreatif

Seorang caregiver juga dituntut untuk memiliki kreatifitas, yang mana agar lansia dapat menjalani hari tuanya dengan bahagia dan terhindar dari depresi. Caregiver haruslah kreatif dimana ia harus mampu untuk menciptakan suasa yang ceria untuk lansia setiap harinya, misalnya dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti olahraga dan mengobrol bersama atau kegiatan lainnya yang dapat membuat hari tidak membosankan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Beda dengan Perawat, Prinsip dan Peran Caregiver adalah?

Referensi

https://www.google.co.id/amp/s/www.sehatq.com/artikel/memahami-caregiver-adalah-dan-perbedaannya-dengan-perawat/amp

Bagikan artikel ini