Bantuan
Free Tele x

Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Temukan Jawabannya Disini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Berikut Ulasannya

Apakah penyakit tiroid bisa disembuhkan? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak Anda. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan membahas apakah penyakit tiroid bisa disembuhkan. Oleh karena itu, simak terus penjelasan ini untuk menemukan jawabannya.

Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda harus dapat membedakan istilah sembuh dan diobati terlebih dahulu. Istilah ‘diobati’ merujuk kepada penanganan bisa diberikan, tetapi bukan berarti suatu penyakit bisa disembuhkan dan lenyap dari tubuh. Hal inilah yang terjadi pada kelainan kelenjar tiroid. 

Kelainan yang terjadi pada jaringan di kelenjar tiroid ini bisa diobati agar dapat mengembalikan fungsinya menjadi normal. Dengan begitu, kelenjar tiroid akan mampu memproduksi hormon secara stabil untuk mempertahankan metabolisme. Akan tetapi, kondisi normal ini, terkadang membutuhkan perawatan secara rutin.

Contohnya yaitu pasien yang sudah sembuh dari kanker getah bening lewat jalan operasi dan perawatan iodium radioaktif. Pasien tersebut telah sembuh dari kanker kelenjar getah bening dan sel kankernya mungkin sudah hilang, namun kondisi hipotiroidisme yang menyertai akan tetap ada dan harus mendapat pengobatan rutin seumur hidup.

Tidak hanya itu, situasi yang sama juga berlaku bagi Anda mengidap hipotiroidisme akibat penyakit Hashimoto. Melalui berbagai pengobatan, Anda mungkin bisa menambal kekurangan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, antibodi yang muncul dalam tubuh bisa kembali aktif kapan saja. 

Sama halnya dengan hipertiroidisme yang biasanya diakibatkan oleh Graves’ disease. Kondisi ini terjadi ketika antibodi tertentu menyerang kelenjar tiroid, sehingga menyebabkan produksi hormon yang berlebihan. Pengobatan yang dilakukan seperti konsumsi obat antitiroid atau kapsul iodium radioaktif dapat mengembalikan fungsi kelenjar tiroid ke level normal. 

Selain itu, operasi pengangkatan kelenjar tiroid juga dipercaya bisa menyembuhkan kondisi ini. Akan tetapi, operasi juga belum bisa menjadi jawaban apakah penyakit tersebut bisa disembuhkan secara total. Hal ini karena, antibodi yang menyerang kelenjar tiroid pada pengidap Graves’ disease, tidak terkena dampak dari perawatan medis yang diberikan. 

Dengan begitu dapat disimpulkan, bahwa penyebab intinya yang berupa Graves’ disease, masih ada dalam tubuh Anda. meskipun dalam beberapa kasus, antibodi tersebut bisa hilang dengan bantuan obat antitiroid, tetapi antibodi ini juga dapat kembali muncul. Hal inilah yang membuat Graves disease aktif kembali dan menggerogoti fungsi kelenjar tiroid. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada langkah-langkah pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menjadi solusi agar fungsi kelenjar tiroid dapat stabil kembali. Daripada Anda memusingkan apakah penyakit tiroid bisa sembuh total, sebaiknya fokuslah pada pengobatan penyakit tiroid. Hal ini karena,  aspek paling penting dari proses penanganan penyakit tiroid yaitu menjalani pengobatan yang efektif. 

Baca Juga: Apa Saja Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening?

Mengobati Tiroid

Gangguan tiroid terdiri dari berbagai jenis. Oleh karena itu, untuk menentukkan pengobatan yang akan Anda lakukan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada dua tipe pengobatan tiroid yang dapat Anda pilih sebagai berikut ini. 

  1. Hipotiroidisme

Apabila penyakit tiroid yang Anda alami masih berada pada tahapan awal. Pengobatan yang bisa Anda lakukan yaitu hipotiroidisme dengan mengonsumsi obat bernama levothyroxine. Obat levothyroxine berfungsi menggantikan hormon tiroid yang hilang akibat produksi di kelenjar tiroid yang tidak cukup.

Dokter akan melakukan pemantauan yang ketat pada dosis yang Anda konsumsi dari waktu ke waktu, dan juga akan menyesuaikan dosis dengan kondisi Anda. Apabila Anda mengikuti panduan dokter, bukan hal yang mustahil Anda akan kembali merasakan fungsi kelenjar tiroid yang normal.

  1. Hipertiroidisme

Pengobatan yang selanjutnya yaitu hipertiroidisme yang jauh lebih sulit dibanding hipotiroidisme. Hal ini karena, dokter ditantang untuk menormalkan kembali produksi hormon tiroid berlebih secara langsung di kelenjar tiroid.

Pengobatan yang dapat menjadi pilihan yaitu obat antitiroid untuk memblokade produksi hormon di kelenjar tiroid, kapsul iodium radioaktif yang dapat memecah hormon tiroid dalam darah, dan operasi pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. 

Nah, itulah beberapa informasi dan jawaban mengenai apakah penyakit tiroid dapat disembuhkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan juga orang lain. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seperti Apa Pengobatan Pneumonia? Ketahui Jawabannya Di Sini

 

Sumber:

1. Q and A: Can thyroid disease be cured?

2. Thyroid Disease (2020)

3. Ambardekar, Nayana. Thyroid Problems (2019)

Bagikan artikel ini