Bantuan

Simak di sini Alasan Pink Jadi Warna Favorit Perempuan!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Feb 2022

Bagikan

Pink

Pernahkah Anda berpikir apa alasan pink jadi warna favorit perempuan? Pink menjadi salah satu warna yang disukai oleh perempuan dari segala usia. Namun, meskipun begitu tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat menganggap atau menggeneralisasi bahwa semua perempuan menyukai warna ini. Pink menjadi warna yang identik dengan perempuan, bahkan dari kecil pun perempuan sudah akrab dengan warna ini. Semakin dewasa maka biasanya ada perubahan warna kesukaan yang sering kali seseorang alami. Meskipun begitu, tidak sedikit perempuan yang masih menyukai warna pink. Warna pink telah menjadi warna yang identik dengan perempuan, bahkan disebut sebagai warna feminim. Jika memiliki anak atau bayi perempuan, orang tua biasanya akan membelikan mainan atau perlengkapan lainnya yang berwarna pink

Lalu apa sebenarnya makna warna pink jika dilihat dari sisi psikologis? Dikatakan bahwa warna pink adalah warna yang didominasi oleh pengertian, kebaikan, dan hasrat. Penyuka warna pink biasanya akan berusaha untuk membuat orang lain merasa diterima. Bagaimana caranya? Yakni dengan memberikan atau menawarkan tingkat simpat yang tidak bisa ditandingi. Dilansir dari colour meanings bahwa warna pink adalah sangat mudah untuk didekati. Selain itu, warna ini juga memiliki karakteristik tidak mengancam atau pun tidak mengintimidasi. Sebaliknya, warna pink adalah warna dengan karakteristik yang penuh romansa dan kehangatan. Memiliki sifat feminin dan ringan, pesona warna pink tidak pernah berakhir. Dari sisi psikologis warna pink juga dianggap sebagai warna yang lembut dan halus. Selalu mengalir atau berjalan dengan positif, pink menjadi warna yang memberikan kehangatan dan kenyamanan. Saat Anda melihat warna pink, maka Anda bisa terinspirasi untuk berpegang teguh pada adanya harapan. 

Setelah melihat bagaimana makna warna pink dari sisi psikologis, lalu mungkin banyak dari Anda yang bertanya apa alasan pink jadi warna favorit perempuan. Jawaban ini dapat secara ilmiah Anda ketahui karena adanya penelitian yang dilakukan oleh Hulbert, yang mana ia melibatkan dua ratus laki-laki dan perempuan berusia sekitar 20 tahun. Hulbert berasal dari University of Newcastle, Ia menyatakan bahwa perempuan jika diberikan banyak pilihan warna maka secara alamiah akan memilih warna yang mendekati warna merah. Melalui hasil penelitian yang Ia lakukan maka diketahui bahwa dominan atau kebanyakan perempuan sangat suka dengan campuran warna merah dan biru. Para perempuan ini berasal dari Cina dan Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa untuk selera warna tidak dipengaruhi oleh budaya etnis. Namun, dipengaruhi oleh faktor biologi. 

Alasan pink jadi warna favorit perempuan bisa disebabkan karena evolusi yang mengakibatkan wanita menjadi lebih menyukai warna ini. Kebiasaan ini dapat disebabkan karena faktor budaya atau bisa jadi juga karena peran kaum perempuan yang sejak dari dulu sering kali memilih bahan pangan untuk keluarga. Di mana adanya kebiasaan untuk mencari buah matang dengan warna merah atau pink. Pink menjadi warna yang sering kali dikatikan dengan perempuan. Maka, tidak heran jika orang tua memiliki anak akan cenderung membelikan perlengkapan berwarna feminin ini. Lalu, bagaimana kata psikolog atau ahli tentang alasan pink jadi warna favorit perempuan terutama anak-anak? dr. Anya Hulbert mengungkapkan bahwa ini terjadi karena faktor budaya yang mana secara turun temurun, perempuan kerap kali bertugas untuk memilih bahan pangan seperti buah-buahan. Ini menjadikan suatu kebiasaan, yang mana mereka terbiasa untuk memilih buah dengan warna pink atau sedikit kemerahan. Kebiasaan ini terus terbawa sampai saat ini, di mana banyak perempuan yang menyukai warna pink atau kemerahan. 

Namun, ada pendapat lain yang menyatakan bahwa alasan pink jadi warna favorit perempuan baik anak sampai dewasa adalah karena terkait dengan sifat keibuan dan emosi yang dimiliki. Perempuan dikatakan lebih mudah untuk menunjukkan perasaannya daripada laki-laki dikarenakan perempuan yang dianggap lebih emosional atau lebih mudah untuk menunjukkan perasaannya maka banyak ilmuwan percaya bahwa perempuan akan lebih sensitif dengan warna-warna kemerahan, termasuk pink. Namun, perlu orang tua ingat meski anak perempuan suka warna pink, maka bukan berarti mereka harus selalu menggunakan warna ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apa Saja Metode Tes Buta Warna & Jenis Buta Warna? Mari Cari Tahu di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Asian parent

Colour meanings

Okezone.co

Cnnindonesia

Pikiran rakyat

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang