Bantuan

Tips Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Tips Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kondisi dimana tubuh berada dalam keadaan terbaiknya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kebugaran jasmani sangat mendukung kegiatan maupun aktivitas kita sehari hari. Selain itu, kebugaran jasmani adalah salah satu investasi termahal yang banyak dicari dan diupayakan oleh hampir semua orang. 

Kebugaran jasmani akan menggambarkan kondisi kesehatan tubuh Anda. Semakin baik kebugaran jasmani seseorang, maka semakin baik pula kondisi tubuhnya. Ada banyak hal yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, gaya hidup serta pola pikir. 

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Lalu bagaimana cara meningkatkan kebugaran jasmani? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani. 

  1. Latihan aerobic

Latihan aerobic adalah latihan kebugaran yang dapat meningkatkan detak jantung serta pernapasan seseorang dalam jangka waktu lama. Latihan ini dilakukan dengan intensitas rendah namun dalam waktu yang lama. Latihan aerobic memiliki banyak manfaat seperti menjaga stamina, menjaga tekanan darah agar normal, dan menjaga kadar kolestrol tetap normal. Latihan ini juga dapat menguatkan tulang belakang dan mencegah berat badan berlebih. Beberapa contoh latihan aerobic yang dapat Anda lakukan diantaranya seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

  1. Latihan anaerobic

Latihan anaerobic adalah jenis latihan kebugaran yang hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat. Latihan anaerobic berguna untuk meningkatkan kekuatan otot badan. Beberapa contoh latihan anaerobic yang dapat Anda lakukan diantaranya seperti angkat beban dan lari cepat (sprint). Untuk memperoleh hasil latihan kebugaran jasmani yang maksimal, Anda dapat mengombinasikan latihan aerobic dan anaerobic dalam sepekan. Kedua latihan tersebut akan sangat membantu Anda dalam mengembalikan stamina tubuh.

  1. Latihan Peregangan

Latihan peregangan adalah bentuk latihan kebugaran jasmani dengan meregangkan otot–otot tubuh. Latihan ini berguna untuk membuat otot–otot tubuh menjadi lebih rileks.  Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, latihan ini ternyata dapat memperbaiki postur tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah membuat sendi menjadi lebih lentur. Latihan ini sangat baik dilakukan sebelum atau pun sesudah berolahraga.

  1. Latihan otot

Latihan kebugaran jasmani yang selanjutnya adalah latihan otot. Latihan ini berguna untuk melatih otot–otot tubuh Anda agar lebih kuat. Latihan otot dapat menjaga stamina tubuh, meningkatkan massa otot, dan mempertahankannya. Beberapa contoh latihan otot yang dapat Anda lakukan, diantaranya, yaitu push up, pull up, sit up, dan angkat beban. Untuk mendapatkan hasil kebugaran jasmani yang maksimal, Anda dapat melakukan latihan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Menjaga Kebugaran Jasmani

Setelah mendapatkan kebugaran jasmani yang baik, Anda juga perlu menjaganya agar tidak menurun. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani.

  1. Makanan makanan sehat dan bergizi

Tentu saja makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada stamina tubuh Anda. terlebih lagi untuk memperoleh kebugaran jasmani yang maksimal tidak cukup hanya dengan berolahraga saja. Makan makanan yang sehat dan bergizi sangat membantu untuk mengembalikan stamina tubuh. Sayuran, buah–buahan, kacang–kacangan adalah makanan yang sebaiknya Anda konsumsi bila ingin memperoleh kebugaran jasmani yang maksimal.

  1. Tidur yang cukup

Tips menjaga kebugaran jasmani yang selanjutnya, yaitu waktu tidur yang cukup. Mungkin waktu tidur sering disepelekan oleh banyak orang. Akan tetapi, waktu tidur seseorang juga mempengaruhi kesehatan. Untuk menjaga kebugaran jasmani Anda harus tidur yang cukup minimal 7-8 jam perhari. 

  1. Hindari stres

Stress adalah salah satu penyebab timbulnya banyak penyakit di dalam tubuh. Banyak orang menyepelekan stres dan menganggap bahwa ini bukan hal yang serius. Akan teapi, stres akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda tanpa disadari.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Jika Anda ingin memperoleh tubuh yang sehat, hindari rokok dan alkohol sekarang juga. Rokok dan alkohol akan membahayakan kesehatan Anda dimasa depan. Dalam waktu dekat Anda memang belum akan merasakan dampaknya. Namun, dimasa depan Anda akan terus dihantui efek dari rokok dan alkohol tersebut.

Beberapa tips kebugaran jasmani diatas dapat Anda terapkan dalam keseharian Anda untuk memperoleh hasil yang maksimal. Walaupun semua olahraga itu memberikan manfaat, pada akhirnya Anda perlu menyesuaikan olahraga yang Anda jalani dengan kondisi tubuh Anda. Kebugaran jasmani akan menjadi aset termahal bagi Anda dimasa yang akan datang.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. L. Ruzic, S. Heimer, M. Misigoj-Durakovic, B. R. Matkovic .Increased occupational physical activity does not improve physical fitness. Available at: https://oem.bmj.com/content/60/12/983.short  
  2. (Accessed 17 Agustus 2021)
  3. G. B. James. PHYSICAL FITNESS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT . 2005. Available at: https://peacefulplaygrounds.com/pdf/right-to-recess/fitness-academic-achievement.pdf   (Accessed 16 Agustus 2021)
Bagikan artikel ini